iskrimAvatar border
TS
iskrim
Melestarikan Alam Lewat Nada, Ully Sigar Inspirasi Kita
Perkembangan dan pertumbuhan zaman yang kian modern saat ini seringkali menyisakan kepahitan dan seolah ke tidakpedulian kita dengan alam. Ya, alam tempat kita sehari-hari untuk tinggal dan hidup ini seolah hanya sebagai karpet permadani saja, di injak hingga terkoyak seolah tak berharga. Miris.



Masih banyak manusia yang tidak sadar akan pentingnya sebuah keseimbangan alam, dimana manusia dan alam ini sebenarnya tinggal berdampingan dan bergantung satu sama lain. Sadarkah kita?


Padahal teguran demi teguran kecil dari alam seperti banjir, longsor, dan cuaca yang kini sulit di prediksi hingga membuat para petani menjadi frustasi lalu merubah lahan persawahannya disulap menjadi dinding tembok berlabelkan: minimarket. Teguran ini berarti sang alam sedang tidak sehat, luka luar dan dalam, butuh di rawat!


detik

Dari sekian juta umat manusia tidak disangka ada seorang wanita yang begitu peduli dengan alam ini, mencintainya dan merawatnya... lewat lagu yang kental akan pesan dan makna yang mendalam, beliau selalu konsisten dan jauh dari lobi-lobi penebar janji palsu.

Tidak banyak perempuan yang terbiasa hidup, naik turun gunung, dan tinggal berlama-lama di hutan karena saking cintanya dia dengan alam. Mencintai alam baginya adalah alwaysnomor satu. Totalitas tapi tetap mengikuti perkembangan zaman.

Dialah Ully Sigar Rusady, salah satu peraih penghargaan Kalpataru, pendiri Pandu Lingkungan Hidup (PLH) dan sejenisnya, kita kenal sebagai Ully Sigar, kakak dari penyanyi pop ngetop era-90an, Pamitha Rusady. Tapi disini saya tidak akan menjelaskan biografi siapa Ully Sigar, tapi kita akan ikut secara sadar dan suka rela untuk belajar mencintai alam, merawatnya; lewat lagu.


lampung

Kita, sebagai generasi modern yang tanpa sadar kehidupan ini terus berpacu dengan waktu, aktifitas hidup lebih banyak merugikan alam dan meracuni alam ini. Sayangnya kita jadi tak peduli untuk merawatnya. Yang ada sehari-hari kita hanya kelelahan mengejar dunia, menebar racun serta limbah, dan begitu seterusnya sampai ajal menjemput dan dunia kian menua.

Sadarkah kita, kalau tanah tempat kita berpijak ini semakin sulit menyerap air, tingkat polusi semakin meninggi, penggundulan dan pembakaran hutan semena-mena, permukaan tanah semakin rendah, banjir dimana-mana, penyakit mudah datang dan lain-lain?


nusantara

Anehnya kita hanya bisa saling menyalahkan satu sama lain, berkesan mau enaknya sendiri. Padahal seharusnya kita saling mengoreksi diri, berusaha memperbaiki diri agar kejadian serupa tidak terulang. Dimulai dengan saling bergotong-royong menjaga eksosistem alam dilingkungan tempat tinggal kita sudah seharusnya di lakukan mulai dari sekarang juga dengan penuh kesadaran dan bertanggung jawab.


bbc

Benar seperti ucapan beliau dalam sebuah wawancara saat di Jepang : “Yang tersulit adalah mengubah perilaku manusia terhadap lingkungan yang telah memberi kehidupan pada kita semua,”. Semoga dari ucapan ini semakin sadar dan terbukalah fikiran kita, bahwa kita dan alam saling membutuhkan dan saling ketergantungan. Harga mati.


Solopos

Ully Sigar, bagi saya adalah penerus lidah dari sang Khaliq lewat tembang-tembang indahnya yang syarat akan pesan dan makna; agar kita selalu menjaga alam sekitar, dan beliau adalah seorang pejuang lingkungan hidup tanpa pamrih.

Melalui lagu diharapkan kita bisa menerima kenyataan bahwa kita memang hidup tergantung dengan Tuhan dan alam ini. Resapi dan pelajarilah lirik lagu yang beliau sampaikan agar kita bisa mendapat petunjuk untuk tergerak lebih serius, konsisten, dan tertanam dalam otak bawah sadar untuk selalu mencintai alam yang di mulai dari lingkungan tempat tinggal kita.

Hijaukan kembali lingkungan alam sekitar kita, Gan. Rawat dan wajiblah kita jaga, supaya anak cucu kita kelak bisa menikmati dan meneruskan warisan alam karya Tuhan Yang Maha Esa ini. Semoga thread ini bermanfaat, sekian dan terima receh. Salam iskriiim.




Sebuah opini, ref: https://astacala.org/2006/08/ully-si...is-lingkungan/

Link event: Satu Sosok, Penuh Inspiratif. Dialah Sosok Perempuan Inspirasiku
https://kask.us/iE5US
#ForumKaskus via @KASKUS
Diubah oleh iskrim 11-03-2020 22:13
sebelahblog
4iinch
infinitesoul
infinitesoul dan 4 lainnya memberi reputasi
5
947
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan