GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Ternyata Macet di Google Maps itu Bisa Dibikin loh!

Dengan bantuan aplikasi yang namanya Google Maps, orang – orang sekarang udah bisa memilih jalan mana yang macet dan sepi ketika akan berpergian. Selain itu mereka juga tau berapa durasi perjalanan yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan, walaupun situasi jalanan lagi macet. Intinya dengan adanya Google Maps, perjalanan akan menjadi lebih mudah dan bisa terhindar dari macet.

Akan tetapi, banyak orang yang gak tau (termasuk Ane sebelum bikin thread ini) ternyata kondisi macet di Google Maps itu bisa direkayasa GanSis. Jadi warna merah, kuning, dan hijau yang muncul di peta digital tersebut bisa dibikin atau direkayasa.


Rekayasa ini sudah dilakukan oleh seorang seniman asal Jerman bernama Simon Weckert. Ia melakukan eksperimen untuk mengetahui bagaimana cara Google Maps menentukan jalanan yang macet.

Simon membawa 99 smartphone yang dimasukkan dalam sebuah gerobak kecil ke jalanan kota Berlin. Semua ponsel tersebut di setting lagi membuka aplikasi Google Maps. Hal ini dilakukan seolah – olah banyak orang yang buka Google Maps pada saat posisi di jalanan dan pergerakannya pelan (karena Simon cuman pake gerobak).


Dan ternyata eksperimen yang dilakukan Simon tersebut terbukti GanSis. Di aplikasi Google Maps terlihat jalanan yang dilalui Simon berwarna merah yang berarti jalanan tersebut macet. Kemana pun Simon pergi dengan gerobak yang berisi handphone tersebut, kondisi jalanan yang dilaluinya akan terlihat merah di Google Maps.

Pinter juga nih orang ya GanSis...hehe.

Nah terkait aksi Simon ini, pihak dari Google sempat menanggapinya GanSis. Menurutnya yang dilakukan seniman tersebut merupakan mekanisme yang digunakan Google Maps untuk memprediksi kondisi lalu lintas. Google memang menarik data lokasi dari ponsel yang menjalankan aplikasi Google Maps. Jika ada banyak ponsel di jalanan dan mereka bergerak lambat, maka aplikasi akan menunjukkan kalau lokasi tersebut jalanannya macet.

Sebenarnya Google udah bisa membedakan data dari yang menggunakan mobil dan motor. Tapi ini baru bisa terealisasikan di beberapa negara saja, termasuk Indonesia dan India.

Google menanggapi positif apa yang dilakukan Simon. Menurut mereka apa yang Simon kelak dapat membantu Google Maps dalam meningkatkan kemampuan aplikasi mereka.

Gimana menurut Agan dan Sista aksi dari Simon ini? Kalau Ane sih beberapa kali sempat ngalamin GanSis. Pas liat Google Maps, jalanannya warna merah, karena gak ada jalan lain yaudahlah Ane terusin lewat jalan tersebut. Taunya pas udah nyampe di TKP alias jalanan yang warna merah tadi, jalannya malah lancar jaya. Mungkin bisa aja ini yang Ane alamin GanSis, yang pake Google Maps di situ lagi banyak...hehehe



sebelahblog
4iinch
onik
onik dan 12 lainnya memberi reputasi
13
5.3K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan