Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nofivinovieAvatar border
TS
nofivinovie
Harga Mahal Tiket Masuk TNK, Jangan Sampai Masyarakat Hanya Jadi Penonton Gratisan!


Hai, GanSis, ketemu lagi sama ane dengan trit yang berbeda. Kali ini ane mau ikut beropini tentang rencana menjadikan Pulau Komodo wisata eksklusif.



Ane belum pernah ke sana, tapi yakin kalau di Pulau Komodo itu memang benar-benar indah. Ane juga belum pernah ke sana, tapi yang tampak di video-video dari vloger-vloger, di sana sangat luar biasa.

Luar biasa karena komodo hanya ada di Indonesia.

Mirisnya banyak tangan-tangan jail yang merusak lingkungan. Akibatnya habitat komodo jadi terganggu. Belum lagi makanan komodo yang juga banyak diburu.

Makanan diburu manusia, maka komodo kelaparan.

Komodo akhirnya punah seperti yang ada di Pulau Padar, TNK. Harusnya kita menjaga. Komodo itu hanya ada di Indonesia, jangan sampai anak cucu kita kelak hanya mendengar cerita tentang binatang purba itu.

Jika benar rencana menjadikan Pulau Komodo wisata eksklusif direalisasikan, semoga komodo kita tetap terjaga.



Jika benar rencana itu dilakukan, semoga masyarakat Komodo dapat ikut menikmati hasilnya. Akan sangat ironis jika yang terjadi justru sebaliknya. Masyarakat harus dinomorsatukan. Itu!

Jangan jadikan masyarakat sebagai penonton gratisan! Masyarakat Komodo sebagian besar menggantungkan hidup pada wisatawan. Mereka menjual souvenir, menjadi tour guide, dan beberapa yang menyewakan perahu.

Ane tentu akan senang dan bangga jika Indonesia semakin dikenal dunia lewat wisata eksklusifnya. Tapi yang mengganjal di dalam hati ane, akankah Pulau Komodo ditumbuhi beton? Kalau jawabnya iya, sayang sekali.



Dengan adanya resortatau bangunan sejenisnya di sana, tentu akan berpengaruh buruk terhadap habitat komodo. Katanya komodo harus liar. Jadi jika demikian, lebih baik Pulau Komodo dijauhkan dari beton.

Masyarakat setempat saja dipindahkan, maka jangan masukkan orang asing untuk menginap di sana dalam resort-resort mewah! Begitu baru adil. Jadi berwisatalah tanpa menginap di habitat komodo! Setuju kagak, GanSis?

Sekian dulu opini ane.

Kalau ada yang kurang berkenan mohon dimaafkan!

Sampai jumpa di trit ane berikutnya, GanSis!





Opini pribadi dengan referensi dan gambar dari sini, dan di sini
Diubah oleh nofivinovie 10-11-2019 07:37
amikurnia
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 14 lainnya memberi reputasi
15
972
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan