Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

DiNa853Avatar border
TS
DiNa853
Deretan Kuliner Halal Korea yang Populer juga di Indonesia






Hai, Agan Sista.
Siapa sih yang nggak kenal Korea?
Segala macam kebudayaan, pernak-pernik, film, bahkan boyband dan boygirlnya sudah sangat digandrungi oleh anak muda jaman sekarang.

Tak hanya itu, beragam kuliner khas Korea pun sangat fenomenal di Indonesia. Nah, karena mayoritas penduduk Indonesia muslim, ada beberapa list makanan khas Korea yang patut dicoba nih, Gan Sis.

Apa aja, sih?
Let's checkidot!


1.Kimchi



Terbuat dari sawi putih atau lobak yang difermentasikan kemudian diberi bumbu khas Korea. Makanan ini biasanya digunakan sebagai pelengkap. Tidak mengandung unsur babi sehingga bisa dipastikan kehalalannya.

Uniknya ada 187 jenis kimchi loh, GanSis dan bisa bertahan hingga tiga tahun dengan catatan harus disimpan di dalam kulkas.

Kimchi ini termasuk salah satu makanan tersehat di dunia, GanSis, karena mengandung prebiotik dan antioksidan yang sanagt baik untuk kesehatan tubuh.

2.Bulgogi



Makanan ini sudah populer di Indonesia, pasti Gansis udah familiar juga nih dengan hiddangan ini. Makanan ini berbahan dasar daging yang diiris dan direndam dengan bumbu tertentu kemudian dipanggang.

Gansis muslim yang mungkin sedang merencanakan jalan-jalan ke Korea dan ingin mencicipinya bisa datang langsung ke Eid Halal Korean Food, Makan Restaurant atau Halal Kitchen. Ketiga restoran ini terjamin kehalalannya.

3.Bibimbap



Hidangan ini biasa disebut dengan nasi campurtapi bukan nasi rames ya, Gansis. Makanan ini dihidangkan di mangkuk bersama sayuran yang ditumis, daging sapi, telur kemudian dicampur dengan saus gochujang. Ada juga dolsot bibimbap yaitu versi lain dai bibimbap yang dihidangkan langsung di mangkuk batu.

Nah, buat gansis muslim yang ingin mencicipinya bila berkunjung ke Korea bisa datang langsung ke restoran halal.

4.Tteokbokki



Makanan ini juga sangat populer di Indonesia, Gansis. Melihat penampakannya saja sudah bikin ngiler 'kan? Yups makanan satu ini terbuat dari beras yang biasa dinikmati dengan bumbu gochujang dan rasanya pedas manis.

Biasanya sih banyak ditemui di pinggir jalan Korea. Tetapi, bila Gansis ingin memastikan kehalalannya bisa langsung datang ke restoran halal seperti Halal Kitchen.

5.Kimbab



Seperti bibimbap, kimbab ini merupakan campuran nasi, sayuran dan daging. Hanya saja kimbab dibuat dalam bentuk nasi gulung. Kalau di Jepang biasa disebut Sushi.

Nah, untuk Gansis yang sedang berlibur di Korea dan ingin menikmatinya tanpa ragu kehalalannya, bisa request langsung kepada penjualnya untuk tidak menambahkan sosis atau daging di dalamnya. Tenang saja, mereka nggak akan keberatan, kok memenuhi permintaan, Gansis.

6.Samgyetag



Kalau di Indonesia disebut sebagai Sup Ayam Gingseng. Terbuat dari ayam muda yang direbus dalam bentuk utuh kemudian diisi beras di dalamnya. Satu porsi biasanya dimakan oleh satu orang.

Gansis muslim yang ingin mencicipinya dalam kondisi halal cuss bisa langsung datang ke restoran muslim bila sedang di Korea.

7.Jajangmeyon



Makanan ini adalah mie khas Korea. Mie ini berasal dari China yaitu Zhaijiangmian.

Jajangmeyon adalah mie yang dilumuri pasta kacang kedelai hitam yang umumnya disajikan dengan tangsuyuk (daging babi/sapi asam manis) dan danmuji (asinan lobak Korea berwarna kuning)

Tak perlu risau jika Gansis ingin merasakan nikmatnya jajangmeyon yang halal cuss ke restoran yang telah memiliki sertifikat hala.

8.Eomuk



Jika jalan-jalan ke daerah Myeongdong, Gansis bisa menikmati eomuk yang dijual di kedai-kedai pinggir jalan.

Eomuk adalah makanan ikan yang dicampur tepung dan diberi bumbu. Kalau di Indonesia mirip baso. Eomuk kemudian ditusuk dan direbus ke dalam kaldu. Eomuk yang kenyal enak disantap dengan sup kaldu yang panas.

Sekarang, Gansis muslim bisa menikmati eomuk halal di Korea. Carilah kios-kios penjual eomuk yang memiliki papan berwarna kuning berlogo halal. Pastikan Gansis mengembalikan tusuknya kepada penjualnya, ya!

9.Hotteok



Kue jajanan Korea ini sejenia panekuk yang biasa populer saat musim dingin. Dibuat dari adonan tepung terigu dan tepung ketan yang dicampur dengan air, gula, ragi dan susu. Isinya biasanya kacang-kacangan yang dicampur madu dan gula merah.

Bagi Gansis yang vegetarian ada juga Yachae Hotteok yang berisi sayuran. Tak perlu ragu akan kehalalannya karean hatteok tidak mengandung unsur daging atau bahan tak halal lainnya.

10.Bungeoppang



Kalau di Jepang namanya Taiyaki. Berbentuk ikan yang dibuat dari tepung dengan isian pasta kacang merah. Kini hadir dalam berbagai varian rasa seperti keju, coklat bahkan sayuran.

Camilan khas Korea ini juga populer saat musim dingin. Gansis muslim bisa sepuasnya makan karena dijamin kehalalannya.

11.Jjimdak



Hidangan yang direbus atau dikukus ini berasal dari kota Andong. Bahan dasarnya ayam yang dimasak bersama wortel, kentang dan dangmyeong (soun kaca Korea) dan saus ganjang (saus kedelai Korea).

Agan dan Sista yang muslim bisa membelinya di restoran halal yang direkomendasikan yaitu Eid Korean Halal Food yang terletak di dekat Masjid Itaewon.



Nah, itu tadi Gan Sis beberapa deret kuliner khas Korea yang halal dan juga populer di Indonesia.

Salam KeKoreaan

Sumber
di sini

di sini juga
Diubah oleh DiNa853 13-02-2020 08:27
trifatoyah
ummusaliha
namkul8
namkul8 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.2K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan