IndriaandrianAvatar border
TS
Indriaandrian
Nyeri Saat Haid Atasi Dengan 3 Bahan Dari Dapur Kita
Bahan Alami Untuk Menstruasi



Nyeri saat haid/ menstruasi merupakan kondisi yang dialami oleh hampir setiap perempuan, rasa nyeri atau kram pada bagian perut bawah yang biasanya muncul sebelum (menjelang ) dan saat menstruasi.

Biasanya mereka yang mengalami nyeri pada saat haid adalah wanita yang berusia muda, dimana siklus haidnya belum teratur, belum pernah melahirkan dan ada riwayat yang sama dari ibu/keluarga dekatnya. Seiring bertambah usia biasanya rasa nyeri tersebut akan berangsur mereda/menghilang.

Meskipun termasuk dalam gejala/ kondisi yang wajar dialami wanita tapi, beberapa wanita dapat mengalami nyeri yang teramat sangat bahkan dapat mengganggu aktifitasnya. Sehingga diperlukan pengobatan/ pencegahan untuk mengatasinya.


Obat pereda nyeri saat menstruasi atau haid saat ini telah banyak beredar di pasaran. Pilihan untuk menggunakan obat juga terkadang menjadi dilema bagi wanita yang tidak yakin dengan aman tidaknya komposisi dalam obat yang diminum, apalagi untuk remaja yang baru mendapat haid.

Alangkah baiknya apabila sebelum mengkonsumsi obat, kita coba dulu cara yang lebih alami dengan membuat pereda nyeri haid dari bahan yang ada di dapur kita.



1. Kunyit



Rempah satu ini sudah terpercaya dibuat sebagai jamu sejak jaman nenek moyang kita. Kunyit mengandung curcumin sebagai anti peradangan pada kram yang terjadi pada perut.

Untuk membuatnya hanya dengan memarut kunyit yang telah dicuci bersih, seduh dengan air mendidih lalu saring ampasnya. Dapat langsung diminum atau dicampur dengan madu untuk menambah rasa dan khasiatnya.



2. Asam jawa



Asam jawa mengandung bahan aktif sebagai anti radang, anti piretik dan penenang yang dapat membantu meredakan nyeri akibat haid.
Selain asam jawa, asam biasa juga dapat digunakan. Seduh dengan air mendidih, diamkan sejenak lalu minum airnya. Namun untuk yang mempunyai pencernaan agak sensitif sebaiknya tidak mencoba asam ini ya.



3.Teh



Selain teh herbal dapat memakai teh tubruk yang biasa ada di dapur kita. Seduh menjadi teh pait kental. Rutin diminum sejak 2 atau 3 hari menjelang haid. Nyeri yang biasanya terasa saat hari pertama haid akan lebih berkurang dari biasanya.

Ketiga minuman tersebut sebaiknya rutin diminum menjelang menstruasi/haid datang, bisa dikira-kira dari panjangnya siklus menstruasi kita tiap bulan, atau saat badan kita mulai mengirim sinyal akan datangnya menstruasi.

Demikian 3 bahan di dapur yang dapat dicoba untuk mengurangi nyeri, selain dari referensi sekitar ane juga sudah membuktikannya. Semoga bisa bermanfaat untuk sista semua.

Terimakasih kunjungannya
emoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss


Sumber : opini pribadi
Referensi : Kunyit
Gambar : geogle search
tata604
Gimi96
cheria021
cheria021 dan 25 lainnya memberi reputasi
24
11.5K
83
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan