Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AboeyyAvatar border
TS
Aboeyy
Misteri Kuil Kuno yang Dijaga Ular Kubra, dan Pintu yang Tak Boleh Dibuka

Misteri Kuil Kuno yang Dijaga Ular Kubra, dan Pintu yang Tak Boleh Dibuka

Benda-benda kuno memang sering mengandung misteri, apalagi jika benda itu berkaitan dengan alat atau tempat pelaksanaan sebuah ritual di zaman dulu.

Begitu juga dengan benda kuno yang satu ini, Kuil Padmanabhaswamy.

Kuil tertua yang terletak Thuiruvananthpuram di Kerala India ini merupakan kuil yang dianggap paling sakral, sehingga banyak dikunjungi orang, baik dari dalam maupun mancanegara.

Menurut literatur Tamil Kuno, kuil ini sudah ada sejak abad ke-6, dan pernah direnovasi pada abad ke-16. Dengan dengan, kuil ini didirikan sebelum abad ke-6, namun tidak diketahui kepastian tahunnya.

Namun di balik keindahan dan kesakralan kuil tempat pemujaan Dewa Wisnu ini, tersimpan berbagai misteri. Kuil ini mempunyai beberapa ruangan rahasia terkunci yang dijaga ketat, karena diduga di dalamnya tersimpan berbagai benda berharga. Untuk menjaga keamaan kuil tersebut, di sana telah terpasang Detektor Logam, dan lebih dari 200 buah kamera di berbagai sudut, serta para penjaga yang berpakaian lengkap.

Misteri Kuil Kuno yang Dijaga Ular Kubra, dan Pintu yang Tak Boleh Dibuka

Bagian luar dan dinding kuil, terdapat banyak ikon dewa Wisnu yang terpahat pada batu-batu cadas.
***
Sejak tahun 1729, kuil ini dikelola oleh keluarga keturunan Travancore, dan mengklaim kuil ini dengan semua asetnya adalah milik keluarga mereka. Tapi di tahun 2011 lalu, Sunder Rajan menggugat kuil ini ke Mahkamah Agung, karena mengangap keluarga Travancore tidak profesional mengelola aset kuil tersebut.

Atas gugatan tersebut, pihak Mahkamah Agung India menurunkan 7 orang tim untuk menyelidiki dan mendokumentasikan semua aset yang ada di kuil itu. Dan hasil investigasi mereka sungguh mengejutkan.

Ternyata di dalamnya terdapat brankas rahasia yang berisi berbagai harta yang sangat berharga. Selain itu, ditemukan juga pintu-pintu yang tidak memiliki kunci, sehingga petugas tidak bisa memasuki kamar-kamar yang misterius tersebut.

Namun setelah dibuka paksa, ternyata di dalam kamar itu terdapat banyak patung, gajah, kalung, dan koin emas, yang nilainya ditaksir tidak kurang dari 308 triliun rupiah.

Selain itu, di sana juga ditemukan berbagai jenis perhiasan emas, pakaian adat, dan batok kelapa emas yang bertahtakan permata. Salah satu permata yang terdapat di batok itu adalah sebuah berlian besar yang tertanam di antara emas seratus karat. Berlian itu ditaksir harganya tidak kurang dari 420 miliar rupiah.

Meski demikian, 7 anggota tim itu ternyata tidak mampu membuka sebuah kamar, yakni kamar B. Kamar ini dianggap paling misterius, sebab ia tidak terdokumentasi dalam catatan aset kuil.

Misteri Kuil Kuno yang Dijaga Ular Kubra, dan Pintu yang Tak Boleh Dibuka
Pintu B

Ada yang mengatakan bahwa kamar B ini adalah kamar pribadi paduka Sri Padmanabha, yang di dalamnya banyak tersimpan benda mistik dan berharga peninggalan sang paduka. Ada pula yang berpendapat bahwa dinding di dalam kamar itu sepenuhnya berlapis emas. Dan katanya lagi, di dalam ruangan itu dijaga oleh dua ekor ular kubra.

Sayanganya Tim 7 itu tidak berhasil membuka kamar tersebut, sebab pintunya tidak memiliki engsel, pin atau pengunci apapun yang bisa dijebol. Sehingga kamar ini sampai kini masih menjadi misteri.

Katanya lagi nih, di belakang pintu kamar itu, masih ada 3 pintu lainnya. Menurut mitos di masyarakat, jika pintu itu dibuka paksa oleh orang yang bukan ahlinya, maka bencana besar akan melanda seluruh India bahkan dunia. Sebab salah satu dari 3 pintu itu diyakini berhubungan langsung dengan laut, yang jika dibuka paksam, maka air laut akan tumpah dan membanjiri seluruh kota.

Katanya, pintu kamar B itu dibuat oleh Marthanda Varma dari Keluarga Kerajaan Travancore. Kamar itu dilindungi dengan mantra khusus oleh ratusan Sidda Purushas dan Tantriks, atau tokoh agama, dari berbagai daerah.

Menurut legenda, kamar itu hanya bisa dibuka oleh Sadhus atau pendeta tingkat tinggi, dengan melafalkan Mantra Garuda. Jika dibuka paksa tanpa melalui mantra tersebut, maka isi kamar B yang berhubungan dengan laut itu akan langsung menyembur dan menenggelamkan kota India dan bahkan seluruh dunia.
***
Jadi, untung saja ya GanSis, kamar B itu tak berhasil dibuka oleh tim 7. Sebab andai berhasil. Barangkali India sudah tenggelam, bahkan sampai ke Indonesia. emoticon-Big Grin

Misteri Kuil Kuno yang Dijaga Ular Kubra, dan Pintu yang Tak Boleh Dibuka

Selain kamar-kamar rahasia itu, kuil ini juga mempunyai 6 kubah rahasia yang diyakini juga menyimpan berbagai harta yang sangat berharga. Kubah-kubah yang disebut Chambers itu diberi kode dari huruf A sampai F. Namun misteri ke-6 kubah ini belum terungkap, sebab misteri kamar B saja masih belum berhasil diungkap.(*) {No.429}
*****
Ref 1, Ref 2.
Diubah oleh Aboeyy 27-08-2019 22:50
4iinch
nona212
tien212700
tien212700 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.3K
10
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan