godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
6 Cara Sederhana Atasi Anyang-Anyangan


Pernahkah Gansis merasa sangat ingin buang air kecil, tetapi saat di kamar mandi, ternyata urin yang keluar hanya sedikit? Atau pernahkah Gansis berkali-kali menahan buang air kecil hingga pinggang rasanya sakit? Hmm… tidak salah lagi, Gansis tentu sedang mengalami kondisi yang disebut anyang-anyangan. Biasanya, kondisi ini dihubungkan dengan kebiasaan sering menahan kencing serta dehidrasi pada tubuh. Benarkah seperti itu?

Sekilas tentang anyang-anyangan

Sejatinya, anyang-anyangan merupakan suatu gejala infeksi saluran kemih yang mnyebabkan Gansis terus-terusan merasa perlu buang air kecil. Banyak yang mengaitkan kondisi ini dengan kurangnya cairan dan mineral dalam tubuh; yang sering disebut dengan istilah dehidrasi. Hal ini dapat dibenarkan, dan karenanya, harus dipastikan bahwa tubuh Gansis memiliki asupan air yang cukup setiap hari.

Perlukah kondisi ini diwaspadai dan dikhawatirkan? Tentu perlu. Sebab, gejala yang kemudian muncul sangatlah tidak enak untuk dirasakan. Jika terkena anyang-anyangan, Gansis akan merasakan sensasi terbakar atau panas pada saluran kemih, yang kemudian membuat Gansis merasa mulas dan pusing. Selain itu, jika diiringi dengan nyeri pinggang, anyang-anyangan bisa pula menjadi indikasi adanya penyakit kencing batu. Hati-hati! Penyakit ini akan mengakibatkan proses pengeluaran urin tidak berjalan lancar dan menimbulkan rasa sakit pada saluran kemih. Hasilnya, sisa metabolisme akan mengendap dikarenakan kurangnya mengonsumsi air putih dan munculah batu di saluran kemih yang menyebabkan nyeri pada pinggang.

Maka itu, jika gansis merasakan nyeri pada pinggang dan perut bagian bawah, warna urin berubah menjadi keruh, dan demam, segeralah hubungi dokter. Akan tetapi, jika hasilnya negatif dan tidak terdapat bakteri, Gansis kemungkinan mengalami overactive bladder yang membuat Gansis tidak bisa menahan rasa ingin buang air kecil.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kondisi ini?

6 cara sederhana atasi anyang-anyangan yang dapat Gansis lakukan untuk menyembuhkan kondisi yang sangat menggangu ini adalah sebagai berikut:

1. Banyak meminum air putih



Telah dikatakan sebelumnya bahwa anyang-anyangan umumnya disebabkan oleh dehidrasi. Tentunya Gansis setuju bahwa mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh adalah jalan untuk menyembuhkan kondisi tersebut. Karenanya, saat menderita anyang-anyangan, Gansis dianjurkan untuk mengonsumsi cairan lebih banyak dari biasanya.

2. Jangan menahan buang air kecil



Banyak orang yang memilih untuk menahan buang air kecil karena terlalu sibuk atau alasan lainnya. Janganlah tahan, segeralah ke toilet. Semakin sering Gansis menunda untuk buang air kecil, bakteri akan semakin menumpuk pula di saluran kemih Gansis sehingga kemungkinan timbulnya infeksi menjadi lebih besar.

3. Perhatikan makanan yang dikonsumsi



Masalah kesehatan sering muncul karena faktor makanan yang dikonsumsi tidak bagus. Karena itu, jauhilah makanan yang mengandung terlalu banyak bumbu, nikotin, alkohol, kafein, dan pemanis buatan. Sebab, makanan-makanan tersebut dapat membuat kandung kemih mengalami iritasi. Selain itu, ada bagusnya jika Gansis mulai mengonsumsi banyak serat. Demi kesehatan, kenapa tidak?

4. Mengompres dengan sumber panas



Biasanya, anyang-anyangan akan menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada bagian kemaluan. Untuk mengurangi rasa nyeri tersebut, kompreslah bagian pinggul ke bawah selama 15 menit. Kompres bagian tersebut dengan sesuatu yang panas atau hangat, seperti handuk yang dibasahi air hangat atau botol yang telah diisi air hangat. Selain itu, Gansis juga bisa menggunakan bantal pemanas.

5. Menjaga kebersihan alat kelamin



Ketika gansis selesai buang air kecil, dan membasuh kemaluan dengan air bersih, jangan lupa untuk mengeringkan pula alat kelamin Gansis dengan handuk atau tisu. Hal ini bertujuan agar bakteri dari anus tidak kemudian pindah ke vagina sehingga memperparah infeksi saluran kemih. Karenanya, yuk jaga kemaluan agar jangan lembap dan tetap bersih!

Nah, jika Gansis rajin menerapkan poin-poin di atas, tentunya masalah anyang-anyangan hanya tinggal cerita lama. Semoga bermanfaat!


emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


sumur : Go Dok


Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya! Karena Agan bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang tidak hanya ramah, tapi juga informatif dan membantu!

:welcome :welcome
0
8.3K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan