Richy211Avatar border
TS
Richy211
3 Dampak Buruk Film Horor Buat Anak, Alasan No 3 Masuk di Akal untuk Kasus NF!


Sumber: sini

Hay Gansist apa kabarnya hari ini?


Rasanya ane cukup geregetan ingin membuat thread tentang film horor yang ada kaitannya dengan kasus NF seorang remaja usia 15 tahun yang tega membunuh bayi tak berdosa di Sawah Besar. Sepertinya kasus pembunuhan ini pun juga menjadi kasus yang menjadi sorotan warganet dan tentunya bikin tercengang sama halnya dengan kasus pelecehan seksual oleh Reynhard Sinaga.

Soalnya jujur saja nih, TS adalah salah satu penikmat film horor gitu. Dulu ane pertama kali tertarik nonton film horor lebih tepatnya sinetron horor Indonesia yang berjudul Di Sini Ada Setan. Menurut TS sinetron ini adalah sinetron horor terbaik dan aura horornya ngena banget buat TS. Kemudian diikuti juga ane seneng nonton acara yang berbau misteri di tengah malam yang judulnya KISMIS (kumpulan kisah-kisah misteri). Apakah Gansist ada yang pernah menontonya? Berarti kita satu angkatan bro šŸ˜.

Namun, ane justru kurang suka nonton film thriller yang ada unsur pembunuhannya gitu sih, karena bagi ane pembunuhan itu lebih sadis dan menyeramkan ketimbang hantu yang muncul tiba-tiba. Terus, nyali ane juga cukup ciut untuk sekadar nonton adegan berdarah-darah yang bisa membuat ane bakalan kehilangan nafsu makan.

Nah Gansist, di balik keseruan film horor yang bisa memacu adrenalin ini, ternyata punya dampak negatif khususnya bagi mental anak-anak. Jadi, sebaiknya jangan nonton film horor saat sedang bersama dengan anak kecil. Berikut ini adalah 3 dampak negatif film horor bagi anak di bawah umur.



1. Film Horor akan Menjadi Pengalaman Buruk yang Terus Diingat oleh Anak



Sumber: sini

Mungkin bagi kita orang dewasa menonton film horor bisa juga menjadi alternatif untuk mengusir rasa kantuk dan bosan karena memacu adrenalin itu. Namun, hal ini justru berbeda pada anak kecil karena efek suara kencang dalam film horor yang suka bikin kaget, sosok seram atau penampakan hantu yang membuat takut dan justru bisa membuat mereka menangis ketakutan. Kemudian, secara psikologis manusia itu punya memori atau daya ingat yang susah untuk melupakan pengalaman apapun, termasuk hal-hal yang tidak menyenangkan yang pernah dialami. So, apalagi anak kecil yang punya daya memori kuat dan tajam auto nggak bisa lupa tuh kan kasihan Gansist jadinya.


2. Bisa Menimbulkan Masalah Gangguan Tidur



Sumber: sini

Kalau mengalami gangguan tidur saat menonton film horor ini orang dewasa pun juga pasti mengalaminya seperti yang TS rasakan. Terutama misal sesaat sebelum pergi tidur ane nonton film horor pasti tuh masih terbayang-bayang saja di ingatan. Terlebih lagi kalau sosok penampakan hantunya benar-benar menyeramkan duh malahan jadi nggak bisa tidur dah. Apalagi kalau hal ini terjadi pada pada anak kecil yang punya imajinasi lebih tinggi bisa saja mereka akan mengalami gangguan tidur yang lebih parah dan bahkan konon bisa bertahan lama sampai mingguan. Duh, lebih baik dedek tuh dibacain dongeng saja sebelum tidur biar bobonya nyenyak šŸ˜.



3. Film Horor Bisa Memberikan Contoh yang Tidak Baik/Buruk pada Anak



Sumber: sini

Nah, untuk dampak yang terakhir ini sepertinya cukup masuk di akal apabila dikaitkan dengan kasus NF. Pasalnya NF juga usianya masih 15 tahun dan belum bisa dikatakan dewasa. Anak-anak memang belum bisa membedakan antara fiksi atau realita dalam film horor dan belum mampu membedakan mana yang baik atau buruk.

Padahal film horor itu kan lebih banyak adalah hasil karangan manusia yang dijadikan film. Yang ditakutkan adalah anak-anak justru akan merekam setiap adegan di film horor dan selanjutnya mempraktekannya di dunia nyata. Kemudian dalam adegan film horor terutama yang thriller horor biasanya mengandung unsur adegan kekerasan yang bisa membuat anak berperilaku agresif dan dampak negatifnya ini mungkin sama seperti yang terjadi pada kasus NF yang lagi ramai ini. Duh, jangan sampai deh kejadian ini terulang lagi dan peran orang tua benar-benar harus ekstra hati-hati dalam mengawasi buah hatinya, terutama pas lagi main gagdet tuh.


Demikian thread dari TS semoga bermanfaat dan jangan lupa mampir ya!


Sumber: opini pribadi plus sini
Diubah oleh Richy211 31-10-2020 11:34
makola
GutSchreiben
tien212700
tien212700 dan 20 lainnya memberi reputasi
19
7.4K
117
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan