VitaArkanaAvatar border
TS
VitaArkana
Diam di Rumah 2 Pekan Jangan Cuma Rebahan. Yuk, Simak Disini !
Hikmah Libur 2 Minggu


Assalamualaikum Agan dan Sista, jumpa lagi dengan VitaArkana. Bagaimana kabar Gansist semuanya? Ane doakan sehat selalu, bahagia, sejahtera dan banyak rejeki. Aamiin.


Gansist, akhir-akhir ini banyak berita berseliweran di media tentang virus Corona yang mewabah. Bahkan dibeberapa negara sudah mulai menerapkan lockdown bagi warga negaranya. Nah, kalau di Indonesia sendiri sih, sudah beberapa kota yang merubah status menjadi siaga Corona atau darurat Corona. Bahkan ada juga yang menerapkan Kejadian Luar Biasa ( KLB ). Apapun itu, ane yakin diterapkan semata-mata demi kepentingan rakyat bersama.


Nah, ane tidak akan bercerita tentang virus Corona pada thread ini, karena ane yakin sudah banyak yang menginformasikan tentang virus jenis ini. Pada media elektronik pun, hampir setiap saat menayangkan berita tentang perkembangan virus ini.


Banyak fenomena yang bermunculan dengan adanya virus Corona ini. Mulai dari stock masker dan hand sanitizer yang habis dipasaran, aksi borong sembako, dan yang lagi panas-panasnya adalah sekolah yang diliburkan selama 2 pekan untuk mencegah penularan wabah virus Corona ini. Bukan hanya sekolah ternyata, ada beberapa perusahaan yang memberlakukan kerja dari rumah secara online bagi karyawannya. Kecuali yang memang wajib datang ke tempat kerja seperti paramedis dan anggota keamanan atau polisi misalnya.



Sumber : Solopos.com


Jika libur selama 2 pekan, apa yang akan Gansist lakukan di rumah nih? Untuk mengatasi kebosanan ada baiknya Gansist menjadwalkan aktivitas di rumah. Pemberlakuan sistem kerja online atau belajar online juga ada baiknya diatur sebaik mungkin agar seimbang dengan aktivitas rutin rumahan.


Lalu bagaimana dengan para Ibu yang biasanya sehari-hari padat dengan rutinitas mengurus suami atau anak sekolah? Akankan menjadi lebih santai atau malah jadi double job karena aktivitas semakin banyaknya? Tidak mungkin juga jika anggota keluarga terutama anak-anak hanya bermain-main saja di rumah, yang ada malah cepat bosan.


Sumber : ilmuakademika.com



Berikut ini adalah list apa saja yang harus dipersiapkan oleh kaum ibu menghadapi situasi ini.

1. Biasakan anggota keluarga untuk beraktivitas seperti saat kondisi tidak siaga Corona, seperti bangun pagi, mandi pagi dan sarapan.

2. Atur jadwal belajar/bekerja anggota keluarga. Libur bukan berarti santuy dan mager, belajar dan bekerja online harus tetap jalan.

3. Siapkan stok cemilan sehat di rumah untuk beberapa hari ke depan. Anak-anak pasti pengin jajan diluar, jika stok cemilan full pasti lebih betah di rumah.

4. Ajak anggota keluarga untuk ke dapur, membantu aktivitas rutin di dapur. Anak-anak bisa membuat menu masakan sendiri, belajar meracik bahan dan memasaknya sendiri pasti akan lebih seru.

5. Ikut sertakan anggota keluarga dalam beraktivitas fisik di dalam rumah, seperti menyapu, mengepel, mengelap perabotan rumah. Anggap saja sekalian berolahraga, karena beraktivitas fisik di dalam rumah selama 30 menit pun cukup mengeluarkan keringat.

6. Sediakan buah-buahan segar di rumah, tak perlu yang mahal. Buah lokal dan musiman biasanya banyak di toko buah. Tak perlu gengsi membeli buah-buahan lokal, toh manfaatnya sama bagi tubuh.

7. Selalu usahakan memasak sendiri di rumah, jadi hemat dan sehat.

8. Kesempatan mengajak anggota keluarga untuk lebih banyak makan sayuran dan minum air putih.

9. Jika Gansist mempunyai halaman, lakukan aktivitas menanam tanaman yang bermanfaat untuk kesehatan meski dalam pot.

10. Keluar rumah saat pagi untuk berolahraga di depan rumah. Sekadar senam dan peregangan otot pun dapat dilakukan agar tubuh selalu fit dan otot tidak kaku.

11. Yang maha penting adalah sabar dan tenang menghadapi tingkah anggota keluarga yang pastinya akan menguras emosi dan tenaga.

12. Dan yang paling utama adalah tarik nafas dalam-dalam dan ucapkan syukur pada yang maha esa atas nikmat yang telah diberikan.


Sumber : travel.detik.com


Bagaimana Gansist, berniat mencoba hal di atas? Kalau ane sih yes, gatau mas Anang.


Demikian thread dari ane, semoga bermanfaat dan menginspirasi. Sampai jumpa di thread ane selanjutnya.

Terimakasih.


emoticon-Big Kissemoticon-Cendol Gan


Penulis : VitaArkana
Sumber : opini pribadi
Diubah oleh VitaArkana 15-03-2020 22:52
abellacitra
sebelahblog
infinitesoul
infinitesoul dan 12 lainnya memberi reputasi
13
3.2K
131
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan