fanya06Avatar border
TS
fanya06
Menu Makanan Tradisional Korea yang Wajib untuk Dicoba, Bikin Ngiler Gan-Sis!



Annyeonghaseyo, Yeorobun! Hae Gan-Sist dimana pun berada, apa kabarnya nih? Jumpa lagi di thread saya.

Kali ini saya mau ngebahas hal yang berhubungan dengan Kekorea-koreaan. Ada film drama Korea, ada boy and girl band Korea, trus ada oppa-oppa korea yang ganteng pake bingit. Dih, bikin kaum hawa jadi pada kleplek-klepek dah pokoknya. Maklum lah ya, kalo para Agan-Agan pasti juga bakalan klepek-klepek kuadrat dah kalo ngeliat para noona-noona korea. Soalnya emang sih orang korea itu terutama artis-artisnya ganteng-ganteng dan cantik-cantik pake banget.

Eit, tapi di thread kali ini saya nggak akan ngebahas oppa atau noona Korea. Berhubung saya suka banget masak, mari kita kenalan sama beberapa makanan khas ala Korea yang tentunya bikin kita jadi penasaran buat nyicipin, atau mungkin Gan-Sist yang jago masak bisa buat makanan Korea ala buatan sendiri di rumah ya, wkwkwk.

Apa aja sih makanan-makanan itu? Yuk baca terus thread saya sampai habis ya!

1. Kimchi



Kimchi adalah makanan tradisional dari Korea. Makanan ini menggunakan bahan dasar sayuran. Sayuran yang paling umum diolah menjadi kimchi adalah sawi putih dan lobak.

Cara membuat kimchi terbilang cukup mudah, yaitu dengan cara memotong-motong sayuran sesuai dengan keinginan kemudian digarami dan dicuci, selanjutnya dicampur dengan bumbu pedas yang terbuat dari campuran udang krill, bawang putih, kecap ikan, jahe dan bubuk cabai merah. Sayuran ini dapat dihidangkan secara segar atau difermentasi terlebih dahulu sebelum siap untuk di santap.

Orang korea biasanya membuat kimchi dalam jumlah banyak untuk persediaan makanan di musim dingin. Mereka akan melakukan sebuah tradisi yang disebut Kimjang, dimana semua anggota keluarga akan berkumpul dan mengolesi lembar-demi lembar daun sawi putih dengan bumbu pedas untuk membuat kimchi. Dalam tradisi ini juga mereka dapat berkumpul dengan sanak saudara juga meneruskan resep rahasia dari keluarga secara turun-temurun dalam membuat kimchi.

Gimana Gan-Sist? Penasaran nggak pengen nyicipin atau buat hidangan kimchi ini? Saya rasa bahan-bahannya cukup mudah untuk di cari di Indonesia.

2. Bulgogi



Menu dari daging sapi ini juga merupakan makanan khas asal Korea. Bumbu bulgogi terbuat dari campuran kecap asin, gula dan rempah-rempah lainnya, tergantung dari resep rahasia masing-masing daerah yang ada di Korea sana.

Sebelum disantap biasanya bulgogi dipadukan dengan kimchi kemudian dibungkus dengan daun selada. Hmm nyam-nyam, bikin ngiler nggak Gan-Sis? Buat kalian yang pengen banget ngerasain menu ini tapi nggak punya cukup bekal buat ke Korea sana, mending buat sendiri, cari resepnya di google hehehe.

3. Ramyeon



Menu makanan mie rebus ini mirip dengan menu mie ramen yang ada di Jepang. Yang membedakan, biasanya ramyeon dihidangkan dengan menggunakan panci kecil. Unik juga ya penyajiannya Gan-Sis.

4. Japchae



Bila dilihat sekilas dari nama dan penyajiannya hampir sama dengan menu capcay yang ada di Indonesia, tapi ternyata beda banget Gan-Sis. Japchae Korea menggunakan bahan dasar mie sohun yang dicampur dengan berbagai macam sayuran hijau juga potongan daging sapi. Menu ini biasanya dihidangkan pada acara-acara khusus.

Widih, setelah membaca thread saya di atas udah pada ngiler belum Gan-Sis?

Akhir kata saya ucapkan terima kasih sudah membaca thread saya kali ini sampai habis. Jangan lupa kasih cendol, rate, koment dan share ya.

Penulis : fanya06


Sumber referensi : 1 , 2 , 3 , 4
DeYudi69
andrerain5
tien212700
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
708
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan