utay91Avatar border
TS
utay91
FAKTA UNIK DIBALIK ALBUM OCTAVARIUMnya DREAM THEATER
Bagi agan-agan yang udah tau band rock prog ini, pasti udah tau gimana skill permainan 'en kejeniusan mereka dalam membuat konsep album. kali ini ane mau sekedar share about
FAKTA UNIK DIBALIK ALBUM OCTAVARIUMnya DREAM THEATER


nah, langsung aja deh kita emoticon-Ngacir2ke tema

1 pada cover, terdapat 8 buah bandul yang jumlahnya 8, kita maknai bahwa itu menandakan album ini yang ke 8 (studio album) yang mereka buat, dan juga berisi 8 buah lagu.

Spoiler for cover album:


2bandul dan 5 ekor burung juga menandakan bahwa itu adalah tangga nada, yang diawali dari nada F yang berakhir satu oktaf di posisi semula. perlu diketahui, The Root of All Evil, lagu pertama album ini diawali dengan nada dasar Fminor, dan seterusnya hingga lagu terakhir, Octavarium juga bernada dasar Fminor. burung menunjukan kelima personil DT.

Spoiler for coretan:


dan ini yang lebih bisa dimengerti

Spoiler for cover belakang:


3intro dalam album ini adalah terusan dari akhir lagu di In The Name Of God nya album Train of Thougt yaitu album sebelum Octavarium. penasaran?? coba putar kedua lagu itu di winamp atau pemutar musik lain, dengan susunan tadi. sebenarnya konsep sambung album ini sudah diterapkan dari album Metropolis pt2 : scenes from a memory sampai album ini.

4 coba perhatikan, burung juga menandakan jembatan dari lagu ke lagu. burung pertama adalah suara kicauan burung, penyambung lagu pertama, ke lagu kedua,dimana F dijembatani F# untuk menuju ke G (dalam minor).dari lagu dua ke lagu tiga (G-A(dalam minor) dijembatani suara pitch bend piano/keyboard(G#m). begitu pula dari lagu tiga ke lagu empat (Am-Bm) dijembatani suara angin, detak jantung dan detak jam (A#m). namun, dari lagu empat ke lagu lima tak ada suara untuk menjembatani (Bm-Cm(kalo ada rumusan B#m, gw bunuh diri deh emoticon-Malu (S)) juga dari lagu ke tujuh menuju lagu delapan (Em-Fm). jembatan ke empat (C#m) adalah suara solo synth yang keluar dari jari sang Jordan Rudess. dan jembatan terakhir, atawa ke lima (D#m) adalah suara orang membacakan berita.

5 lagu ini berdurasi 24:00 menit, dimana ini memaknai dari konsep album ini, album yang menyampaikan inti makna bahwa semua berawal saat datangnya akhir, juga penyampaian makna bahwa kehidupan itu berputar bagai bumi yang mempunyai waktu 24:00 jam dalam sehari.

6 akhiran lagu dalam Octavarium adalah intro di lagu awal, yaitu The Root of All Evil. dan ingat, the story ends where it began. konsep album ini menceritakan tentang dimana awal itu berada saat semua berakhir.


sekian dulu info musik dari ane. lebih jelas liat aja di blog ane. oke gan, untuk penghormatan,

CHEEEERRRRRSSSS!!!! emoticon-Toast

Spoiler for ada tambahan dari agan nih:
Diubah oleh utay91 14-10-2013 08:20
0
15.2K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan