KatakhoiAvatar border
TS
Katakhoi
Yuk, Lebih Baik Memberi Dukungan daripada Membandingkan


Selamat pagi kaskuser dan pembaca setia akun Katakhoi. Jangan lupa awali hari ini dengan mengucap syukur lebih dulu. Siapa tahu setelah diawali dengan syukur lalu setelahnya terbitlah harapan dan semangat baru.

Jika membahas tentang membandingkan, di dunia ini tidak sedikit orang-orang yang suka membanding-bandingkan. Membandingkan dirinya dengan orang lain, membandingkan anaknya dengan anak yang lain, membandingkan kekasihnya dengan kekasih orang lain, membandingkan orang tuanya dengan orang tua yang lain, dan masih banyak lagi perihal perbandingan yang sebenarnya tidak dibutuhkan dalam hidup ini.


Tahukah kamu, saat seseorang mulai membandingkan sesuatu dengan sesuatu lainnya, saat itu juga rasa syukur telah mati dalam hatinya. Ia tidak bersyukur akan apa yang menjadi miliknya dan tentunya ia ingin miliknya bisa menyerupai milik orang lain yang diinginkannya.

Ketahuilah, ada sesuatu yang jauh lebih baik daripada harus membandingkan-bandingkan. Ya, itu adalah mendukung. Mendukung yang kamu miliki hari ini hingga pada akhirnya menjadi sesuatu yang mungkin kamu inginkan sekarang. Semuanya butuh waktu untuk berubah, maka dari itu mari kita bantu dengan dukungan, bukan dengan cara membanding-bandingkan.



Jadi, yuk simak penjelasan di bawah ini tentang 5 alasan mengapa mendukung lebih baik daripada membandingkan.

1. Tidak ada manusia yang suka dibanding-bandingkan



Saat kamu membandingkan seseorang dengan orang lain, coba kamu bayangkan jika dirimu berada di posisi itu. Apalagi jika dibandingkan dengan sesuatu yang mungkin menurut sebagian orang itu jauh lebih baik, tetapi ketahuilah, yang menurutmu baik tidak selamanya baik juga menurut semua orang. Apakah kamu pernah memikirkan perasaan seseorang saat mereka dibanding-bandingkan? Di dunia ini tidak akan ada manusia yang suka dibanding-bandingkan, kecuali mereka yang dibandingkan adalah mereka yang memiliki posisi paling atas saat dibandingkan.


2. Membandingkan ternyata perlahan akan membunuh mental seseorang



Perhatikan lebih dalam tentang hal ini! Untuk orang tua yang suka membandingkan anaknya dengan anak orang lain, ketahuilah tanpa kalian sadari, hal itu perlahan atau lambat laun akan membunuh mental anakmu. Sehingga yang dilakukan oleh kebanyakan anak-anak yang dibandingkan bukan malah ingin semakin baik, tetapi mereka akan merasa jika orang tuanya tidak pernah memiliki rasa bangga terhadap dirinya.

Maka dari itu, cobalah dari sekarang ubah hal tidak baik tersebut. Ketahuilah, mendukung segala apa yang dimiliki dan segala apa yang menjadi ciri dari anakmu adalah hadiah terbesar dari orang tua kepada anaknya. Dan tanpa kalian sadari, itu adalah salah satu bukti cinta orang tua kepada anaknya.

3. Saat kamu mendukung seseorang, saat itu juga harapan baru terlahir dalam dirinya



Hal-hal positif akan selalu berbalik dan berakhir dengan positif juga. Ketika kamu mendukung dirimu sendiri ataupun mendukung orang lain, tidak bisa dipungkiri bahwa setelah itu akan muncul semangat dan harapan baru untuk kembali memulainya atau untuk tetap melanjutkannya.


Mendukung itu artinya memberi kekuatan baru agar seseorang yang diberi dukungan oleh kita kembali dengan semangat barunya. Jadi, sebarlah kebaikanmu dengan cara lebih mengedepankan memberi dukungan daripada membanding-bandingkan.

4. Kebanyakan saat seseorang dibandingkan ia akan merasa dirinya terasingkan



Tentu. Tentu saja. Orang-orang yang dibanding-bandingkan akan merasa terasingkan sebab tidak sedikit dari mereka yang menganggap bahwa dirinya tidak lagi diinginkan saat orang-orang terdekatnya mulai membandingkannya dengan orang lain. Dan setelah merasa terasingkan, biasanya seseorang akan lebih menutup dirinya dari orang-orang sekitarnya. Yang lebih parah adalah jika orang-orang yang dibandingkan itu merasa dirinya tak lagi berharga dan pada akhirnya kehilangan semangat dan harapan untuk kembali melanjutkan kehidupan.


5. Mendukung seseorang sama saja memberi kebahagiaan baru



Kebahagiaan tidak hanya dibagi melalui pemberian materi, tawa, dan canda. Tetapi kebahagiaan juga dibagi melalui ucapan. Ucapanmu untuk mendukung dirimu sendiri atau mendukung orang lain, tanpa kamu sadari itu memberikan kebahagiaan tersendiri bagi mereka yang diberi dukungan. Percayalah, setiap manusia menyukai kelembutan dan kasih sayang. Dan memberi dukungan kepada seseorang adalah bentuk dari kasih sayang. Hingga setelah itu terbitlah kebahagiaan baru untuk orang-orang yang membutuhkan dukungan tersebut.

Nah, itulah 5 alasan mengapa memberi dukungan jauh lebih baik daripada membanding-bandingkan. Semoga kamu bukan salah satu orang yang suka membanding-bandingkan ya.


Narasi: murni imajinasi sendiri
Sumber gambar: google
hugomaran
tata604
lina.wh
lina.wh dan 13 lainnya memberi reputasi
14
2.9K
83
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan