Logo Baru Kemenparekraf Dibully Netizen, Disamakan dengan Fake Taxi
TS
wadonsubur
Logo Baru Kemenparekraf Dibully Netizen, Disamakan dengan Fake Taxi
Kementerian Pariwisata dan Badan Ekonomi Kreatif telah dilebur menjadi satu di periode kedua pada kepeminpinan presiden Joko Widodo, dengan nama baru Kementerian Pariwisatan dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Kemenparekraf dipimpin oleh Wishutama yang pernah menjadi Direktur Utama Trans 7, Trans TV dan NET., beliau juga salah satu pendiri NET Mediatama Televisi.
Dengan bergabungnya kembali dua lembaga pemerintahan tersebut, maka muncullah logo Kemenparekraf yang baru. Namun ternyata logo baru ini mendapat kritikan netizen dan ramai di dunia maya
Quote:
Berawal dari cuitan Iman Sjafei dengan akun Twitter @imanlagi yang mencuit
Spoiler for cuitan:
"Luar biasa kreatif memang kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif di bawah Wishnutama. Tercermin dari logo kementerian yg sungguh kreatif dan modern desainnya.
Sangat jauh lebih stylish dibanding logo kementerian lain, misal kemen perindustrian yg kuno banget."
sambil melampirkan gambar logo-logo Kementerian yang ada.
Quote:
Chairman of ReKreasi Creative Playground & Asumsi.co ini pun mendapat banyak tanggapan. Salah satunya membandingkan logo ini dengan logo Prabowo ketika kampanye menuju RI1
Spoiler for cuit 2:
"Yak beredar side by side logo Prabowo pas nyapres kemarin dan logo kemenparekraf rezim Wishnutama. Yaaa emang mirip tapi eksekusinya jelas bagusan logo Prabowo lah Dan emang pas aja buat Pak Prabowo "
Quote:
Akun @blanthik_ayu juga turut berkomentar
Spoiler for cuitan netijen:
kebayang, itu para travel, lifestyle, food blooger mancanegara yg diundang program pariwisata ngadeg deg... berasa dapet surat dari CIA
Quote:
Karena terlalu njelimet di mata netizen, akun @dagingkuda membandingkan dengan logo Fake Taxi yang awarness nya lebih tinggi, alias sekali liat langsung inget.
Spoiler for fake taxi :
"Ini salah satu contoh logo yang brand awareness nya tinggi. Lihat dari jauh, orang sudah langsung tahu. Simpel bentuknya"
Quote:
Akun @arievrahman berkomentar, sebaiknya logo itu modern dan simpel seperti milik Direktorat Jenderal Pajak (DJA)
Spoiler for DJA:
"Ini contoh rebranding logo lembaga yang makin simpel, dan menyesuaikan zaman. Buat kebutuhan desain socmed juga enak kalau buat watermark di poster, tinggal taruh pojokan, kece."
Quote:
Ada pula yang nggak sadar bahwa cuitan awal @imanlagi itu sebuah sarkasme, jadi ada akun yang agak gondok dengan cuitan tersebut. Nampaknya dari orang Kementerian Perindustrian.
Spoiler for menperin:
Cuitan itu dari @risetioz "Jadi sejarahnya, logo kemen perindustrian hanya dirancang oleh internal, tidak melibatkan pihak luar dgn sayembara. Kemudian dari beberapa desain, dipilih oleh menteri terdahulu. Jadi ya begitulah hehe.."
Tanggapan TS:
Rebranding logo sebenarnya sah-sah saja, namun ada beberapa poin yang TS bisa kritik.
1. Logo ini terlalu rumit untuk diaplikasikan ke media lain dan terlalu kaku.
2. Nama Kementeriannya masih kurang jelas, terlihat masih ada tulisan KEMENPAREKRAF/BAPAREKRAF (kayak Bappenas. TS juga sempat menengok websitenya, belum ada peleburan sama sekali dan terkesan kuno.
3. Sebagai gudangnya ekonomi kreatif, seharusnya logo ini bisa lebih ringkes, mudah diingat, kreatif dan kekinian.