Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

joko.winAvatar border
TS
joko.win
Risma Dinilai Jadi Penentu Karier Politik Anies Jika Maju Pilgub DKI 2022
Jakarta - Pengamat politik Burhanuddin Muhtadi menilai apabila Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharani (Risma) maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta maka pertarungan yang menarik akan terjadi. Dia menilai Risma juga berpotensi sebagai penentu karir politik Gunernur DKI Jakarta saat ini, Anies Baswedan.

"Bu Risma belakangan ini menguat, dan saya kira PDIP akan mencermati jeli. Kalau dia (Risma) diajukan ke Ibu Kota, itu menarik," ujar Burhan di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.


Baca juga:Risma Diminta Selesaikan Sampah DKI, PD: Silakan Maju Pilgub Selanjutnya


Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia itu mengatakan PDIP akan mendapatkan keuntungan jika mengusung Risma di DKI Jakarta pada Pilkada 2022. Menurutnya Risma terbukti sukses menjadi Wali Kota di Surabaya.

"Tentu PDIP mendapat insentif positif karena bagaimanapun Bu Risma kader PDIP yang terbukti sukses di Surabaya," kata dia.


Baca juga:Fakta Menarik Risma yang Diserang Anggota TGUPP Anies


Burhan mengatakan PDIP juga akan kebal apabila dihantam isu politik identitas. Burhan juga menilai Risma berpotensi jadi penentu karir politik Anies Baswedan.

"Kalau dihantam isu politik identitas, Bu Risma pakai jilbab. Jadi itu menjadi pertandingan yang menarik dan itu bisa menjadi penentu karir Anies Baswedan. Kalau dia (Anies) kalah di 2022, mimpi 2024 akan terkubur lebih cepat," kata dia.

"Bu Risma bisa menutupi kelemahan Ahok, dari sisi kapasitas dan rekam jejak, sama-sama punya pengalaman di pemerintahan, tapi kalau di sisi gender tidak berdampak signifikan dari agama," kata dia.


Sehingga Burhan menyarankan, pada Kongres nanti, PDIP mulai mencari nama-nama yang akan diusung di Pilkada mendatang. Apabila PDIP banyak memenangkan Pilkada, merupakan langkah positis untuk menang pada Pemilu 2024.

"Kongres ini kalau mau serius di 2024 itu langsung di-list calon-calon yang mau diusung Pilkada 2020 karena itu pemilu yang diikuti lebih dari separoh pemilih di 270 daerah. Artinya jika banyak menang di Pilkada tahun depan itu jadi investasi sangat positif buat PDIP untuk maju dan menang lagi d 2024," lanjutnya.

https://m.detik.com/news/berita/d-46...aju-pilgub-dki
sebelahblog
4iinch
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.6K
27
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan