CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Lampung /
[COC Regional: Makanan Tradisional] Mengenal Kue Benjak Enjak Khas Lampung! + Resep
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e46339009b5ca3eb42303e6/coc-regional-makanan-tradisional-mengenal-kue-benjak-enjak-khas-lampung--resep

[COC Regional: Makanan Tradisional] Mengenal Kue Benjak Enjak Khas Lampung! + Resep

[COC Regional: Makanan Tradisional] Mengenal Kue Benjak Enjak Khas Lampung! + Resep

Mengenal kue Benjak Enjak Lampung!
Kalau sudah kenal awas sayang ya ....


Kue Benjak Enjak, mungkin sangat jarang sekali orang yang mengenal makanan khas daerah Lampung yang satu ini. Karena memang di daerah Lampung sendiri kue ini juga sempat hilang dari peredaran.
Kue benjak enjak adalah kue khas peninggalan para nenek moyang orang Lampung Pesisir dan Lampung Pepadun. Dan mempunyai nama lain di daerah Lampung Selatan yaitu Bebai Makhing.

Jika dilihat dari tampilannya, kue Benjak Enjak ini memiliki kemiripan dengan Wajik dan Lemper daerah Jawa.
Ada pun yang membedakannya adalah dari satu bahan yang membuat unik kue ini!

Tujuan ane mengenalkan kue Benjak Enjak ini tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menaikan kembali popularitas dan kelestariannya.
Agar anak-anak Lampung milenial kembali mengenal apa itu Benjak Enjak, dan masyarakat dari daerah lain bisa mencoba betapa enak dan menggodanya kue khas tradisional Lampung yang satu ini.


[COC Regional: Makanan Tradisional] Mengenal Kue Benjak Enjak Khas Lampung! + Resep

Sumber gambar: di sini


Sebelum menjelaskan cara pembuatan kue benjak enjak, ane akan mengulas sedikit hal tentang makanan Lampung.
Kami masyarakat Lampung membuat makanan baik itu makanan khas atau makanan moderen, selalu menggunakan beberapa bahan dari hasil Bumi Lampung.

Tentu Agan dan Sista di sini telah mengetahui, jika Lampung adalah salah satu daerah penghasil pisang yang melimpah.
Banyak makanan khas dan oleh-oleh Lampung berbahan dasar pisang, salah satunya adalah benjak enjak itu sendiri.

Tidak hanya pisang, ada kopi Lampung, durian, sayuran dan masih banyak lagi hasil bumi Lampung yang menjadi komoditas unggulan.

Oke, tidak perlu panjang kali lebar lagi.
Untuk Agan atau Sista yang mau mencoba untuk bikin kue benjak enjak, bisa silakan simak bahan dan cara pembuatanalnya di bawah ini!


Quote:


Setelah semua bahan tersedia, kemudian lanjut ke proses pembuatan:
1. Cuci ketan sampai bersih, lalu rendam sekitar 30 menit

2. Kukus ketan sampai setengah matang, angkat dan sisihkan

3. Kupas pisang, kemudian campurkan pisang dan gula merah sampai tercampur merata

4. Campurkan ketan dengan adonan pisang dan gula. Aduk hingga merata

5. Ambil selembar daun pisang, beri adonan pisang yang sudah tercampur dengan ketan sebanyak dua sendok. Kemudian gulung dan lipat ujung kana dan kirinya

6. Ambil dua bungkus adonan, ikat kedua ujungnya dengan kencang dan kemudian rebus didalam air mendidih

7. Sajikan


[COC Regional: Makanan Tradisional] Mengenal Kue Benjak Enjak Khas Lampung! + Resep

Sumber gambar: di sini


Semakin berkembangnya zaman, kini kue benjak enjak ini tidak hanya dibuat dengan cara direbus saja, ada juga varian kue benjak enjak panggang.
Perbedaannya adalah setelah direbus, masih ada satu proses yaitu pemanggangan singkat. Untuk mengeluarkan bau daun pisang dan sedikit warna eksotis panggangan.

Bagaimana, cukup mudah kan cara pembuatan dari Kue Benjak Enjak khas Lampung ini?
Tentu sangat mudah sekali, karena tidak membutuhkan banyak bahan dan juga tidak perlu alat-alat yang rumit.
Sangat cocok sekali jika disebut dengan kue tradisional!

Kue benjak enjak ini cocok sekali jika dijadikan oleh-oleh, karena selain memang khas, enak dan juga awet. Bisa bertahan hingga 3 hari tanpa bahan pengawet.

Biasanya kue benjak enjak ini sering dihidangkan saat musyawarah adat, pesta pernikahan dan sebagai hantaran.
Tentu cara mengkonsumsinya bisa dengan ditemani Kopi Lampung atau Teh Lampung.
Dijamin enak dan nagih banget!

Itu lah tadi Kue Benjak Enjak khas dari daerah Lampung yang mulai jarang ditemui. Sangat disayangkan sekali jika kue khas dari zaman kerajaan Tolang Pohwang ini harus hilang dimakan pergeseran zaman dengan makanan modernnya.

Untuk itu, bagi Agan dan Sista baik yang dari Daerah Lampung atau dari daerah luar Lampung. Boleh silakan ikut melestarikan kue khas Lampung Bejak Enjak ini.

Terima kasih sudah menyimak ulasan thread ane kali ini, jangan lupa bantu share ya!


[COC Regional: Makanan Tradisional] Mengenal Kue Benjak Enjak Khas Lampung! + Resep


Penulis: @masnukho
Referensi: Resep keluarga Lampung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
oranduweid dan 16 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
emoticon-Jempol siapa yang mau coba
Dijamin manis kayak TSemoticon-Tepar
profile-picture
ilafit memberi reputasi
Quote:


Ada kresek gak?
Belum pernah makan kue itu
profile-picture
masnukho memberi reputasi
wow enak semua kayanya, nampol
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-Ngakak kesini biar dibikin langsung sama ibuk

Quote:


emoticon-2 Jempol iya Gan, enak banget lah
profile-picture
ilafit memberi reputasi
laperrr😍
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Mantap sihh
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Keren
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

Yok makan malam😆

Quote:


emoticon-Jempol iya mantap
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
makanan tradisional ... pasti enak
profile-picture
profile-picture
siapika dan masnukho memberi reputasi
Quote:


Sepertinya saya penasaran dengan rasanya Benjak satu ini😍😍😍🤤🤤🤤🤤
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:


[COC Regional: Makanan Tradisional] Mengenal Kue Benjak Enjak Khas Lampung! + Resep

Btw, ambil gambar kek gininya di mana?
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

emoticon-Betty enak banget dong

Quote:

Bisa kok Sis bikin sendiri 😂 mudah caranya

Quote:


Itu dari Regional Lampung Mbak, dari Regional Mbaknya pasti ada juga
mirip ama wajik yak bentuknya..
jangan-jangan rasanya mirip juga nih?
jadi penasaran ane sama rasanya
coba ah besok nanya kakak ipar..dia asli lampung, sapa tau nih bisa bikin ni jajanan emoticon-Malu
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:


Bener gan...ane juga pencinta jajanan tradisional ni...
Soalnya enak-enak dan tentunya ramah dikantongemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
VitaArkana dan masnukho memberi reputasi
Quote:


Nggak ada Mas Nur😥😥😥😥😥

Nulis apa adanya saja, penting ada di Regional pan ya😁
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:


Jauh amat..wkwk
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Quote:

Rasanya beda sama wajik Mbak, bentuknya emang sama.
Kalau ini ada campuran pisang Raja 😁

Quote:

emoticon-Jempol iya Bun

Quote:


emoticon-Ngakak sama main kok
profile-picture
profile-picture
siapika dan ilafit memberi reputasi
Quote:


Pasti rasanya manis legit gitu ya? Soalnya kan rasa pisang raja manis banget tu emoticon-Matabelo
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Belum pernah coba, atau pernah coba gk tau namanya 😂
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di