salamsetirkiriAvatar border
TS
salamsetirkiri
Ingat! 1 Februari Tilang Elektronik Motor Mulai Berlaku

Agan dan Sista mungkin udah ada yang tau kalau di Jakarta bakalan diterapin tilang elektronik untuk sepeda motor. Layaknya ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) pada mobil, ETLE pada motor juga memiliki sistem yang sama, paling yang ngebedain adalah jenis pelanggarannya. 

Aturan ini akan diterapin mulai 1 Februari ini GanSis. Paling 1 atau 2 hari sebelum itu pihak kepolisian akan melakukan ujicoba. Selanjutnya kemungkinan besar pada minggu pertama belum ada penilangan, tapi pihak kepolisian akan memberikan pemberitahuan atau sosialisi terlebih dahulu.


Ada beberapa jenis pelanggaran yang ditindak oleh pihak kepolisian, diantaranya:

Gak pake helm

Udah jelas ya GanSis, namanya naik motor ya harus pake helm, kalau gak pake berarti harus siap dengan penindakan dari polisi. Sesuai dengan isi pasal 290, Bagi yang tidak menggunakan helm sesuai standar saat mengendarai sepeda motor, maka akan di hukum kurungan paling lama 1 bulan atau denda Rp 250 ribu. Jangan sampe gak pake helm ya Gan, bukan biar gak ditilang ya, tapi untuk keselamatan berkendara.

Main handphone

Nah, sering banget Ane temuin di jalanan nih GanSis. Pengendara yang main handphone sambil bawa motor. Dari info yang Ane baca GanSis, katanya kalau pakai GPS dari smartphone gak ada masalah, tapi kalau sambil ngetik – ngetik, baru kena GanSis. Kecuali sebelum ngetik berhenti dulu GanSis...hehe. Main handphone sambil berkendara tu gak hanya ngebahayain diri pengedara loh GanSis, tapi pengendara lain juga loh...

Melanggar rambu dan marka jalan

Ini buat yang sering muter balik sembarangan hati – hati ya dan jangan kaget nanti kalau tiba – tiba kalian dapetin surat tilang. Mematuhi rambu lalu lintas tu buat keselamatan kita loh dan buat kelancaran lalu lintas juga GanSis. O iyah GanSis, ini termasuk juga yang sering nerobos jalur busway dan jalur sepeda ya.

Menggunakan pelat palsu

Penggunaan pelat palsu juga bakalan terdeteksi oleh tilang elektronik GanSis. Kalau Agan dan Sista ngelanggar ini, hukumannya lumayan loh, yakni kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

Tuh GanSis, mulai tanggal 1 Februari 2020 ya. Walaupun gak ada polisi jalanan, bukan berarti kita gak bisa ditilang jika melanggar.


 


ewaneyla99
nona212
tien212700
tien212700 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
9.5K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan