KatakhoiAvatar border
TS
Katakhoi
Wajib Nonton, 3 Film Korea yang Menampar Sisi Kemanusiaan Kita


Selamat malam kaskuser dan pembaca setia akun Katakhoi. Semoga selalu bahagia dan tidak pernah bosan berbagi kebaikan.


Berbicara tentang Korea atau yang sering disebut dengan, "Negeri Ginseng" ini tidak hanya menyimpan ribuan pesona terhadap kuliner, budaya, dan tempat wisata. Akan tetapi dari segi produksi film-film nya juga sungguh benar-benar memesona.


Dan hebatnya, film-film tersebut bukan hanya mampu menghibur semata, tetapi juga memberikan nilai-nilai kehidupan bagi siapa pun mereka yang menontonnya. Bahkan, nilai-nilai kehidupan yang belum pernah kita ketahui, dalam film-film tersebut secara tersurat maupun tersirat disampaikan kepada penonton.

Sebenarnya banyak film-film Korea yang menarik, tetapi menurut saya cuma 3 film ini lah yang membuat saya merasa terkagum-kagum. Untuk tahu lebih jelasnya, yuk, simak 3 film Korea yang menampar sisi kemanusiaan kita.


1. Parasite



Sebuah film terbaik korea yang pernah saya tonton setelah film, “Train To Busan”. FIlm ini disutradai oleh Bong Joon-ho yang dirilis pada tanggal 21 Juni 2019. Dan baru-baru ini dikabarkan resmi meraih piala Oscar 2020. Memang seperti tidak ada cacat sedikit pun dalam film ini, benar-benar sempurna dan membuat saya sebagai penonton rasanya durasi film lebih dari dua jam ini masih kurang.


Selain membuat penonton terkagum-kagum, film ini juga sangat kaya akan nilai-nilai kehidupan yang mampu menampar sisi kemanusiaan kita. Film ini benar-benar mengajarkan bahwa harta, jabatan itu bukanlah segalanya. Namun, kebersamaan bersama orang-orang yang dicinta itulah sebaik-baiknya kebahagiaan.


Terlepas dari itu, film ini juga memberi tahu bahwa tidak semua orang kaya itu pintar. Terbukti dari keluarga Tn. Park yang mudah terperdaya oleh keluarga Tn. Kim. Dan mungkin memang sudah menjadi tradisi dan budaya bahwa mereka yang menjadi orang kaya akan merasa lebih tinggi dan menganggap rendah orang miskin. Dari situ lah kita bisa mengambil pelajaran hidup bahwasanya mereka yang kaya itu juga berasal dari orang yang tidak punya. Dan jika ingin menjadi kaya, maka bekerjalah dan berusaha, bukan mencari jalan instan seperti menipu orang lain.

Sebenarnya tidak cukup sampai di situ, masih banyak pelajaran hidup lainnya yang bisa kita ambil dalam film ini. Jika ingin tahu lebih jelasnya, silakan tonton sendiri. Saya yakin, bagi penonton yang lainnya juga benar-benar merasa puas setelah menonton film ini.


2. Train To Busan



Sebuah film korea terbaik yang pernah saya tonton sepanjang sejarah kehidupan. Film ini disutradai oleh Yeon Sang-ho yang dirilis perdana pada 13 mei 2016. Tidak kalah menarik dari film Parasite, film Train To Busan ini juga memberikan banyak pelajaran hidup yang tentunya mampu menampar sisi kemanusiaan kita.


Di satu sisi, film ini mengajarkan kita untuk tolong-menolong satu sama lain meski dalam keadaan darurat sekalipun. Namun, di sisi lain, film ini mengajarkan kita bahwa dalam menolong atau membantu orang lain tidak selalu mambawa dampak baik bagi kita. Kita harus tahu dan mengenali siapa yang kita tolong. Jika tidak seperti itu, orang tersebut akan membawa bencana bagi kita. Ingat, perbuatan kita sekarang menentukan apa yang akan terjadi di masa depan.


Selain itu juga sebenarnya masih banyak pelajaran hidup yang tersurat maupun tersirat dalam film Train To Busan ini. Dan saya jamin setelah kalian menonton film ini, akan merasakan banyak sekali pelajaran hidup yang selama ini belum kita ketahui.

3. My Sassy Girl



Sebuah film lawas yang dirilis pada tahun 2001 ini berasal dari Korea Selatan. FIlm ini dibintangi oleh Jun Ji-hyun dan Cha Tae-hyun—tak lupa dengan sutradara yang sangat handal yaitu Kwak Jae-yong. Dengan genre film komedi romantis, film ini bukan hanya sukses menghibur penonton, akan tetapi film ini juga berhasil memberikan nilai-nilai kehidupan dan menampar sisi kemanusiaan kita.


Terbukti dari awal pembukaan film ini. Di menit-menit awal, film ini secara tidak langsung memberikan pelajaran hidup kepada kita semua tentang betapa pentingnya saling tolong-menolong meskipun kita tidak mengenalnya. Lanjut ke durasi pertengahan, lebih banyak nilai-nilai sosial yang akan menampar sisi kemanusiaan kita. Meskipun lebih menitikberatkan pada kisah romantis dua sejoli, tetapi di durasi pertengahan film ini benar-benar mengajarkan apa arti cinta yang sebenarnya. Benar-benar menampar kita bahwasannya cinta adalah tentang kebebasan dan saling membahagiakan meski harus dengan jalan merelakan.


Lanjut di durasi menuju akhir, film ini mengajarkan kita semua bahwa tidak segala yang kita lihat adalah kejadian yang sebenarnya—dalam artian harus dipastikan kebenarannya, tidak asal menyimpulkan. Dan yang paling mengesankan adalah film ini mengajarkan kita bahwa segala pilihan untuk menjalani kehidupan ada di tangan kita. Segala sifat teguh pendirian, berani menyuarakan pilihan, dan siap menanggung resiko atas segala pilihan benar-benar terasa kuat dalam film ini.

Nah, itulah 3 film Korea terbaik versi saya sendiri. Tidak hanya berhasil menghibur tetapi ketiga film tersebut memberikan banyak nilai-nilai kehidupan. Semoga kita adalah orang-orang yang bisa mengambil hikmah dan pelajaran hidup dari segala yang kita lakukan, kita dengar, dan kita lewatkan.


Penjelasan narasi: murni imajinasi sendiri setelah menonton ketiga film tersebut.
Sumber penambah referensi dan gambar:
Parasite
Train To Busan
My Sassy Girl
alphajoe.
srusuut
valruss
valruss dan 30 lainnya memberi reputasi
31
2.1K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan