RetnoQr3nAvatar border
TS
RetnoQr3n
Virus Corona Menyebar! Kepanikan Melanda, Apa Akibatnya?
virus corona



#VirusCorona
#KepanikanAkibatVirusCorona


Siang ini, Indonesia digemparkan dengan pernyataan Bapak Presiden Joko widodo tentang warga negara Indonesia yang terinfeksi virus Corona.

Virus yang menyebabkan seluruh dunia ini menjadi ketakutan karena efek penyakitnya yang sangat besar, menyebabkan kepanikan massal yang melanda di seluruh bagian bumi termasuk di Indonesia.

Pemberitaan virus Corona dan efek sampingnya, membuat masyarakat menjadi panik. Kepanikan ini mengakibatkan banyak hal, dari tindakan preventif sampai hal yang tidak masuk akal, diantaranya:

Yang pertama, harga masker melonjak
Sumber




Kebutuhan masker yang tinggi, menyebabkan warga negara Indonesia berbondong-bondong untuk membeli masker dan menyetok nya di rumah. Pembelian besar-besaran ini mengakibatkan harga masker melonjak hingga 100%. Yang tadinya 1 box dijual dengan harga Rp27.000, setelah isu virus Corona ini harganya dibandrol Rp72.000 per box.
Sebenernya, ini efek yang menguntungkan atau merugikan?
Spoiler for harga masker:


Yang kedua, Supermarket penuh
sumber




Ketika masyarakat mengetahui virus Corona sudah masuk ke negara lewat jendela informasi pembelian bahan pokok pun melonjak.

Karena ketakutan keluar rumah, masyarakat berbondong-bondong untuk membeli kebutuhan pokok di supermarket secara besar-besaran. Padahal hal itu bisa menyebabkan tingkat kenaikan harga semakin tinggi karena kekosongan barang.

Spoiler for Panic buying:


Yang ketiga, berita hoax tersebar di mana-mana
sumber




Media sosial dan pemberitaan online sangat mempengaruhi sekali kecepatan informasi yang diberikan dari pusat atau sumber informasi kepada penerima informasi yaitu masyarakat. Banyak sekali di pemberitaan Online berita-berita yang simpang siur terkait dengan virus corona termasuk berita hoax.

cukup meresahkan sebenarnya tapi memang sudah tidak bisa dibendung lagi. Bisa jadi pemberitaan hoax tersebar sangat banyak sekali yang menyebabkan meningkatnya kepanikan masyarakat terhadap virus corona.

Spoiler for hoax:


Yang keempat, MotoGP gagal digelar di Qatar
sumber




Dari aspek bidang olahraga kita mendapatkan kabar bahwa MotoGP, ajang balap yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat di berbagai negara gagal digelar di Qatar yang berada di benua Asia.

Bagi yang sudah mengikuti MotoGP pasti sudah tahu, dari tahun ke tahun pembukaan MotoGP pertama kali selalu dilaksanakan di Qatar dan ditutup di Sepang Malaysia.

Yaa, ini memang tindakan preventif, penjagaan agar virus corona tidak tersebar semakin luas.

Spoiler for Motogp batal di Qatar:


Yang kelima, umroh dibatasi
sumber



Beberapa hari kebelakang kita dengar pemberitaan bahwa banyak jamaah umroh yang dipulangkan lagi ke Indonesia. Hal ini dikarenakan antisipasi pemerintah Arab Saudi terhadap masuknya virus Corona dari Cina. Sedih ya, gan sist.

Spoiler for Pembatasan jamaah umroh:


Sampai di sini Ane cuma berharap kita semua dilindungi dari segala macam penyakit dan marabahaya yang melanda.

Ane sangat berharap sekali, warga negara Indonesia jangan panik berlebihan, karena kepanikan itu bisa menyebabkan kita hilang akal dan tidak berfikir jernih.

Kepanikan membuat kita tidak bisa melihat informasi dan fakta sebenarnya. Hal yang mungkin kita pikir menguntungkan saat ini, bisa jadi malah menjadi kerugian dimasa datang atau untuk orang lain.

Tetap berpikir positif dan tetap waspada itu penting.

Jangan lupa juga istirahat yang cukup, jaga kebersihan, dan jaga agar daya tahan tubuh maksimal.

Sekian thread dari ane semoga bermanfaat

Salam hangat,
RetnoQr3n
Diubah oleh RetnoQr3n 02-03-2020 14:27
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 11 lainnya memberi reputasi
12
832
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan