Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

IrhasafAvatar border
TS
Irhasaf
Penjajah Yang Pernah Dijajah
Penjajahan di Dunia ini

Penjajah Yang Pernah Dijajah

Abad ke 16 dan 17 masa dimana gencar-gencarnya penjajahan di dunia ini yang dilakukan oleh bangsa Eropa untuk meraup keuntungan untuk negaranya dari sumber daya yang ada pada daerah tersebut.
Namun ternyata ada beberapa negara-negara penjajah yang pernah dijajah oleh negara lain, sehingga pepatah yang mengatakan kehidupan seperti roda itu berlaku juga untuk penjajahan.
Ada yang tau kah negara apa saja yang pernah dijajah dan menjadi penjajah? Yuk langsung simak aja di bawah ini dari pada kalian penasaran.

1. Belanda

Penjajah Yang Pernah Dijajah

Belanda adalah salah satu penjajah yang sadis di dunia karena menjadikan rakyat indonesia pekerja yang membuat jalan dari anyer sampai panarukan dan bukan hanya Indonesia saja yang menjadi korban, Suriname, Banglades, Myanmar, dan Tobago adalah korban lain dari kekejaman Belanda. Namun di balik itu semua Belanda adalah negara yang pernah dijajah 3 kali oleh negara lain, pada abad ke 16 Belanda dibawah pimpinan Wangsa Hapsburg, lalu negara ini berhasil di kuasai oleh Spanyol dan satu abad kemudian dapat di rebut oleh Napoleon Bonaparte, lalu dia memberikan kedudukan raja kepada adik kandungnya Louis Napoleon, setelah Napoleon mengakui kekalahannya, akhirnya belanda dapat merebut kemerdekaannya pada tahun 1813 dan mendirikan kerajaannya pada tahun 1815.

2. Amerika Serikat

Penjajah Yang Pernah Dijajah

Mungkin kita tidak percaya mendengar Amerika pernah dijajah, namun faktanya As pernah di jajah oleh Inggris. yang bermula dengan datanganya orang-orang Spanyol, Perancis, Belanda, dan Inggris. Lalu inggris membuat 13 koloni yang hampir dua setengah juta penduduk, lalu mereka berkembang, lalu mereka membuat sistem politik dan hukum sendiri. Sehingga membuat konflik yang panas antara Amerika dan Inggris yang berujung perang pada tahun 1775. Dan membuat revolusi Amerika, koloni-koloni menyatakan kemerdekaannya dari kerajaan Britania Raya dan mendirikan Amerika Serikat pada tahun 1776.

3. Perancis

Penjajah Yang Pernah Dijajah

Perancis adalah salah satu penjajah yang sadis dan salah satu kekaisaran terbesar kedua setelah Inggris namun Perancis pernah di jajah oleh Jerman. Jerman selain menghabiskan sumber daya makanan dan tenaga kerja mereka juga menghabisi para pengikut yahudi. chales de gaulle memimpin pergerakan kemerdekaan Perancis, dengan satu persatu merebut daerah kekuasaan Jerman di Perancis dan pada tahun
1944 mendapatkan kemerdekaan.

4. Britania Raya

Penjajah Yang Pernah Dijajah

Britania pun pernah di jajah oleh Romawi secara bertahap dalam waktu yang sangat lama yaitu 367 tahun, Britania di ambil sumber daya alamnya terutama emas dan perak.

5. Belgia

Penjajah Yang Pernah Dijajah

Belgia adalah penjajah wilayah kongo. Namun Belgia pernah di jajah sewaktu Belgia masih satu wilayah dengan Belanda. Dan wilayah itu dijajah oleh Spanyol dan Perancis, tak janya itu jerman pun pernah menduduki belgia saat Perang Dunia ke II dan mendapatkan kemerdekaan pada tahun 1830.

Nah itu dia negara-negara besar dan hebat yang pernah merasakan pahitnya dijajah, dan tak di sangka inggris negara penjajah terhebat pernah dijajah oleh Romawi selama 360 tahun lebih dari Indonesia yang dijajah Belanda.


Sumber : opini pribadi
Referensi : link, Link, Link, Link
ElviHusna
anasabila
4iinch
4iinch dan 9 lainnya memberi reputasi
8
3.2K
19
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan