CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Menjadi Pelaku Perundungan, Murnikah Sepenuhnya Salah Orang Tua?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e467a67c9518b33154a75a7/menjadi-pelaku-perundungan-murnikah-sepenuhnya-salah-orang-tua

Menjadi Pelaku Perundungan, Murnikah Sepenuhnya Salah Orang Tua?

Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 6
jangan sampai deh itu menimpa anak kita
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 2 lainnya memberi reputasi
milih lingkungan sekolah jg berpengaruh..jangan sampai anak kita jd pelaku maupun korban bullying..Takutnya nanti pas gede punya masalah mental health
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 2 lainnya memberi reputasi
pelaku dan korban masing2 bisa berdampak buruk.
profile-picture
profile-picture
srusuut dan ummusaliha memberi reputasi
memang banyak faktor.penyebab ya sih, enggak cuma lingkungan keluarga. Lingkungan pergaulan juga berperan membentuk, tapi ada baiknya udah diantisipasi sejak dini dari tingkat keluarga emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 2 lainnya memberi reputasi
Orang tua tukang bully tetangga dan gosip, gurunya juga bully rekan sejawat, pemuka agamanya suka bully umat lain,
Mengajarkan nilai agama? Kesalaham fatal karena disanalah sumber bully.

Anda kira anak2 belajar dari siapa
Di rumah, sekolah, jalan, pasar, kantor isinya tukang bully cuma umur lebih tua bahkan ada yg bau tanah.

Masyarakat kita itu punya budaya bully
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 2 lainnya memberi reputasi
terkadang sudah menjadi orang tua yang terbaikpun, anak masih bisa berperilaku negatif karena pengaruh eksternal.. bisa karena pengaruh teman, pengaruh film, dll.. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
dan orang tua juga tidak bisa mengendalikan kegiatan eksternal anak sepenuhnya..
oleh karena itu, selain melakukan yang terbaik sebisanya, para orang tua juga sebaiknya berdoa pada Tuhan YME agar anak selalu dituntun ke jalan yang benar.. emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 2 lainnya memberi reputasi
Topik utamanya Bullying yang sebenernya aksi mendominasi satu kelompok ato seorang anak ke anak yang lain yang dirasa lebih lemah.

TS bener banget harus di mulai dari keluarga, lingkungan yang paling intim seorang anak karena sekolah sendiri ga mungkin pantau satu per satu karakter sama kelakuan anak muridnya. Cuma ada beberapa point yang ane kurang setuju.

1. Ajarkan agama sejak dini. Ini bisa fatal. dari pengalaman pribadi, sebenernya yang mau di sampaikan kepada anak itu adalah nilai - nilai kebaikannya kan?. Kita bisa ajarkan nilai - nilai kebaikan itu pake bahasa yang jauh lebih mudah di mengerti sama anak - anak dan pastinya kasih contoh yang baik kepada mereka, karena jauh lebih mudah untuk meniru di banding berpikir keras "mencerna" nasihat. Dibanding harus bawa - bawa agama yang ajaran nya cukup kompleks dan dibutuhkan kebijaksanaan lebih bagi pendengarnya. Jangan sampe yang mengajarkan pake cara yang salah, uda gitu anak nya salah tangkep. Kelar.

2. menumbuhkan jiwa kepekaan. Mungkin lebih tepat menanamkan kesadaran sama inisiatif sama anak soal etika, tata krama, sikap, dll.

3. Setuju banget

4. Setuju Banget.

5. Jangan memberikan hukuman fisik. Dari pengalaman pribadi juga, bentuk kekerasan verbal juga sama rusak nya dan menurut gue bahkan lebih merusak dari pada fisik. Mental nya di serang, mindset nya di serang, lama - lama jadi kacau. Ada teman gue lulusan luar negri, balik indonesia kuliah lagi, lulusan berkualitas tapi dia ga kerja sampe sekarang karena dia percaya klo dirinya bodoh, ga bisa apa apa, pemalas, kelainan mental. Cuma gara - gara sering di kata - katain sama orang tua nya waktu dia masih remaja. Sama sekali ga di pukul, ga di jorokin ato di kurung. Cuma di kata - katain, dan dia pernah cerita sama gue klo hidup uda ga ada artinya lagi. Dahsyat nya kata - kata.

semua balik lagi ke orang tua, gimana caranya mendidik anak. Ngga ada alasan ngga ada waktu untuk anak, terlalu cape untuk anak dll. Se sibuk - sibuknya orang tua harus ada waktu untuk anak, se cape - cape nya orang tua harus ada waktu untuk anak, itu investasi terbesar dalam hidup kalian. Kita rugi project kerugian dalam bentuk materi, kita rugi tender kerugian bentuk materi. Klo kalian gagal didik anak, dari kecil uda suka bully orang, bisa bayangin uda gede jadi apa?.

Rusaknya anak, cerminan kegagalan orang tua..

Just share..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan

Quote:


iya bener ini yang paling penting sih.. karena anak itu sukanya meniru orang lain di sekitarnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 2 lainnya memberi reputasi
Yg seharusnya diajarkan lebih dulu itu MORAL, bukan agama. Karena nyatanya banyak yg beragama tapi gak bermoral.
profile-picture
profile-picture
srusuut dan ummusaliha memberi reputasi
ngga sepenuhnya menurut ane ya gan, tapi emang pola asuh bakalan berperan besar sama tingkah laku anak
terus ada pemicu lain juga di luar lingkungan keluarga
yang penting selalu bangun komunikasi yang baik dengan anak ya gan, biar anak juga terbuka
profile-picture
profile-picture
srusuut dan ummusaliha memberi reputasi
yaaa sekarang sih banyak pengaruhnya ya, bukan cuma dari orang tua. soalnya kan mereka pasti ngeliat banyak contoh dari internet juga. tapi tetep aja orang tua jadi pondasi utamanya
profile-picture
profile-picture
srusuut dan ummusaliha memberi reputasi
Quote:


Nah mungkin itu juga mungkin karena si orang tua kurang memiliki edukasi kali yaaa terkait psikologis dan perilaku anak
profile-picture
profile-picture
srusuut dan ummusaliha memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Dilema bangettr. Makanya sebelum jadi orang tua kidu banget banyak belajar dan banyak baca bukuu gimana caranya mendidik anak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
waaah bisa jadi bahan referensi ini
profile-picture
profile-picture
srusuut dan ummusaliha memberi reputasi
iya, biasanya pelaku perundungan kekurangan kasih sayang dari orang tua dan sering diperlakukan buruk.
profile-picture
profile-picture
srusuut dan ummusaliha memberi reputasi
Kasihan banget tuh mpe masuk rumah sakit. Mana jarinya sampe putus,lagi. Syedih ane😭
profile-picture
profile-picture
srusuut dan ummusaliha memberi reputasi
setuju banget sis dengan poi t-point di atas. Terutama nomor 1. Saat anak sudah mengenal Tuhan dan di pupuk kasih sayang maka akan mudah di nasihati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 3 lainnya memberi reputasi
Kadang mereka yang suka membully, adalah anak.yang kekurangan kasih sayang dan perhatian.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 3 lainnya memberi reputasi
kadang lingkungam berperan serta tapi dasar didikan dari orgtua juga harus kuat untuk membentuk pribadi anak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 3 lainnya memberi reputasi
Jaman now gimana anak ga belajar bully, emaknya aja doyan nyinyir. anak mah potokopian orangtua, semoga ya kita semua dimampukan didik anak dengan benar, Aamiim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
srusuut dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 5 dari 6


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di