CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bukan Korban, Anak-Istri WNI Eks ISIS Tak Bisa Ditangani LPSK
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4495e7c820840bac69136e/bukan-korban-anak-istri-wni-eks-isis-tak-bisa-ditangani-lpsk

Bukan Korban, Anak-Istri WNI Eks ISIS Tak Bisa Ditangani LPSK

Bukan Korban, Anak-Istri WNI Eks ISIS Tak Bisa Ditangani LPSK
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Edwin Partogi Pasaribu menyatakan, secara hukum anak dan istri WNI eks ISIS tak bisa disebut sebagai korban terorisme. Karena itu lembaganya tak bisa menangani perlindungan bagi mereka karena bukan korban pidana terorisme.

Menurutnya, seseorang dapat disebut sebagai korban jika mereka menjadi korban tindak pidana. Sementara dalam konteks persoalan ISIS tidak diketahui pasti siapa pelaku tindak pidananya.

"Kalau dia jadi korban, harus ada pelakunya. Kalau mereka yang bergabung dengan ISIS ini disebut dengan korban, terus pelakunya siapa?" kata Edwin ditemui usai diskusi di Kampus Universitas Indonesia (UI) Salemba, Jakarta, Rabu (12/2).

Pemerintah telah memutuskan untuk tidak akan memulangkan sekitar 689 WNI eks ISIS dan teroris lintas batas. Namun, pemerintah membuka peluang untuk memulangkan anak-anak dan perempuan WNI eks ISIS yang sama sekali tak tersangkut aksi terorisme.

Menurut Edwin, secara hukum positif anak dan istri eks ISIS tak masuk dalam kategori korban meskipun mereka diajak oleh ayah atau suaminya pergi ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS.

Oleh karena itu, kata Edwin, LPSK tak dapat melindungi para anak dan istri WNI eks ISIS yang saat ini tinggal dalam kamp pengungsian di Turki dan Suriah. Menurutnya, LPSK hanya dapat melindungi korban tindak pidana dan harus melalui proses hukum.

"Tapi ini kan tidak ada proses hukumnya kan. Harus ada kasus, ada proses penyidikan, kemudian ditentukan siapa korbannya. Kalau ini kan tidak ada," ujarnya.

Terlepas dari itu, Edwin mengatakan pemerintah perlu melihat sejumlah faktor yang membuat para WNI pergi ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS. Mulai dari motif hingga usia para WNI yang berangkat ke Suriah sejak beberapa tahun lalu itu.

"Apakah kepentingannya benar-benar ingin berjuang dan menjadi warga negara Islam (ISIS) kalau berhasil terjadi atau karena godaan pendapatan, atau hanya ikut-ikutan. Termasuk juga soal usia. Ada orang dewasa. Ada anak-anak," tuturnya.

Edwin menyebut penanganan terhadap ratusan WNI tersebut juga harus berbeda jika nanti pemerintah memulangkan anak-anak dan perempuan eks ISIS itu. Ia meminta pemerintah tak hanya melihat secara hitam-putih dalam kasus ratusan WNI eks ISIS.

"Jadi ada baiknya tidak hanya hitam atau putih, tapi harus dilihat kedalamannya, tingkat keterpaparannya seperti apa. Kemudian treatment-nya bagaimana," kata Edwin. (fra/osc)

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...ditangani-lpsk

End emoticon-Shakehand2



Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Skyk dan 22 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh LordFaries
Halaman 1 dari 20
+Salah postong hehehs+
Diubah oleh bani.bahlool
ya terserah pemerintah aja gimana nantinya soal anak² dari wni eks isis
Lihat 3 balasan
Anggota ISIS ex WNI.

Jgn dibalik2 ya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
capcayster dan 37 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Banyak anak-anak WNI yang disini lebih berharga dari pada anak-anak isis tersebutemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 18 lainnya memberi reputasi
LPSK mending fokus ngurusin trafficing perempuan (anak d bawah umur) yg marak sekarang.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jancoksss12 dan 17 lainnya memberi reputasi
Quote:


Tujuan Negara Republik Indonesia sendiri tertuang secara jelas dalam pembukaan UUD 1945 pada alenia empat. Tujuan Negara Republik Indonesia  tersebut berbunyi :

“Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia,memajukan kesejahteraan umum,Mencerdaskan kehidupan bangsa, melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan,  perdamaian abadi dan keadilan sosial. Dapat disimpulkan tujuan Negara Republik Indonesia adalah tujuan perlindungan,kesejahteraan,pencerdasan,dan pedamaian.

Berikut penjabaran tujuan Negara Republik Indonesia sesuai yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 pada alenia empat.

Tujuan perlindungan

Tujuan perlindungan terdapat dalam pembukaan UUD 1945 alinea keempat yang berbunyi  “Melindungi setiap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia” merupakan Tujuan dari Hal-hal yang termasuk untuk wajib dilindungi adalah semua komponen yang membentuk bangsa Indonesia, mulai dari rakyat, kekayaan alam, serta nilai-nilai bangsa yang patut dipertahankan.

Parameter atau ukuran subyek hukum warga negara sudah terlindungi adalah jika hak-haknya telah terpenuhi, berdasarkan hukum negara.  Hak warga negara Indonesia sendiri telah tercantum dalam UUD 1945. Hak-hak tersebut antara lain adalah hak asasi manusia, hak mendapatkan pekerjaan, hak perlindungan hukum yang sama, hak memperoleh pendidikan,dan lain sebagainya.

Kewajiban Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia bukan hanya tugas Negara atau pemerintah. Peran warga Negara juga dibutuhkan dalam melindungi bangsa.
profile-picture
profile-picture
monkeydragonrf dan RyoEdogawa memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Quote:


Teroris dan keturunannya basmiemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffreymaulana3 dan 7 lainnya memberi reputasi
Oper ke KPAI lah.. Enak aje mereka magabut
Quote:


Silahkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffreymaulana3 dan 2 lainnya memberi reputasi
orang jenius dari mana yg mengatakan anak2 adalah korban ISIS ?

sama saja mengatakan orang tua yg mendidik anaknya dgn islam juga adalah korban


katika ada orang tua mendidika anaknya dgn islam,
orang tua tsbt sudah bertanggung jawab penuh terhadap kerusakan mental dan otaknya di masa depan nanti,
jadi bukan lagi anak2 mereka disebut korban islam, tapi korban kebodohan orang tuanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DoDoLanDoDoL dan 8 lainnya memberi reputasi
anak2 keturunan PKI saja masih dicap PKI kok,
padahal mereka tdk tahu apa yg dilakukan ayah atau kakek mereka,


lantas mengapa anak2 islam ISIS harus dikatakan korban ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akun.baru dan 23 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
anak anak ISIS di jual aja jadi pemandu karaoke
trus di rekam pas lagi nganu biar ortu nya ngeliat
ane rasa itu hukuman setimpal atas kejahatan mereka menggal menggalin pala orang selama ini
Bukan Korban, Anak-Istri WNI Eks ISIS Tak Bisa Ditangani LPSK
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffreymaulana3 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yg anak2 dan wanitanya juga bantu siksa korban ISIS itu emoticon-Busa: jangan mau percaya kaum barbar
profile-picture
profile-picture
bajier dan ShanSneijder memberi reputasi
Bukan korban, tp calon pelaku teroris emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DalenMorgan dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh areszzjay
Quote:


Kalo PKI masih ketahuan ketika menyebarluaskan ajarannya. Dan mereka mendapatkan pengawasan ketat pada generasi awal.

Kalau ane setuju pemulangan anak Ex ISIS khusus usia Balita. Tapi masalahnya ibunya rela g anaknya pulang sendiri????

Sedangkan kalo PKI ortu nya setau ane udah hilang (koreksi kalo ane salah). Tersisa murni anaknya jadi masih bisa dididik ulang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DoDoLanDoDoL dan 2 lainnya memberi reputasi
subannalloh, mungkin bisa menghubungi kaskuser dimari @tsimtsum utk membantu anak-istri eks ISIS emoticon-Request

Bukan Korban, Anak-Istri WNI Eks ISIS Tak Bisa Ditangani LPSK
profile-picture
profile-picture
profile-picture
merseysidered dan 5 lainnya memberi reputasi
Anak2 di indo paling mainnya game tentengannya paling smartphoneemoticon-Bingung kl anak2 ex ISIS mainnya udah perang2an dan tentengannya minim pistol glock kl ngga AK47emoticon-Takut mo jadi apa generasi kita kedepan kl mereka pada dipulanginemoticon-Marah kl yg msh balita okelah ga mslh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ngapain diurusin, apa masih sulit mengatakan ISIS EKS WNI ya emoticon-Big Grin
Quote:


Udah sobek paspor jd bukan warna negara lg.emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan rocus777 memberi reputasi
Keluarganya pejabat mana sih yang ada di sana dan minta pengen pulang?
Kaya begini kok bisa jadi wacana nasional.
Halaman 1 dari 20


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di