RifanNazhifAvatar border
TS
RifanNazhif
5 Hewan Berusia Spektakuler Di Dunia


Rata-rata usia manusia jaman now versi umat Islam---merujuk umur Rasulullah---adalah 63 tahun. Lalu, bagaimana dengan usia makhluk lain? Apakah mereka hanya bertahan  hidup di bawah jatah  manusia? Anggapan ini belum tentu  benar.

Tercatat ada 5 binatang yang berusia spektakuler alias berumur panjang. Bahkan di antaranya ada yang melampaui usia manusia. Binatang apa sajakah itu?




1.Ubur-ubur
Jenis ubur-ubur yang diberi nama turritopsis dohmiii ini memiliki usia terpuanjang di dunia. Kamu mungkin menebak 100 tahun. Itu jelas salah. 1000 tahun? Masih belum tepat. Ubur-ubur ini berusia paling spektakuler, yakni abadi. Artinya, sebelum dunia kiamat, hewan ini masih bisa hidup kecuali dibunuh.  Jadi yang pantas mengungkapkan rayuan kepada pasangan tentang  “sehidup-semati” hanyalah jenis turritopsis dohmiii ini. Kalau manusia  “sehidup-semati”  itu bisa diterjemahkan;  satu hidup satu mati.

Ubur-ubur abadi  ditemukan  pada 1883 di Laut Mediterania. Diprediksi dia berasal dari Pasifik.  Saat ini si ubur-ubur  bisa ditemukan di beberapa belahan dunia berkat migrasi trans-Arctic.




2.Spons Laut
Pernah menonton film Spongebob? Selamat, kamu telah menonton animasi hewan  laut berusia spektakuler yang disebut spons laut. Mungkin karena dia hampir serupa spons di dapur bunda. Hewan ini bisa berusia  hingga  10 ribu tahun. Meski melihat bentuknya seperti tumbuhan laut, sehingga orang menganggap masih varian tumbuhan, apalagi hewan satu ini memang tidak bergerak, kecuali Spongebob tentunya. Tapi tetap saja dia digolongkan  jenis hewan.



sumber ilustrasi

3. Quahog Samudera                


Hewan berjenis kerang-kerangan ini berusia rata-rata 400 tahun. Tapi dikabarkan bisa hingga 507 tahun. Tapi berhubung kerang sering diburu sebagai makanan, maka akan sulit bagi hewan ini mencapai usia rata-rata itu.

Sekitar 2006, sekelompok peneliti menemukan Quahog berusia 507 tahun di Islandia. Namun kondisinya sudah mati. Kerang ini diberi nama Ming, karena diprediksi dia hidup pada masa pemerintahan Dinasti Ming.


sumber ilustrasi

4.Hiu Greenland


Hiu ini bisa bertahan hidup hingga 200 tahun, tapi ada juga yang berusia 400 tahun. Diperkirakan hiu ini bisa bertahan hidup lama, disebabkan pertumbuhannya sangat lambat, yakni 1 cm per tahun, sehingga mencapai usia dewasa setelah 100 tahun. Wah,asyik sekali, ya. Masa kanak-kanak hiu ini sangat panjang.




5.Paus Kepala Busur Atau Bowhead
Paus ini disebut kepala busur karena dia memiliki tengkorak panjang.  Dia  bisa bertahan hidup hingga  200 tahun lamanya. Selain berumur panjang, ada hal unik tentang hewan satu ini. Dia adalah salah satu vokalis, sang ahli jazz yang luar biasa.  Dari 2010 hingga 2014, berbekal  mikrofon bawah air, para peneliti melakukan penelitian terhadap sekitar 300 paus kepala busur tersebab nyanyiannya,Teridentifikasi 184 lagu berbeda mereka perdengarkan , dan sepertinya itu merupakan tampilan reproduktif dari pejantan.

Sedikit melenceng dari benang merah, apakah kamu ingin berumur panjang? Pastinya! Kalau tidak ingin berumur panjang mengapa setiap ulang tahun,  rata-rata orang akan menyanyikan lagu  dengan lirik panjang umurnya, panjang umurnya. Bila demikian, apakah di hati kecil setiap insan ingin panjang umur? Bisa iya, bisa tidak. 
Ingin panjang umur mungkin akan dikatakan yang masih  berusia tujuh puluh tahun ke bawah.  Kendati umur tujuh puluh tahun ke atas juga mengatakan yang sama, tapi hati kecilnya terkadang berbicara  lain. Hal ini terjadi kepada ayah dari salah seorang teman saya. Waktu itu si ayah hampir berusia 80 tahun.  Kira-kira dia mengatakan demikian, “Ayah ingin sekali bertemu orang yang bisa ayah panggil abang atau kakak.” Artinya , saat itu semua orang adalah adiknya. Artinya lagi, hidup panjang umur  mulai  membosankan ketika seseorang itu yang paling tua di lingkungannya. Terkadang enak menasehati orang karena kita paling tua. Sebaliknya kita terkadang ingin dinasehati oleh orang yang lebih tua. Permisi.

Sumber 1
sumber 2
sumber 3

00oo00

 
 
 
Diubah oleh RifanNazhif 05-02-2020 08:10
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 36 lainnya memberi reputasi
35
10K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan