GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Yamaha Nouvo: Eksis Diawal 2000’an, Kini Jadi Incaran Kolektor

Diawal 2000’an, Yamaha Nouvo sempat menjadi salah satu motor yang paling eksis, karena pada saat itu belum banyak pabrikan yang bikin motor matik. Bisa dibilang motor ini merupakan generasi pertama motor matik di Indonesia. Kini Nouvo udah di produksi lagi, tapi penggemarnya masih bergentayangan di jalanan. Bahkan ada komunitasnya juga GanSis.

Yang masih punya Yamaha Nouvo, ayo ngacung!!

Generasi pertama Yamaha Nouvo mulai mengaspal pada tahun 2002. Saat itu motor ini dijuluki dengan sebutan Nouvo Lele. Salah satu ciri khas motor ini adalah emblem plastik yang betuliskan “Nouvo” di body kiri dan kanan.


Gak lama setelah generasi keluar, Yamaha memberikan penyegaran pada tampilan dan peforma motor matik ini. Kala itu muncullah Yamaha Nouvo Sporty. Untuk tampilan sebenarnya gak jauh beda ama yang generasi pertama, cuman kelihatan lebih sporty aja. Sementara dari sisi peforma, Yamaha menggunakan karburator dan pengapian CDI baru. Yamaha juga memperbaharui desain knalpot dan arm. Fyi, knalpot ini katanya banyak yang nyari GanSis, karena desainnya yang menarik.


Lanjut di tahun 2005, Yamaha Nouvo kembali hadir dengan wajah baru, yakni Nouvo Z. Nah kalau yang ini desainnya berbeda jauh dari dua generasi sebelumnya GanSis. Desain Nouvo Z terlihat lebih tajam dan futuristik. Headlampnya dibikin menjadi dua bagian yang terpisah. Sementara bagian buritan di lampu belakang terlihat makin ciamik dan sporty. Desain body juga udah gak bulet seperti Nouvo Lele lagi GanSis.

Selain itu, Yamaha juga menghadirkan sedikit tambahan teknologi pada jantung mekanisnya. Adanya sistem choke otomatis pada bagian karburator dan AIS (air induction system) pada saluran gas buang. Pabrikan garpu tala juga mengubah model velg dari yang sebelumnya jari – jari menjadi velg racing.


Dua tahun berselang sejak kemunculan Nouvo Z, Yamaha Indonesia menghentikan produksi Nouvo. Hal ini dikarenakan Nouvo kalah saing dengan saudara sepabrikan, Mio. Kehadiran Mio mulai menggerus eksistensi Nouvo kala itu.

Tapi kini Yamaha Nouvo justru menjadi salah satu motor yang diincar oleh kolektor GanSis. Keunikan, tenaga dan kelangkaan mungkin saja menjadi faktor kenapa motor ini dicari – cari banyak orang. Karena yang nyari banyak, sementara motornya udah gak produksi lagi, otomatis harga motor ini di pasaran menjadi tinggi. Yamaha Nouvo generasi pertama sekarang dijual dengan harga Rp 5 – 7 juta. Sementara untuk model Z dilepas dengan harga Rp 8 – 12 juta.



bistome.diyoni
nona212
tien212700
tien212700 dan 6 lainnya memberi reputasi
5
6.3K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan