embunsuciAvatar border
TS
embunsuci
[COC Regional : Makanan Tradisional] Lezatnya Mie Gomak, Spageti Ala Batak




Kota Medan dikenal dengan kuliner yang selalu mampu menggetarkan lidah. Beragam makanan tradisional sangat banyak yang bisa kalian temukan di sini. Pastinya selalu memberikan kebahagiaan ketika menyantapnya, beberapa makanan memiliki ciri khas dengan bahan atau bumbu tertentu. Salah satunya Spageti Batak alias Mie Gomak. Makanan yang berbahan mie ini memiliki ragam olahan yang bikin lidah bergoyang.


Assalamualaikum wr wb

Selamat datang di thread ane yang sangat sederhana ini. Apa kabar semua Sahabat Kaskus, semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Kali ini ane akan mengenalkan salah satu makanan tradisional dari Medan Sumatera Utara. Makanan yang cukup rekomend dan telah menyebar ke seluruh penjuru daerah. Siapapun pasti pernah membuat dan memakan makanan satu ini, di samping rasanya yang lezat. Cara pembuatan dan mengolahnya juga sangat mudah. Yakni, mie Gomak, pastinya sudah tidak asing, ya dengan makanan satu ini.


emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)



Mie Gomak







Mau mencicipi Spageti? Ini dia Mie Gomak, Spageti ala Batak yang merupakan makanan khas Sumatera Utara. Makanan khas Suku Batak tepatnya, karena berasal dari Balinya orang Medan, yakni Balige suku Batak Toba. Makanan ini sering dipertanyakan halal tidaknya, tenang saja, makanan ini jelas halal, ya. Cara mengolahnya yang menjadikan tidak halal. Misalnya dengan campuran daging babi, karena makanan ini akan sangat enak dicampur dengan daging. Bagi kalian yang mengharamkan daging babi, bisa menggantinya dengan daging ayam, daging sapi, dan juga udang basah.



Mie Gomak dikenal sebagai Spagetinya orang Batak. Rasanya nikmat, lezat tiap kunyahan. Mie Gomak bisa disantap dengan nasi atau tanpa nasi. Lebih baik sih tanpa nasi, ya. Karena mie ini sudah sangat mengenyangkan. Pagi hari mie gomak ini sudah banyak dijual di pinggiran kota Medan, sebagai makanan sarapan. Selain enak, harganya juga tidak terlalu mahal. Harga mie gomak biasanya sekitar lima ribu sampai lima belas ribu. Tergantung dengan campuran mienya. Ada yang hanya dicampur dengan sawi, udang basah, suiran ayam, daging atau baso.







Mie gomak memiliki ragam olahan yang menggiurkan. Beberapa cara memasaknya bisa dengan digoreng kering, dicampur tauco terong hijau, dengan siraman kuah santan yang sudah dimasak dengan bumbu, siraman bumbu kacang atau nyemek-nyemek kata orang Jawa.



Bahan mentah dari mie gomak ini adalah mie lidi, jika dimasak kuah santan, ada bumbu khas yang tak boleh ketinggalan. Yakni, andaliman atau dikenal dengan mericanya orang Batak.



Mie Gomak Goreng






Makanan ini sekilas mirip dengan mie aceh. Mie lidi ukurannya lumayan besar setelah direndam dan dimasak, berbeda dengan mie aceh yang memiliki ukuran sedikit kecil. Biasanya saat tidak selera makan, ane sangat suka memasak mie gomak goreng. Ane terbiasa memasak dengan dua macam olahan. Mie goreng kering dan nyemek-nyemek. Keluarga ane termasuk keluarga besar, kalau sudah buat makanan pasti lumayan banyak porsinya, apalagi memasak makanan satu ini. Tak jarang kalau memasak ini biasanya tetangga sekitar akan kebagian ikut makan. Selain hasilnya setelah masak sangat banyak, karena mie menjadi mengembang. Mie ini juga cukup mengenyangkan.



Mie Gomak Kuah Santan







Mie gomak satu ini rasanya sangat nikmat, perpaduan rasa asam dan pedasnya andaliman. Menjadikan makanan ini terasa lebih gurih. Ane jarang memasak olahan seperti ini, selain cara memasak dua kali, yakni mie dan kuah santan. Bumbu seperti andaliman juga hanya ada di pasar, jarang tersedia di warung kecil dekat rumah. Kalau sangat ingin, biasanya ane membelinya saja. Lebih praktis dan banyak dijual di pinggiran jalan setiap pagi hari sebagai menu sarapan.



Mie Gomak Bumbu Kacang






Olahan makanan satu ini lumayan bikin nagih, mie gomak goreng disiram dengan bumbu kacang. Apalagi kalau bumbu kacangnya lumayan banyak kencurnya, semakin terasa sempurna. Setiap sore ane sering beli ini, dan entah kenapa, tidak pernah bosan dan selalu membelinya.



Mie Gomak Kuah Tauco


Tauco punya orang Medan pasti sudah kenal dong, ya. Ya! Tauco Medan sangat terkenal, dengan campuran terong hijau yang berukuran bulat kecil dan udang basah. Jangan tanya gimana rasanya kalau bercampur dengan mie gomak.
Marsotol do mada na mangani, gurgur hodokkikata orang Batak. Artinya terasa sedap makan sampai keringat bercucuran.emoticon-Ngakak


Bagaimana Sahabat Kaskus, pernah makan mie gomak, belum? Kira-kira perut kalian sudah meronta karena selera belum, ya. Kalau ke Medan, jangan lupa ya mencicipi Spageti ala Batak ini. Mudah kok mendapatkan makanan satu ini, setiap pagi selalu ada yang menjual sebagai menu sarapan. Begitu pula sore hari. Olah sendiri juga sangat mudah, tinggal search saja di Gugel cara pembuatan. Semoga bermanfaat dan bahagia. emoticon-Jempol



Belajar Bersama Bisa dan Terima Kasih

emoticon-Cipokemoticon-Cipok




Sumber : Opri
Referensi : Mie Gomak
Gambar : Fb
Diubah oleh embunsuci 06-03-2020 00:42
novalr16
Jancuk056
tien212700
tien212700 dan 55 lainnya memberi reputasi
56
11.7K
332
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan