KatakhoiAvatar border
TS
Katakhoi
Gak Perlu Mengeluh, Disyukuri Saja Dulu Sekecil Apa pun Rezekinya


Selamat malam kaskuser dan pembaca setia akun katakhoi. Selamat beristirahat dan merebahkan segala lelah. Semoga ribuan tetes keringat yang membasahi wajah, suatu saat terbayar dengan harapan-harapan yang secepatnya terwujudkan.

Pepatah lama mengatakan, "Setiap manusia yang terlahir ke dunia, itu sudah membawa takdir, jodoh, dan rezekinya masing-masing". Ya, memang benar. Setiap orang pasti memiliki rezekinya masing-masing, entah itu banyak ataupun sedikit. Tergantung sebesar dan serajin apa seseorang berusaha dan bekerja. Semakin besar usahanya maka akan semakin banyak juga rezekinya dan begitu pun sebaliknya.

Namun, jika berbicara perihal syukur. Tidak sedikit manusia yang kufur akan nikmat Tuhan. Padahal salah satu kunci kebahagiaan adalah dengan cara mensyukuri sekecil apa pun nikmat yang diberikan Tuhan. Ada begitu banyak orang-orang yang untuk makan saja harus berjuang habis-habisan, tetapi kita? Kita hanya perlu bersyukur dan jika ada, sisihkanlah untuk mereka yang membutuhkan.

Gak perlu mengeluh, percaya deh saat syukur selalu terucap dari mulut dan hati kita, saat itu juga kita akan merasa cukup. Cukup bukan berarti tidak berusaha lebih kuat lagi, tetapi cukup itu agar kita tahu betapa besarnya nikmat yang telah Tuhan berikan. Baik dalam bentuk kesehatan jasmani dan rohani, dalam bentuk keluarga yang harmonis, dan lain sebagainya.



Untuk itu, agar kita bisa lebih bersyukur akan nikmat Tuhan, yuk, simak penjelasan di bawah ini tentang betapa pentingnya mensyukuri sekecil apa pun nikmat Tuhan.

1. Meskipun sekarang rezekinya sedikit itu tidak menutup kemungkinan suatu saat rezekinya akan bertambah banyak



Seperti pepatah, "Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit" itu memang benar sekali keberadaannya. Semakin kita berusaha maka akan semakin bertambah juga. Orang-orang kaya raya di luar sana tidak serta-merta langsung punya harta berlimpah, melainkan mereka bekerja dan berusaha terlebih dulu. Bagaimana dengan orang yang kaya karena keturunan? Yang menjadi pertanyaan, "Bukannya orang tua atau bahkan leluhurnya dulu bekerja dulu biar bisa jadi orang kaya raya?" Nah, jadi gak ada istilah orang kaya tanpa berusaha dan bekerja. Syukuri aja dulu sekecil apa pun rezekinya, suatu saat semoga saja bertambah banyak.

2. Jangan lupa, rezeki yang paling berharga adalah kesehatan



Ya, benar sekali. Tanpa kesehatan kita tidak akan bisa bekerja. Jangankan untuk memikirkan kerja, untuk sehat aja susah. Maka dari itu, untuk kamu yang kini sedang mengeluh karena belum mendapat pekerjaan atau karena pendapatanmu sedikit, gapapa, syukuri saja dulu. Masih ada banyak waktu untuk mengusahakan semua itu. Yang terpenting sekarang adalah kesehatan. Syukuri nikmat Tuhan berupa kesehatan itu. Orang-orang di luar sana harus membayar puluhan juta hanya untuk kesehatannya, sedangkan kamu hanya perlu mensyukurinya.

Quote:


3. Mengeluh pun tidak ada gunanya, hanya menghabiskan waktu saja



Berkeluh kesah atas sedikitnya rezeki yang didapat ya mungkin boleh boleh saja, tapi jangan sampai kamu habiskan waktu hanya untuk mengeluh. Itu keliru. Pernah berpikir gak sih bahwa dengan mengeluh itu tidak akan merubah apa pun? Dengan mengeluh kamu hanya membiarkan waktu berlalu begitu saja, dan bisa jadi kesempatan terbaikmu pun berlalu begitu saja karena kamu kebanyakan mengeluh. Percaya deh, mengeluh itu tidak ada gunanya.

4. Jangan berpikir Tuhan tidak adil! Orang-orang di luar sana untuk melihat pun harus membayar puluhan juta, sedangkan kamu tidak membayar sepeser pun



Jika membandingkan dengan orang-orang di luar sana, mungkin kita adalah salah satu makhluk Tuhan yang beruntung. Apalagi jika terlahir dengan raga yang sempurna dan pola pikir yang sempurna. Mungkin beberapa manusia harus diperlihatkan dulu betapa orang lain harus berjuang habis-habisan hanya untuk bisa melihat dunia, hanya untuk bisa berjalan, sedangkan kita hanya perlu bersyukur atas semua itu. Kita tidak disuruh membayar sepeser pun atas penglihatan, pendengaran, dan segala hal lainnya. Tanpa sadar, inilah nikmat dan rezeki yang begitu besar yang telah Tuhan berikan kepada kita.

5. Harta yang paling berharga adalah keluarga dan orang-orang yang kita cintai



Sudah bisa berkumpul dengan seluruh anggota keluarga dan masih bisa bertemu dengan orang-orang yang kita cintai, itu salah satu nikmat dan rezeki dari Tuhan yang telah diberikan kepada kita. Perihal harta itu masih bisa diusahakan dan dicari, tetapi perihal kehilangan anggota keluarga dan orang yang kita cintai itu tidak bisa lagi diusahakan. Maka dari itu, lihatlah keluarga dan orang-orang yang kamu cintai. Mereka merindukan senyumanmu, mereka tidak ingin kamu mengeluh, mereka ingin kamu bahagia. Jadi, syukuri saja dulu sekecil apa pun rezekinya, nanti juga pasti akan bertambah.

Nah, itulah penjelasan dari betapa pentingnya mensyukuri sekecil apa pun nikmat Tuhan. Meskipun hari ini rezekimu masih sedikit, gapapa. Masih ada banyak waktu untuk mengusahakannya. Semoga kita adalah orang-orang yang selalu bersyukur terhadap sekecil apa pun rezeki dan nikmat yang telah Tuhan berikan untuk kita.

Narasi: murni opini sendiri
Sumber gambar:
Di sini
Di sini
Di sini
Di sini
Di sini
kumaniaks
Gimi96
NadarNadz
NadarNadz dan 20 lainnya memberi reputasi
21
3.8K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan