riwidyAvatar border
TS
riwidy
S Mara GD, Penulis Idolaku yang Konsisten Menulis Novel Misteri Thriller Detektif!


Penulis Ngetop Era 80-an, Yang Produktif dan Konsisten Menghasilkan Novel Misteri Thriller Detektif Apik!





Assalamualaikum....
Apakah GanSist mengenal wanita cantik keturunan Tionghoa ini? Barangkali yang usianya 30 tahun ke bawah tidak begitu mengenalnya ya. Coba tanyakan ke kakak, atau orangtua, insyaallah mereka minimal pasti tahu namanya.

Tapi alhamdulillah ane, yang jujur, ups, termasuk generasi kelahiran tahun 70-an, saat itu sudah bisa menikmati karyanya yang masih beken sekitar tahun 90-an. Ane masih ingat dengan jelas di perpustakaan SMA ane, yaitu SMANTI, alias SMA Maospati Magetan kala itu juga menyediakan beberapa novel hit S Mara GD, tentunya gratis dong. Asyik. Meskipun berbatas hari dan antri, ane sabar saja meminjam.

Dan lucunya, ane membaca bergantian dengan sepupu ane, Dessy namanya, dia juga sekolah di tempat yang sama, dan tinggal di rumah ane. Waktu itu kita sampai tidak mau tidur siang karena kepo parah membaca novel S Mara Gd, dan dalam beberapa jam baca, biasanya langsung habis, tak tersisa. Lalu kita diskusi sedikit soal ceritanya hehehe. Emejing ya, beda banget sama anak jaman now
.
Back to pembahasan profil inspiratif woman ini, S Mara Gd adalah salah seorang penulis dengan genre tulisan dalam novelnya yang tidak banyak dipilih oleh orang Indonesia. Thriller dengan bumbu misteri dan detektif. Wow. Dan hebatnya dia tetap konsisten.

Perlu GanSist tahu , Ts adalah seorang yang hobi membaca dan kemudian suka menulis. Dan S Mara Gd ini amat sangat berbakat dalam menulis plot-plot keren dalam cerita thrillernya! ane sangat terpesona.

Spoiler for Foto Masa Kecil S Mara GD:


Sebelum lebih jauh membahas beliau ada baiknya kita simak facts of her, data diri dan karya seorang S Mara Gd dengan senyumnya yang mempesona ini.

Spoiler for Ciri Khas Novel S Mara GD dan Daftar Judulnya:




Apa sebabnya beliau sangat menginspirasiku? Simak alasannya berikut ini ya:
1. Pilihan genre thriller mistery detektif dalam novelnya yang jarang ditekuni penulis Indonesia.
2. Kekonsistenan dan produktifitasnya dalam berkarya yang harus kita contoh.
3. Keunggulannya dalam menciptakan tokoh yang inspiratif dalam novelnya. Tokoh utama polisi Kosasih dan sahabatnya, mantan penjahat yang tobat, si Gozali, sangat disukai penggemar.
4. Cerita dalam novelnya yang berlatar keadaan hidup masyarakat Indonesia terasa sangat membumi.
5. Yang benar selalu menang. Filosofi yang dia tanamkan dalam ceritanya sangat mengena dan pas takaran.
6. Sikapnya yang ramah kepada teman dan sahabat dengan senyuman indah patut diteladani sebagai sikap pesohor yang baik.



Bukti kalau aku sangat terinspirasi beliau, bisa GanSist lihat screen capture berikut ini ya, cekidot!



Nah terbukti lah yaa, dari dahulu kala ane sudah sukaaa sekali dengan tulisan beliau. Sampai-sampai ane yang hobi baca jadi hobi menulis juga, dan salah satu panutan ane adalah S Mara Gd. Betapa konsistennya, sangat membumi kisah-kisahnya, lekat dengan keseharian kehidupan orang Indonesia, dan juga selalu mengedepankan kejujuran, sikap baik, tulus dan sebagainya sebagai pemenang.

Tapi jujur saja, sampai sekarang, ane belum juga sempat memulai menulis kisah misteri thriller seperti novelis yang juga sempat beberapa tahun menerjemahkan buku Agatha Christie ini.

But someday, insyaalloh deh!

Spoiler for Foto Kenangan S Mara GD Bersama Almarhum Suaminya:


Demikianlah Agan, Sista, thread ane kali ini tentang seorang S Mara Gd yang inspiratif karena keunikan karyanya, kekonsistenannya dalam menetapkan genre tulisannya, dan patut kita teladani adalah sikap ramah dan open mindednya terhadap teman juga penggemar.


Sampai jumpa lagi di thread berikutnya. Semoga selalu sehat dan bahagia.







Ngawi, 09032020





Sumber narasi : pribadi
Riset : facebook S Mara GD
Sumber gambar : FB S Mara GD
Diubah oleh riwidy 09-03-2020 18:16
nona212
lina.wh
081364246972
081364246972 dan 30 lainnya memberi reputasi
31
4.5K
91
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan