Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lin680Avatar border
TS
lin680
Tips Sehat Penangkal Corona
 Tips Sehat Penangkal Corona
 
Corona memang telah masuk Indonesia, tapi dr Erlina Burhan, M.Sc, SpP (K), Konsultan Paru Sub Infeki RSUP Persahabatan mengatakan masyarakat tidak perlu panik, karena virus corona hanya menular bila terjadi kontak langsung dengan orang yang sudah lebih dulu terjangkit virus corona, Gan.

Virus corona menyebar dari manusia ke manusia lewat batuk, bersin, atau kontak dekat. Namun bila seseorang memiliki antibodi yang kuat, maka virus corona tidak bisa melumpuhkan tubuh.

Ini sedikit tips untuk memiliki antibody yang kuat. Yuk, Gan, sama-sama kita lihat.

1.     Mencuci tangan

Menjaga kebersihan dapat mengurangi risiko penyebaran virus hingga 37 persen. 
Cucilah tangan dengan sabun selama 20 detik dengan rutin sebelum memegang mulut, mata, hidung serta memegang instalasi publik.

2.     Dianjurkan menutup mulut dan hidung dengan masker atau tisu ketika bersin atau batuk, dan rutin membersihkan diri setiap habis berpergian.
 
3.     Makan makanan dengan asupan nutrisi yang bergizi komplit, semua itu dibutuhkan tubuh untuk pembentukan antibodi. Sistem imun memang menjadi pelindung vital bagi tubuh untuk dapat melawan penyakit.
 

Nah, di bawah ini jenis makanan penguat sistem kekebalan tubuh, Gan.
Tips Sehat Penangkal Corona
1. Bawang Putih

Bawang putih sangat berguna, Gan. Untuk menjaga kesehatan kita dengan cara meregulasi hormon, menurunkan tekanan darah serta memperlancar aliran darah, dan banyak lainnya.

Mengandung konsentrasi sulfur tinggi, yaitu allicin, yang dapat menghancurkan bakteri dan infeksi dalam tubuh secara alami.

2. Daging

Daging kaya akan zink, elemen yang sangat penting dengan kemampuan untuk memproduksi dan memperbanyak sel darah putih. Dan seperti yang kita tahu, sel darah putih membantu kita untuk melawan penyakit.

3. Yoghurt

Yoghurt mengandung biakan aktif yaitu bakteri yang baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, utamanya usus. Sistem pencernaan yang sehat sangat penting untuk sistem kekebalan yang ampuh.

4. Oat dan Barley (sejenis gandum)

Gandum mengandung serat potensial yang disebut beta-glucan dengan antioksidan yang efeknya patut diacungi jempol dan memiliki fungsi antimikroba. Makanan yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh kita.

5. Telur

Telur adalah salah satu makanan yang baik untuk sistem imun. Telur mengandung beberapa vitamin, yang utama adalah vitamin D dan B-kompleks, yang berpotensi untuk membasmi penyakit, dan memperlancar aliran darah dalam tubuh.

6. Jamur

Jamur membantu dalam produksi sel darah putih.
Jamur juga kaya zink dan berbagai nutrisi lainnya yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

7. Ubi Jalar

Ubi jalar (ubi manis) ternyata mengandung beta-karoten tinggi dan kaya akan vitamin A.

Vitamin A adalah vitamin yang penting untuk memproduksi jaringan konektif yaitu jaringan yang menghubungkan antar jaringan dalam tubuh.

Ubi jalar mempunyai peran besar untuk kulit dalam mencegah bakteri dan kuman penyakit. Ingat, kulit Agan adalah bagian penting dalam sistem pertahanan tubuh.

8. Alpukat

Mengandung vitamin B1, C, A, dan mineral-mineral lainnya, yang menjadikannya sebagai salah satu makanan paling sehat di dunia. Buah ini membantu membersihkan usus secara natural.

Selain mengandung beta-carotene, alpukat juga mengandung glutation, sebuah antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga imunitas tubuh tetap terjaga dan juga mengurangi resiko kanker.

9. Kelapa

Minyak kelapa dan kelapa memiliki keunggulan yang berlimpah untuk kesehatan. Mereka memiliki asam lauric yang berubah menjadi monolaurin. Jika Agan belum tahu tentang monolaurin, komponen ini ada pada air susu ibu dan secara alami menguatkan sistem imun bayi.

10. Beri

Beri, khususnya blueberry dan raspberry, memiliki sifat antioksidan tinggi yang dapat menguatkan sistem imun tubuh secara alami. Blueberry mempunyai kadar gula yang rendah dibandingkan dengan buah yang lain.

11. Kubis

Kubis kaya akan glutamin.

Glutamin adalah salah satu asam amino esensial, yaitu asam amino yang tidak diproduksi dalam tubuh. Karenanya, kubis sangat penting sebagai ‘suplier’ glutamin bagi tubuh kita, yang tentu berperan dalam penguatan daya tahan tubuh.

12. Lemon

Lemon, dan buah-buahan lain yang mengandung vitamin C tinggi, adalah buah sangat baik dalam meningkatkan sistem imun kita. Dagingnya yang kaya akan vitamin C membuat tubuh kita kuat dalam melawan penyakit yang menyerang, khususnya bakteri dan virus pilek dan flu.

Tidak mengherankan jika banyak produk–biasanya minuman–yang mengandung vitamin C tinggi beredar di pasaran.

Namun buah-buahan yang alami tentu lebih baik untuk Agan.

13. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin B1, A, dan C. Sayuran ini juga kaya akan zink. Sejauh Agan ingin meningkatkan sistem kekebalan, jangan segan untuk memasukkan sayuran hijau dalam setiap hidangan makan Agan sehari-hari.

14. Jahe

Jahe sering dikonsumsi oleh orang yang terkena pilek dan flu.

Padahal, seperti halnya vitamin C, jahe sangat baik dalam mencegah pilek dan flu sebelum penyakit tersebut menyerang.

Jahe memiliki bahan antimikroba yang ampuh. Jahe juga kaya akan antioksidan dan mineral. Minuman jahe sangat nikmat dikonsumsi di musim hujan karena dapat menghangatkan tubuh, serta membantu mencegah serangan penyakit di musim hujan.

 
Demikian ane bagi tips hari ini. Selain apa yang tertulis di atas jangan lupa olahraga ringan rutin dan menjaga pikiran agar tidak strees ya, Gan.
Tips Sehat Penangkal Corona

Jangan lupa jaga kesehatan.

Lakukan dan konsumsi salah satu saja dari makanan di atas, sudah termasuk usaha untuk mencegah virus Corona semakin menyebar.
 
Salam sehat.

Tips Sehat Penangkal Corona
kumaniaks
Gimi96
NadarNadz
NadarNadz dan 11 lainnya memberi reputasi
12
1.8K
41
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan