Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

OjodupehAvatar border
TS
Ojodupeh
Kepala BPIP Sebut Agama Musuh Terbesar Pancasila, Golkar: Pikiran Sesat
Kepala BPIP Sebut Agama Musuh Terbesar Pancasila, Golkar: Pikiran Sesat

Kepala BPIP Sebut Agama Musuh Terbesar Pancasila, Golkar: Pikiran Sesat

Wakil Ketua Komisi VIII Ace Hasan Syadzily Ace Hasan (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Fraksi Golkar DPR RI angkat bicara terkait pernyataan Kepala BPIP Yudian Wahyudi soal agama menjadi musuh terbesar Pancasila. Golkar menilai pernyataan itu anggapan yang sesat.
"Pernyataan Kepala BPIP yang menyebut agama sebagai musuh terbesar Pancasila menurut saya sesat pikir," kata anggota DPR RI Fraksi Golkar Ace Hasan kepada wartawan, Rabu (12/2/2020).

Menurut Ace, perspektif Yudian justru salah jika menempatkan agama berhadapan dengan Pancasila. Ace menilai Pancasila harus dijadikan sumber utama nilai luhur dari tiap agama.

"Justru menempatkan agama dalam perspektif yang berhadap-hadapan dengan Pancasila merupakan kesalahan dan tidak pada tempatnya," ujarnya.

"Pancasila sebagai nilai-nilai kebangsaan kita, dalam pandangan saya justru salah satu sumber utamanya berasal dari nilai-nilai luhur yang dimiliki agama itu sendiri, apa pun itu agamanya," lanjut Ace.


Ace meminta Yudian meluruskan pernyataan itu. Sebab, menurutnya, akan menimbulkan kesalahan tafsir dalam konteks agama dan Pancasila.

"Dia menempatkan agama dalam pengertian yang sempit dan terbatas kepada hal-hal bersifat profan. Dia telah mereduksi makna dan hakikat agama sendiri. Ini pandangan yang justru harus diluruskan," ujarnya.

"Pernyataan seorang Kepala BPIP ini bagi saya dapat menimbulkan kesalahan tafsir serius dalam konteks bagaimana menempatkan agama dan Pancasila dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara," lanjut Ace.


Yudian Wahyudi sebelumnya menyinggung kelompok minoritas yang ingin melawan Pancasila. Menurutnya, hal itu berbahaya.

"Si minoritas ini ingin melawan Pancasila dan mengklaim dirinya sebagai mayoritas. Ini yang berbahaya. Jadi, kalau kita jujur, musuh terbesar Pancasila itu ya agama, bukan kesukuan," papar Yudian.

https://m.detik.com/news/berita/d-48..._beritaTerkait

Si Prof memang terkenal kontroversi di kampusnya,mungkin pendidikanya di Harvard University dan keseharianya yang sering bersosislisasi dengan bule amrik yang bikin dia berpikir musuh pancasila adalah agama dan sekularitas indonesia

Mulutmu Harimaumu

Diubah oleh Ojodupeh 12-02-2020 09:59
sebelahblog
4iinch
4iinch dan sebelahblog memberi reputasi
2
1.4K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan