CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sinyal HP Suka Lemot Saat Hujan, Mengapa? Ini Dia Alasan nya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e39171ffacb9523bf2d8776/sinyal-hp-suka-lemot-saat-hujan-mengapa-ini-dia-alasan-nya

Sinyal HP Suka Lemot Saat Hujan, Mengapa? Ini Dia Alasan nya

Sinyal HP Suka Lemot Saat Hujan, Mengapa? Ini Dia Alasan nya
sumber gambar; cnnindonesia.com

Indonesia merupakan negara tropis, yang dimana dalam iklim negara tropis ada musim hujan yang akan turun di beberapa waktu. Ngomong-ngomong soal hujan, pasti agan pernah ngalamin saat hujan turun dan tengah asyik main game atau nonton youtube, eh tiba-tiba sinyalnya lelet, atau kadang suka timbul tenggelam. Tentu hal semacam ini akan sangat membuat kita jengkel bukan? Namun ternyata ada hubungannya lho antara kondisi hujan dengan sinyal hp yang mendadak lelet, berikut ulasanya.
BACA JUGA: Pak Ustad Ini Kerap Sponsori Klub Bola, Keren!
Spoiler for spoiler:

Seperti dikutip dari cnnindonesia.com dan idntimes.com (4/2/2020), Ada beberapa alasan mengapa sinyal Ponsel atau khususnya jaringan internet kerap naik turun jika hujan tiba. Penjelasan ilmiahnya adalah secara garis besar gelombang radio yang terdapat di layanan seluler diantarakan melalui ion-ion positif dan bertebaran di udara, nah ion-ion itu akan berubah dan terpengaruh oleh kondisi cuaca (termasuk hujan). Dan apabila ada hujan atau angin kencang maka susunan ion tersebut akan semburat atau menjadi tak beraturan, sehingga ketika mengirimkan dan menerima sinyal ke ponsel akan sedikit terhambat.
BACA JUGA: Syarat Nikah di Desa Ini, Mempelai Wanita Harus Masih Perawan

Beberapa alasanya adalah:

1. Sinyal Terhalang Air Hujan


Air mempunyai sifat penghantar listrik dan bisa memantulkan gelombang radio. Sementara uap air bisa menyerap energi sinyal radio dan lalu mengubahnya menjadi panas. Maka semakin tinggi curah hujan akan semakin tinggi pula kmampuanya meredam ion-ion poitif yang ada di udara.

2. Sinyal Mengikuti Arah Angin
Saat hujan tak jarang juga terjadi angin yang cukup kencang, jadi ion-ion positif yang berada di udara tadi akan semakin tak beraturan, sehingga kecepatan nya pun akan menurun.
3. Sinyal Operator Sibuk
Disaat hujan turun, otomatis aktifitas luar ruangan masyarakat akan berkurang, mereka akan cenderung berada di tempat teduh atau lebih nyaman berada di dalam ruangan. Hal inilah yang kemudian membuat orang-orang yang seharusnya saat itu sedang beraktifitas diluar ruangan justru sedang asyik memainkan ponsel mereka (main game, nonton youtube, browsing, main medsos, dll), akhirnya sinyal operator menjadi sibuk karena dipakai secara bersamaan oleh banyak orang di satu waktu yang sama, sehingga akhirnya sinyal lelet.
BACA JUGA: Deretan Makanan Aneh Pasar Beriman, Tikus Asap, Sate Biawak, Ular Santan, dan Monyet Bumbu Kuning

Spoiler for spoiler:


LIhat Video Berikut


Sumber vide; Youtube/@IlmuRekayasa

4. Kapasitas Menara Seluler Full
Menara Seluler sebenarnya dirancang dengan kapasitas koneksi yang telah ditentukan, jadi apabila satu menara telah full koneksi maka koneksi lain yang baru datang akan dialihkan ke menara lain, jadi inilah juga menghambat sampainya koneksi ke HP kita.


5. Tergantung Operator Apa Yang Agan Pakai
Saat hujan turun masing-masing operator akan mengalami hal yang tidak sama, ada yang jaringanya tetap stabil,ada pula yang naik turun. ini tergantung dari kecanggihan alat yang dimiliki operator seluler, ini kerap kita alami apabalia sedang Mabar Game, Sedang berada di tempat dan cuaca yang sama, namun kadang setiap player mengalami gangguan seluler yang berbeda (karena berbeda operator yang digunakan).

(SUMBER: Cnn Indonesia, IdnTimes)


emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Baca Juga HotTread Ane Yang Lain Gan
emoticon-Big Grin
1. Listrik Kerap Padam Saat Hujan? Ternyata Ini Alasan nya


2. Mengaku Orang Susah Saat Audisi LIDA Indosiar, Peserta Ini Mendapat Tanggapan Pedas Netizen
3. Mengapa Selalu Ada Anak-Anak Yang Digandeng Pemain Saat Pertandingan Bola? Ini Alasan nya
4. Miris, Stadion Besar 800 Milyar Ini Terbengkalai
5. Pembunuhan Sadis Gadis 18 Tahun Terbongkar, Pelaku Terancam Hukuman Mati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fazry281 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dionlanang
Halaman 1 dari 2
nice info gan, kebanyakan operator eksel ama tre bikin susah sinyal pas ngenet waktu hujan lebat di area rumah ane emoticon-Big Grin
Quote:


sama gan, klo ujan ane jg kadang ngeluh sinyal wlwpn gak selalu sih. Justru lebih sering di jam2 petang ke malem itu malah justru sering lemot. Klo dirumah ane eksel sm tre justru malah kagak ada sinyal gan, jd jarang bats org pake operator itu
banyakan pake wifi ane,nggak di rumah nggak di kantor,kadang paket utuh 1 bulan nggak ke pake emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Tre ane musim ujan ini muter yutub di 240p aja ngadat euy
Lihat 1 balasan
terlalu tinggi loe klo mikir,
sinyal hp kurang klo lagi hujan yak ..
emang kitak2 mengurangi daya pancar,
takut kena petir emoticon-Ngakak
emang iya, apalagi ane sekarang pake provider yang murah meriah, jadi ya jangan protes kalo sinyal ilang ilang pas musim ujanemoticon-Cape d...
Tapi abis ujan lancar jaya lagi sih
nice info gan.. untungnya provider ane sinyalnya relatif aman terus meskipun lagi hujan deres sekalipun hehehe emoticon-2 Jempol
Ane udh deg2an bacanya.. Takut2 endingnya malah promo.. Fiuh leganyaaa....
kalo ditempat ane 4g nya lebih kenceng dari 4g+
Kabel Fiber laugh in hidden emoticon-Leh Uga emoticon-Cendol Gan
ealah baru tahu ane gan...
Ini thread ada pelajaran ipanya juga eh ternyata. Kalo dikerjaan ane kadang ngusahain pake wifi jadi yg lelet itu sinyal wifinya. Soalnya biasa ane pake paket bawaan orot sendiri. Eh sorry ini malah curhat
mantap gan infonya sangat membantu ane yang penasaran kenapa pasti kalau hujan sinyal agak ngadat haha
mantep, ane jadi tahu kenapa jaringan internet ane selalu gak stabil pas hujan. hahahaha
dari dulu ane dah mikir juga. Kenapa setiap hujan deras internet selalu susah, padahal sinyal masih tetap full bar. Ane dah nebak sinyal internet pasti terhalang oleh air hujan. Cuman ane gak bisa menjabarkan dengan kata² yg indah. emoticon-Big Grin
teknologi pun tak kuasa melawan kehendak alam
kalau dari segi perilaku konsumen yaitu biasanya kalau lagi hujan orang jadi malas keluar atau aktivitas jadi berhenti sampai hujan berhenti. Daripada bengong nunggu hujan akhirnya pada main HP, hasilnya trafik jaringan jadi naik internet jadi lambat
O gt y emoticon-Wow
pantesan kalo ujan bawaannya jadi emosi mulu kalo internetan..
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di