betiatinaAvatar border
TS
betiatina
Jalan-jalan ke Jateng Dan DIY? Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Ini
Oleh-oleh istimewa khas Jawa Tengah dan DIY yang wajib kamu coba

Assalamualaikum, bagaimana kabar agan dan sista semuanya? Semoga sehat selalu ya. Aamiin.

Lama ga jumpa ya di thread betiatina, kali ini ane mau ngajak sobat semua jalan-jalan ke pasar tradisional untuk berburu oleh-oleh.

Oleh-oleh semua ini bisa agan sista dapatkan jika sedang traveling ke Jawa Tengah dan Yogyakarta. Nah, apa saja nih perburuan kita nanti. Yang pasti banyak makanan enak dan beberapa barang yang istimewa banget.

1. Lumpia Semarang

Lumpia disini khas banget ya gansis, isinya dari rebung yang telah diolah terlebih dahulu dengan berbagai varian rasa. Ada original, telur, pedas dll.

2. Wingko Babat

Makanan berbahan dasar tepung ketan, kelapa parut dan gula ini memang rasanya enak. Cocok untuk oleh-oleh gansis yang jarak tempat tinggalnya tidak terlalu jauh. Mengingat produk ini tidak begitu tahan lama.

3. Tahu Petis

Tahu goreng dengan isian petis ini memang cocok untuk oleh-oleh. Jika gansis tidak menginginkan tahunya, bisa membeli petisnya saja untuk dibuat dirumah dengan menggoreng tahu sendiri.

4. Tahu Bakso

Tahu lagi ya, tapi yang ini isianya daging ayam atau sapi yang digiling menjadi adonan bakso. Rasanya gurih, bisa dibeli dalam keadaan mentah.

5. Getuk Trio Magelang

Cemilan dari singkong ini cocok banget untuk oleh-oleh. Rasanya enak dan tersedia dalam berbagai rasa dan bentuk. Tapi jika gansis rumahnya jauh, belinya sedikit saja ya, soalnya tidak tahan lama. Sayang kan, kalau beli banyak tapi tidak dikonsumsi.

6 Getuk Goreng Sokaraja

Olahan dari singkong juga nih, tapi yang ini lebih awet karena sudah digoreng sampai kering. Produk ini tersedia dalam rasa coklat, gula merah, durian, dll.

7. Mendoan Cilacap

Nah ini khas banget nih, gansis bisa membelinya dalam keadaan masih hangat dan dimakan ditempat ditemani cabe rawit. Atau beli tempe yang masih mentah dan digoreng sendiri di rumah.

8. Batik Pekalongan

Selain makanan, ada oleh-oleh berupa kain batik. Kain kebanggaan Indonesia inu bisa gansis temui di sepanjang toko di kota Pekalongan. Atau bisa langsung membeli ditempat pengrajinnya.

9. Gerabah

Berbagai hasil kreasi dari tanah liat ini bisa gansis temui di Kasongan,Yogyakarta. Gansis bisa membuat sendiri berbagai bentuk gerabah dengan panduan para pengrajin. Nah, anak-anak pasti senang nih praktek langsung membuat gerabah. Gansis berminat?

10. Geblek

Makanan khas Yogyakarta ini dibuat dari tepung kanji. Biasanya para pedagang menjual geblek ini beserta tempe benguk bacem. Rasa gurih dari geblek dan rasa manis dari bacem, terasa sangat nikmat.

11. Kaos Dagadu Jogja

Kaos kreasi anak negri, yang di produksi oleh anak Yogyakarta ini kreatif banget. Desaignya unik dengan berbagai kata plesetan yang lucu.

12. Cobek Batu Muntilan

Cobek batu asli bisa gansis temui di sepanjang jalan Muntilan, Magelang. Tidak hanya cobek, tapi juga berbagai patung dari batu alam tersedia di sana dalam berbagai ukuran.

13. Keripik Belut

Keripik berbahan dasar belut ini enak banget. Cocok untuk oleh-oleh dan bisa dibeli dalam jumlah banyak. Karena produk ini awet.

14. Belalang Goreng

Cuma ada di Gunung Kidul, belalang goreng ini. Bahkan di sepanjang jalan dari pantai di Wonosari, gansis bisa menemukan para penjual belalang jati yang masih hidup. Berani nyobain?

15. Bakpia

Bakpia ini, makanan khas dari Yogyakarta. Tersedia dalam isian berbagai rasa. Ada kacang hijau, keju, coklat, ubi ungu, durian, dll. Harganya variatif sesuai produsen masing-masing.
16. Carica

Tanaman ini hanya ada di Wonosobo, Jawa Tengah. Buah yang mirip dengan pepaya ini dijual dalam olahan manisan.

17. Lanting Kebumen

Kletikan dari singkong ini tersedia dalam berbagai rasa. Ada original, keju, pedas, jagung manis, dll.

18. Serabi Solo

Serabi yang gurih dengan kuah santan manisnya, bisa gansis coba jika jalan-jalan ke Solo.

19. Jenang Kudus

Jenang Kudus dibuat dari tepung beras, tepung ketan, santan dan gula. Rasanya manis, dan tahan lama.

20. Nopia

Kue kering nopia ini banyak dijumpai di Banyumas. Produk ini tersedia dalam beberapa rasa, diantaranya rasa gula merah dan coklat.

21. Sale Pisang

Sale pisang ini khas dari Cilacap. Ada yang kulitnya dari teoung atau yang tanpa tepung.

22. Bandeng Presto

Bandeng duri lunak ini, banyak di jual di Semarang.

Sekian thread dari saya, semoga bermanfaat. Jika jalan-jalan ke Jateng atau Jogja, agan dan sista bisa menikmati berbagai oleh-oleh seperti tersebut diatas.

Semoga bermanfaat.

Sumber gambar dan tulisan: 1, 2, 3, 4
BumiTimur
onik
nona212
nona212 dan 52 lainnya memberi reputasi
53
8.1K
189
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan