CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sinta Nuriyah: Jilbab Tak Wajib Bagi Perempuan Muslim
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e20674f4601cf61fa7d88b8/sinta-nuriyah-jilbab-tak-wajib-bagi-perempuan-muslim

Sinta Nuriyah: Jilbab Tak Wajib Bagi Perempuan Muslim

Sinta Nuriyah: Jilbab Tak Wajib Bagi Perempuan Muslim


TEMPO.CO, Jakarta - 
Sinta Nuriyah, istri Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur mengatakan bahwa perempuan muslim tidak wajib untuk memakai jilbab. Ia pun menyadari bahwa masih banyak orang yang keliru mengenai kata jilbab dan hijab.

Menurut dia, hijab tidak sama pengertiannya dengan jilbab. "Hijab itu pembatas dari bahan-bahan yang keras seperti kayu, kalau jilbab bahan-bahan yang tipis seperti kain untuk menutup," kata Sinta di YouTube channel Deddy Corbuzier pada Rabu, 15 Januari 2020.

Ia mengakui bahwa setiap muslimah tidak wajib untuk mengenakan jilbab karena memang begitu adanya yang tertulis di Al Quran jika memaknainya dengan tepat. "Enggak juga (semua muslimah harus memakai jilbab), kalau kita mengartikan ayat dalam Al Quran itu secara benar," kata Sinta. 

Selama ini ia berusaha mengartikan ayat-ayat Al Quran secara kontekstual bukan tekstual. Sinta juga mengakui bahwa kaum muslim banyak yang keliru mengartikan ayat-ayat Al Quran karena sudah melewati banyak terjemahan dari berbagai pihak yang mungkin saja memiliki kepentingan pribadi.

"Dipengaruhi oleh adat budaya setempat, cara berpikir dia juga itu mempengaruhi pemahaman terhadap ayat-ayat agama yang bukan menjadi bahasanya, yang sama bahasanya pun bisa salah juga mengartikannya," kata Sinta.

Anaknya, Inayah Wahid yang berada di sebelahnya pun setuju dengan pendapat Sinta. Menurut dia, penafsir memang harus memiliki berbagai persyaratan untuk mengartikan ayat-ayat Al Quran. "Enggak boleh orang menafsirkan dengan sembarangan," kata Inayah.

Keduanya pun menyadari setelah berkata demikian akan banyak yang tidak setuju dengan pandangannya hingga mendapatkan perisakan oleh netizen. Namun mereka juga tidak ingin memaksakan orang di luar sana untuk setuju dengan mereka.
https://seleb.tempo.co/amp/1295839/s...mpression=true

Salut.. anti menstrem ibu ini
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 45 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 9
"saatnya menggoreng"
kata si dia yang di sana emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
daihachiroku dan 5 lainnya memberi reputasi
wah pasti dicap nusantara ini nantiemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 3 lainnya memberi reputasi
di trit ginian biasanya ada ahli surga yg sudah tau siapa2 aja yg bakal ke neraka.. emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xnetwork dan 17 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
gue jadi ingat penyanyi asal Arab Saudi si Assel Omran yang sama sekali tak berhijab.. entah kenapa muslim di Indonesia lebih konservatif ketimbang muslim di Arab sana, bahkan di Arab wanita muslim pake cadar buat ngehalangin debu yang bisa masuk ke hidung aja sampe disalahgunakan disini sebagai simbol ketaatan yang sangat kuat kepada aturan agama.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
daihachiroku dan 38 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Hormati keyakinan masing..

Yg anggap itu wajib silahkan
Yg anggap ga wajib juga Monggo

Asal jangan ribut kayak bocah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lina.wh dan 30 lainnya memberi reputasi
ah sudahlah
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Diubah oleh neptunium
numpang nyimeng....

keknya bakal seru...
profile-picture
profile-picture
khayalan dan extreme78 memberi reputasi
Ah.... Otw ribut lagi.


Quraish sihab aja digimanain waktu dulu, padahal ahli tafsir *cmiiw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 8 lainnya memberi reputasi
Putra Mahkota Saudi Sebut Wanita Tak Perlu Pakai Kerudung

Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman menyatakan wanita di Arab Sauditidak perlu mengenakan kerudung atau abaya hitam, pakaian tradisional yang panjang, selama berpakaian sopan dan terhormat.

"Undang-undang sangat jelas dan juga diatur dalam hukum syariah bahwa wanita mengenakan pakaian yang sopan, terhormat, seperti pria," kata Pangeran Mohammed dalam wawancara dengan stasiun televisi CBS yang ditayangkan Senin (19/3) malam.

https://m.cnnindonesia.com/internasi...pakai-kerudung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riolam dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
putri mahkota arab saudi tidak berhijab
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liksemut dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Mohon maaf sekadal memaksa eh mengingatkan emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan rajkapoor memberi reputasi
Calon kerak nerakaemoticon-Marah


Ttd
Kadrun garis keras
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xnetwork dan 3 lainnya memberi reputasi
Di buku buya hamka Ada disebut Tuhan nyuruh wanita berpakaian sopan, masalah potongan Bahan, model, dll, itu terserah manusianya. Bahkan beliau (buya hamka) menyebutkan baju2 ratu inggris (kala itu, tahun 70/80an) yang Mana ratunya masih sama sampe sekarang, bertopi, baju elegan, itu termasuk baju yang sopan.

Mohon diingat, ulama semacam quraish shihab & buya hamka itu ulama tulen & ahli tafsir. Yang ane sebut belakangan Malah sempat dipenjara rezim saat itu, dimana dalam Masa penahanan beliau menyelesaikan tafsir Al Azhar, yang masih menjadi rujukan dinegara2 tetangga, selain sempat mundur dari ketum MUI karna tegas menolak perayaan bersama agama lain, sebab kuatir merusak keimanan. Quraish shihab sendiri sudah menulis tafsir Al mishbah yang populer, Dan Puluhan tahun berdakwah, membumikan Quran dikalangan muslimin. Jadi pendapat2 beliau2 tentu boleh didengar.

Jilboobs, berjilbab tapi ketat & mancing birahi, malah yang imho masuk pakaian tidak islami

Lain2 pendapat boleh Aja, asal Tetap akur.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akubebe dan 29 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Jalan Cinta

Siapa lah saya dibanding tokoh tersebut di atas, saya bukan ahli tafsir, apalagi ahli agama.

Seringkali ucapan-ucapan seorang tokoh dijadikan rujukan benar atau salah, maka saran saya cari pendapat ke-4 imam mahzab, yaitu imam syafi'i, Maliki, hanafi, Dan hambali. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
drs.obama dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Bakalan rame ga nie..emoticon-Big Grin



Saudah, I see you....
Oo..Oo..
I see you, Saudah...
profile-picture
48y24rd memberi reputasi
Yah kalo imam ny yg liburan ga balik balim dr umroh setuju yg manggut2 aja


Quote:
profile-picture
nightonian memberi reputasi
kangen indonesia dzaman 90's & 2000an awal, sevelum dzaman ketik Aamin, klik "like", bagikan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akun.baru dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
dulu pas saya masih kecil yg banyak yg pake kerudung, baju kebaya dan sarung batik. Salah satunya adalah bibi pengasuh saya, rambutnya dikonde sederhana gt.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akubebe dan 5 lainnya memberi reputasi
Udahlah urusin hidup masing2 aja. Kalo mau berhijab ya berhijab. Kalo ada yg belum siap berhijab yaudah gausah dihina. Urusan dia sama Allah itu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kl di hukum syariach cwe balig yg ga mau berhijab ada hukumannya ga sih?
Kl ga ada, dn di bilang cwe itu berdosa aja, yo wiss lah yaw jgn maksa2 utk berhijab
profile-picture
profile-picture
ripper23tw dan babysitter89 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di