Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

auristaleaAvatar border
TS
auristalea
kebebasan gue direnggut
akhir- akhir ini, ada beberapa anggota keluarga yang singgah ke kehidupan gue, bukan keluarga inti tapi ya sodara"nya nyokap bokap gue. 
dulu sih cuma ketemu di hari- hari besar tapi sekarang jadi sering banget ketemu karena tinggal berdekatan. 
gue terlahir dari keluarga besar yang rame banget, karena dari akarnya, kakek nenek gue tu nikah lebih dari dua kali. nyokap punya sodara 8 orang dan bokap punya sodara 6 orang. semuanya sodara" nyokap bokap yang which is jadi om tante gue beserta anak" mereka jadi sepupu gue, semuanya rata" dekat dengan gue dan gue kenal dengan baik sejak kecil.

tapi semakin kesini, gue ngerasa hubungan keluarga besar ini tidak seenak dulu. apalagi kalo udah tinggal dekat". orang aja yang liatnya enak, banyak punya sodara, tapi yang gue rasakan terlalu banyak kekangan. terlalu banyak ngatur. terlalu memaksakan rencana mereka ke gue, terlalu maksa gue untuk setuju dan nurut sama hal- hal remeh. padahal gue  ni udah gede, udah punya pendapat sendiri, jadi ga penting banget mempermasalahkan hal kecil dan maksa gue sampe bener- bener mau. 

misal kalo emang gue lagi ga mau diajak jalan, karena mungkin capek kerja seharian, yaudah, simplenya ga usah orang dipaksa harus ikut dan harus full team gitu kan.  ga bakal terjadi apa" kalo satu orang kaya gue doang kaga ikut, dunia ga akan runtuh. buat apa terlalu menjunjung full team tapi jatuhnya maksa. 

ini bukan cuma soal pergi jalan doang, tapi yaa banyak juga hal- hal remeh lainnya, kaya gue lagi ga mau makan makanan X karena emang ga suka dari kecil tapi dipaksa makan. udah gue tolak secara halus dan ngeles", tapi tetap aja dipaksa sampe keinginan mereka dituruti. ini tu ya, more than melanggar hak asasi anjay. plis deh, gue capek banget kalo hal" sehari" gini doang dipermasalahkan. 


mungkin dulu pas kecil gue masih bisa diatur, masih bisa dipaksa ikut nginep ke rumah om tante, masih nurut diajak kegiatan ini-itu dalam keseharian gue, masih nurut dibeliin baju apapun.
tapi sekarang, gue udah dewasa. ga semua hal harus diatur. apalagi kalo cuma hal" sederhana. 

Haduh, orang semacam ini itu agak susah dibilangin. orang dianya ga ngertiin orang lain. maksa terus. mau gue komunikasi sebaik apapun tapi ujung"nya tetap aja maksa. tetap aja ga nyambung dan ga berhasil peka dengan maksud gue.

kan ga mungkin ya gue ngomong langsung ke ni keluarga" gue, kalo mereka terlalu ngatur, terlalu mempermasalahkan hal" remeh, entah tau- tau gue yang dicap anak yang bermoral dan ngomong kasar.

ini baru hal sederhana loh ya, belum lagi ngomong nikah dan hal" besar lainnya. ga kebayang gue cuy. 
kasihan jodoh gue entar, harus bisa dapat restu dari seluruh keluarga besar gue, karena ga cukup dari keluarga inti doang. 


hadeuhhh...
Diubah oleh auristalea 25-02-2020 07:39
NadarNadz
nona212
kabalisme
kabalisme dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.7K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan