4rnold5entosaAvatar border
TS
4rnold5entosa
Apakah Gonore Menular?

Jawaban untuk pertanyaan apakah penyakit gonore menular adalah ‘ya’, karena gonore adalah salah satu jenis penyakit menular seksual. Umumnya gonore menular melalui kontak seksual dengan orang yang telah terinfeksi gonore. Meski demikian, tidak berarti penyakit gonore hanya menular melalui hubungan seksual karena bayi yang tidak aktif secara seksual pun bisa terinfeksi gonore. Oleh karena itu, kewaspadaan terhadap gonore sangat penting dilakukan oleh tiap orang. Kewaspadaan terhadap gonore sangat penting untuk menjaga keluarga agar bebas dari penyakit gonore dan juga penyakit menular seksual yang lain.

Tentang gonore

Gonore adalah penyakit menular seksual (PMS) umum yang menyerang pria dan wanita. Penyakit ini dapat ditularkan dalam kontak seksual apa pun, baik penetrasi vagina atau anal, seks oral dan dapat memiliki manifestasi pada organ lain seperti kulit, mata dan persendian. Pelaku yang menyebabkan gonore adalah bakteri Neisseria gonorrhoeae. Pada tahun 2017, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bagaimana bakteri Neisseria gonorrhoeae menjadi semakin kebal terhadap antibiotik. Salah satu faktor yang meningkatkan resistensi bakteri tersebut terhadap antibiotik dan obat-obatan lain adalah pengobatan secara sembarangan.

Wanita hamil dengan gonore dapat menginfeksi bayinya saat melahirkan. Selain itu, gonore dapat meningkatkan risiko prematuritas. Bayi yang terinfeksi biasanya mengalami konjungtivitis. Gejalanya seringkali mirip dengan konjungtivitis: mata merah dan kelopak mata bengkak, yang terjadi dua hingga empat hari setelah kelahiran.

Bakteri berkembang biak di area tubuh yang panas dan lembab, termasuk saluran yang mengeluarkan urin dari tubuh, uretra. Ini juga dapat ditemukan dalam sistem reproduksi wanita, yang meliputi saluran tuba, rahim dan leher rahim.

Faktor risiko gonore

Beberapa faktor risiko dapat memfasilitasi kontaminasi dengan bakteri yang menyebabkan gonore di antaranya adalah: usia muda; memiliki banyak pasangan seks; memiliki pasangan dengan riwayat infeksi menular seksual apa pun; jangan menggunakan kondom saat berhubungan seks; penyalahgunaan alkohol atau zat ilegal, yang merupakan faktor risiko untuk hubungan seks tanpa kondom. Faktor-faktor ini memudahkan gonore menular.

Gejala Gonore

Dalam kebanyakan kasus, gonore tidak diketahui. Ketika ada gejala, mereka dapat dikacaukan dengan infeksi lainnya. Pada pria, gejala bisa terjadi pada penis, dengan tanda-tanda gonore yang paling umum adalah: nyeri dan kencing terbakar; sekresi nanah yang melimpah melalui uretra; nyeri atau bengkak di salah satu testis.

Sementara pada wanita, gejala gonore menular biasanya di vagina yaitu: peningkatan keputihan, berubah warna kekuningan dan bau tidak sedap; nyeri dan kencing terbakar; pendarahan keluar dari periode menstruasi; nyeri perut; dan nyeri panggul.

Selain gejala-gejala tersebut, gonore jug ditandai dengan munculnya beberapa gejala di bagian lain seperti:

Anus: Gejala umum gonore di daerah anus adalah gatal, nanah, dan perdarahan;

Mata: sakit, sensitivitas cahaya dan sekresi nanah di satu atau kedua mata

Tenggorokan: nyeri dan kesulitan menelan, adanya plak kekuningan di tenggorokan

Sendi: Jika bakteri mempengaruhi persendian dalam tubuh, itu bisa menjadi panas, merah, bengkak dan sangat menyakitkan.

Sementara itu, tanda gonore menular pda bayi bisa diketahui melalui gejala seperti mata merah, pembengkakan pada kelopak mata dan pada kasus yang lebih parah, bayi bersangkutan mungkin mengalami infeksi aliran darah dan meningitis.

Dengan demikian, pencegahan dan kewaspadaan terhadap penyakit gonore menjadi tugas bersama baik dalam lingkup keluarga maupun masyarakat. Cara pencegahan yang efektif adalah setiap pada satu pasangan seksual dan jika menemukan ada gejal tertentu pada bagian kelamin, segera kunjungi dokter Anda di rumah sakit atau klinik-klinik penyakit kelamin yang tentu saja siap memberikan perawatan terbaik demi kesembuhan Anda.

0
713
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan