naqifAvatar border
TS
naqif
Apa sih Financial Fair Play (FFP)?
Halo Gan/Sist 
emoticon-Hai
Bagi gan/sist pecinta bola tentu tidak asing sama yang namanya Financial Fair Play kan?
Tapi beberapa mungkin masih bingung apa sih Financial Fairplay itu?
emoticon-Bingungbingungemoticon-Bingung

Semoga penjelasan ini menambah pengentahuan gan/sist sekalian
Cekidot!!!


Michel Platini
sumber : Mbah google

Tahun 2011 menjadi awal terbentuknya Financial Fair Play (FFP) dimana setiap klub di Eropa tidak bisa seenaknya mengunakan uang mereka untuk berbelaja pemain baru. FFP sendiri dicetuskan oleh Michel Platini dengan tujuan untuk menyehatkan finansial kesebelasan Eropa dan tidak terjadi ketimpagan antar kesebelasan yang ada di Eropa.

FFP ini mewajibkan setiap klub untuk menyeimbangkan neraca keuangan mereka, atau bisa dikatakan pemasukan dan pengeluaran klub harus diseimbangkan. Pemasukan klub yang dianggap oleh FFP adalah penjualan pemain, pendapatan tiket pertandingan kandang, merchandise, sponsor, hadiah dari kompetisi, hak siar dan hal komersil lainnya, sementara untuk pengeluaran klub diantaranya adalah pembelian pemain, gaji staff dan pemain, dan lain sebagainya.

FFP sendiri memberikan keringanan dengan memperbolehkan setiap klub memiliki kerugian mencapai 30 Juta euro, jadi jika sebuah klub membuat laporan pemasukan dan pengeluaran dalam satu musim tetapi masih memiliki kerugian tidak lebih dari 30 juta euro maka klub tersebut dibebaskan dari sanksi FFP, tetapi jika lebih dari 30 juta euro maka akan mendapat sanksi. Sanksi yang diberikan oleh FFP bisa berupa peringatan, teguran, denda, pengurangan poin, penundaan pendapatan dari kompetisi UEFA (Liga Champions/Liga Europa), larangan pendaftaran pemain baru dalam kompetisi UEFA, pembatasan jumlah pemain untuk pendaftaran skuat UEFA, didiskualifikasi dari kompetisi UEFA, hingga pencabutan gelar juara untuk kompetisi UEFA. Hadirnya FFP ini juga membuat pemilik klub tidak boleh dengan bebas mengeluarkan kocek pribadinya, sehingga diharapkan adanya keseimbangan antar klub dalam masalah finansial.

Itulah sekilas mengenai Financial Fair Play, monggo kalo ada yang kurang atau perlu di klarifikasi kita diskusi bareng di kolom komentar.
emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol
Terimakasih

Sumber

kumaniaks
nona212
tien212700
tien212700 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
5.6K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan