iskrimAvatar border
TS
iskrim
E-Tilang Berlaku Juga Untuk Motor, Siapa Takut! Ini Tips Manjur Dari Saia
ntmcpolri

[ HT# 566 ]

Halo man-teman gan en sista, jumpa lagi bersama iskrimdisiniiii, maap baru sempat nulis lagi nih dikarenakan kesibukan lain yang juga tak kalah seru di kehidupan dunia nyata saya, hehe.

Iya, baru beberapa hari lalu dapat kabar kalau penerapan E-Tilang telah berlaku juga buat pengendara motor (pemotor), khususnya di kota besar seperti Jakarta. E-Tilang yang sebelumnya hanya ekslusif bagi kendaraan roda empat atau lebih kini merambah lebih luas ke kendaraan yang lebih kecil, sepeda motor yang nyata-nyata jumlahnya berkali lipat dari kendaraan lain di jalan raya.


kabarberita

Tentu saja, setiap kali ada kebijakan baru yang di buat oleh pemerintah kali ini mengenai aturan lalu lintas di jalan biasanya menuai pro dan kontra. Ah, itu sudah biasa buat saya. Ya, mau bagaimana lagi, kalau memang tujuannya baik buat kita semua tidak ada pilihan lain untuk mengikuti aturan yang ada. Seperti halnya kebijakan dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya sejak Senin, 3 Februari 2020 telah secara resmi menerapkan tilang elektronik bagi pengendara motor, khususnya di Jakarta banyak menuai komentar yang beragam.

Bicara E-Tilang yang dimaksud bukan hanya persoalan pelanggaran tata tertib lalu lintas seperti pemotor menerobos lampu merah, melintasi marka jalan utuh, melawan arus, menggunakan ponsel saat berkendara, naik ke trotoar, tapi juga persoalan perlengkapan syarat dasar keselamatan berkendara seperti tidak memakai helm, lampu tidak menyala dan lain sebagainya.


ntmcpolri

Jumlah kamera CCTV, Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang baru di tempatkan di beberapa titik tentu membuat pemotor yang belum mengetahui sedikit bertanya-tanya dimana saja lokasi yang dimaksud.

Tapi bagi saya bukan itu persoalannya atau berapapun jumlahnya, meskipun hingga jutaan kamera CCTV ETLE di pasang di setiap jalan semua kembali ke pribadi masing-masing pemotornya, disiplin berlalu lintas atau tidak, dewasa dalam berkendara atau tidak, ini yang sampai saat ini masih menjadi pe-er bagi dunia berkendara di negeri ini, bukan harus di sentil dahulu baru mau berubah, sampai kapan? Jawabannya kembali kepada diri masing-masing. Hm.


Sistem E-Tilang 24 jam, sebagai teknologi terbaru tentu masih belum menjadi solusi sempurna saat ini, tapi setidaknya ini menjadi salah satu cara terbaik bagi pihak kepolisian saat ini untuk menekan jumlah pelanggaran di jalan, menekan jumlah kecelakaan dengan cara memantau dari kejauhan, menjadi lebih efektif dan praktis, dan tentu saja menurut teman saya ini bisa mempersempit dan meniadakan 'negoisasi' dari oknum yang bermain dan tidak bertanggung jawab di lapangan.

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya di atas, berapapun jumlah kamera CCTV ETLE terpasang jika pengendara motor, roda empat dan lebih tak perlulah kita harus merasa risau dan ragu selama kita benar-benar melengkapi dokumen berkendara, mentaati peraturan lalu lintas, dan tata tertib di jalan.

Buat saya penerapan E-Tilang ini sebagai pengingat saja, bukan menjadi suatu hal yang membuat kita akhirnya jadi merasa terbebani atau di batasi ruang gerak kita saat beraktifitas di jalan raya.

Ya, seperti halnya penerapan plat nomor kendaraan Ganjil dan Genap, bagi saya bukanlah hal yang harus di risaukan karena tujuan pemerintah itu baik buat kita semua.




Jadi, mulai sekarang yuk kita tertib, santun, dan dewasa berkendara di jalan supaya kita juga bisa menginspirasi pengendara yang lainnya. Kalau sudah tertibkan semua akan sama-sama senang dan bahagia.

Ayah-anak senang karena berangkat-pulang tidak pernah terlambat, ibu pun juga senang karena berangkat-pulang dari mall tidak pernah terhambat, haha.
emoticon-Ngakak





Copyright © 2016 - 2020 iskrim

All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: Sebuah opini, ntmcpolri | Sotoshop : iskrim  



Diubah oleh iskrim 06-02-2020 22:33
dimaz.habib
nona212
tien212700
tien212700 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
9.4K
120
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan