VitaArkana
TS
VitaArkana
Taekwondo, Beladiri Tradisional yang Korea Banget !
Taekwondo, yang menarik dari Korea namun sering terlupakan




Assalamualaikum Agan dan Sista tercinta dan terkece badai seantero negeri. Bagaimana kabarnya, pasti sehat dan selalu penuh berkah dan semangat. Aamiin ....


Gansist, tau ga yang sekarang lagi nge-hits? Mulai dari kuliner, musik, tren fashion, tren make up, destinasi wisata bahkan sampai film dan drama? Kayaknya hampir semua orang tau, kalau gudangnya yang nge-hits ada di Korea. Ada K-POP, K-drama dan lain sebagainya.



Sumber : Pinterest


Republik Korea atau sering dikenal sebagai Korea Selatan, adalah sebuah negara di kawasan Asia Timur ( diantara Tiongkok dan Jepang) yang meliputi bagian selatan semenanjung Korea. Disebelah Utara, Republik Korea berbatasan dengan Korea Utara, dimana keduanya bersatu sebagai sebuah negara hingga tahun 1948 ( Wikipedia ).


Menurut ane, segala tentang negara Korea sangat menarik. Hampir semua bagian negara yang sering disebut negeri ginseng itu mempunyai daya tarik tersendiri. Ane yakin, banyak dari Gansist yang hobby menonton K-drama dan K-Pop. Memang sih ya, oppa Korea sangat terkenal tingkat ketampanannya, makanya banyak dari wanita-wanita yang mengaguminya. Termasuk ane.


Namun, satu hal yang agak dilupakan orang tentang Korea, yaitu olahraga tradisional khasnya, Taekwondo atau sering dieja sebagai Taekwon-Do adalah seni bela diri asal Korea yang juga sebagai olahraga nasional Korea. Olahraga bela diri ini juga menjadi olahraga yang populer di acara olahraga dunia Olimpiade ( yuksinau.id ).



Sumber : yuksinau.id


Taekwondo berkembang pada tahun 37 Masehi pada masa dinasti Koogoryo di Korea. Asal mula olahraga ini adalah untuk membela diri dan menyerang lawan. Di Korea sendiri beladiri ini menjadi wajib dikalangan polisi dan tentara. Mulai tahun 1945 rakyat Korea mulai mengembangkan beladiri ini agar bisa diterima oleh dunia. Akhirnya tahun 1973 berdiri badan resmi dunia WTF ( World Taekwondo Federation).


Istilah Taekwondo berasal dari beberapa kata yaitu kata "Tae" yakni kaki yang berarti menghancurkan dengan tendangan, "Kwon" yakni tangan yang berarti menghantam dan mempertahankan diri dengan tangan, serta "Do" yakni seni yang berarti cara mendisiplinkan diri. Sehingga bisa diartikan bahwa Taekwondo adalah seni beladiri yang menggunakan tangan kosong dan kaki untuk mengalahkan lawan.


Dibawah ini adalah alasan mengapa Taekwondo sangat kekoreaan banget, yaitu :

1. Asal Taekwondo memang dari Korea
2. Memakai istilah berbahasa Korea
3. Dalam semua gerakan dasarnya mengandung nilai filosofi khas Korea
4. Pemakaian baju dan atributnya menggunakan bahasa korea dan memiliki nilai filosofis yang tinggi
5. Meskipun sudah mendunia, taekwondo tetap memegang identitasnya sebagai beladiri khas Korea

Sekarang ini, olahraga Taekwondo sudah mendunia Gansist, meskipun masih kalah pamor dengan tren kosmetik dan operasi plastik ataupun demam K-Pop dan K-drama. Di Indonesia olahraga ini juga sudah banyak dipertandingkan pada kejuaraan olahraga nasional. Bahkan nih, sekarang sudah banyak berdiri club' beladiri taekwondo di segala penjuru tanah air.



Sumber : combat.sports.net


Kebetulan nih, putra ane juga ikut pada salah satu club' taekwondo di kota ane. Buat ane, saat seseorang memakai pakaian "Dobok" atau pakaian khas untuk olahraga Taekwondo dengan posisi Seogi atau pasang kuda-kuda, tingkat kegantengan sejajar dengan Oppa Korea. Ditambah saat sedang melakukan materi dasar atau saat Poomsae, Kyokpa dan Kyorugi terlihat keren banget.



Sumber : dokumen pribadi


Jadi Gansist, menyukai tentang Korea tidak melulu dengan tren kosmetik, fashion, operasi plastik ataupun kuliner dan entertainmentnya. Menyukai Korea lewat olahraga juga sangat baik, tidak hanya unsur Korea yang kita dapat, namun nilai kesehatan dan prestasi juga kita dapatkan. Mulailah menyukai sesuatu yang sekiranya bermanfaat untuk kehidupan kita.


Sekian tulisan dari ane, semoga bermanfaat dan tunggu tulisan ane selanjutnya.


Terimakasih .... bye ... bye ....


Penulis : VitaArkana
Sumber : Opini pribadi, dokumen pribadi dan disini
Diubah oleh VitaArkana 10-02-2020 23:50
Indriaandrianerinherlinasofiayuan
sofiayuan dan 41 lainnya memberi reputasi
42
2.8K
70
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan