ZenMan1Avatar border
TS
ZenMan1
Di Kurs Tengah BI, Dolar AS Sudah Tembus Rp 14.200!


Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah di kurs tengah Bank Indonesia (BI). Rupiah juga babak-belur di perdagangan pasar spot.

Pada Jumat (28/2/2020), kurs tengah BI atau kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor berada di Rp 14.234. Rupiah melemah 1,54% dibandingkan posisi hari sebelumnya.

Sementara di pasar spot, rupiah juga merah. Pada pukul 10:00 WIB, US$ 1 dihargai Rp 14.110 di mana rupiah melemah 0,57%.


Kala pembukaan pasar, rupiah sudah melemah 0,14%. Seiring perjalanan, rupiah semakin lemah dan dolar AS berhasil menembus kisaran Rp 14.100.

Seperti halnya rupiah, mata uang utama Asia pun cenderung melemah di hadapan dolar AS. Namun depresiasi 0,57% membuat rupiah menjadi yang terlemah di Asia.

Corona Bikin Gara-gara
Perkembangan penyebaran virus corona yang semakin mengkhawatirkan membuat pelaku pasar panik. Berdasarkan data satelit pemetaan ArcGis per pukul 09:33 WIB, jumlah kasus corona di seluruh dunia mencapai 83.342.

Dunia kini mencemaskan penyebaran virus di luar China. Jumlah kasus di Korea Selatan terus meningkat menjadi 2.022. Kemudian di Italia ada 655, Iran 245, dan Jepang 214.

Penyebaran yang semakin luas juga terlihat dari bertambahnya negara yang melaporkan kasus perdana. Seperti Estonia, Makedonia Utara, Denmark, atau Belanda.

"Saya mengetahui bahwa jika virus menyebar semakin luas, maka akan berdampak besar terhadap ekonomi. Kami akan terus memantau perkembangan yang ada dengan saksama," kata Shinzo Abe, Perdana Menteri Jepang, seperti diberitakan Reuters.

Virus corona yang berkeliaran membuat aktivitas masyarakat menjadi terbatas. Pabrik-pabrik tidak beroperasi normal karena pekerja diliburkan atau tidak berani masuk karena khawatir tertular.

Akibatnya, produksi akan menurun sehingga menyebabkan kelangkaan. Rantai pasok dunia rusak, arus perdagangan seret, dan pertumbuhan ekonomi melambat.

Oleh karena itu, wajar investor masih memilih bermain aman. Aset-aset berisiko di negara berkembang Asia tidak akan menjadi pilihan dalam situasi seperti ini.

sumur

https://www.cnbcindonesia.com/market...bus-rp-14200/1
nomorelies
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 3 lainnya memberi reputasi
2
1.3K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan