CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Women’s Health /
Nyeri Saat Haid Atasi Dengan 3 Bahan Dari Dapur Kita
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e1c7f778012ae7cf1608949/nyeri-saat-haid-atasi-dengan-3-bahan-dari-dapur-kita

Nyeri Saat Haid Atasi Dengan 3 Bahan Dari Dapur Kita

Bahan Alami Untuk Menstruasi

Nyeri Saat Haid Atasi Dengan 3 Bahan Dari Dapur Kita

Nyeri saat haid/ menstruasi merupakan kondisi yang dialami oleh hampir setiap perempuan, rasa nyeri atau kram pada bagian perut bawah yang biasanya muncul sebelum (menjelang ) dan saat menstruasi.

Biasanya mereka yang mengalami nyeri pada saat haid adalah wanita yang berusia muda, dimana siklus haidnya belum teratur, belum pernah melahirkan dan ada riwayat yang sama dari ibu/keluarga dekatnya. Seiring bertambah usia biasanya rasa nyeri tersebut akan berangsur mereda/menghilang.

Meskipun termasuk dalam gejala/ kondisi yang wajar dialami wanita tapi, beberapa wanita dapat mengalami nyeri yang teramat sangat bahkan dapat mengganggu aktifitasnya. Sehingga diperlukan pengobatan/ pencegahan untuk mengatasinya.


Obat pereda nyeri saat menstruasi atau haid saat ini telah banyak beredar di pasaran. Pilihan untuk menggunakan obat juga terkadang menjadi dilema bagi wanita yang tidak yakin dengan aman tidaknya komposisi dalam obat yang diminum, apalagi untuk remaja yang baru mendapat haid.

Alangkah baiknya apabila sebelum mengkonsumsi obat, kita coba dulu cara yang lebih alami dengan membuat pereda nyeri haid dari bahan yang ada di dapur kita.



1. Kunyit

Nyeri Saat Haid Atasi Dengan 3 Bahan Dari Dapur Kita

Rempah satu ini sudah terpercaya dibuat sebagai jamu sejak jaman nenek moyang kita. Kunyit mengandung curcumin sebagai anti peradangan pada kram yang terjadi pada perut.

Untuk membuatnya hanya dengan memarut kunyit yang telah dicuci bersih, seduh dengan air mendidih lalu saring ampasnya. Dapat langsung diminum atau dicampur dengan madu untuk menambah rasa dan khasiatnya.



2. Asam jawa

Nyeri Saat Haid Atasi Dengan 3 Bahan Dari Dapur Kita

Asam jawa mengandung bahan aktif sebagai anti radang, anti piretik dan penenang yang dapat membantu meredakan nyeri akibat haid.
Selain asam jawa, asam biasa juga dapat digunakan. Seduh dengan air mendidih, diamkan sejenak lalu minum airnya. Namun untuk yang mempunyai pencernaan agak sensitif sebaiknya tidak mencoba asam ini ya.



3.Teh

Nyeri Saat Haid Atasi Dengan 3 Bahan Dari Dapur Kita

Selain teh herbal dapat memakai teh tubruk yang biasa ada di dapur kita. Seduh menjadi teh pait kental. Rutin diminum sejak 2 atau 3 hari menjelang haid. Nyeri yang biasanya terasa saat hari pertama haid akan lebih berkurang dari biasanya.

Ketiga minuman tersebut sebaiknya rutin diminum menjelang menstruasi/haid datang, bisa dikira-kira dari panjangnya siklus menstruasi kita tiap bulan, atau saat badan kita mulai mengirim sinyal akan datangnya menstruasi.

Demikian 3 bahan di dapur yang dapat dicoba untuk mengurangi nyeri, selain dari referensi sekitar ane juga sudah membuktikannya. Semoga bisa bermanfaat untuk sista semua.

Terimakasih kunjungannya
emoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss


Sumber : opini pribadi
Referensi : Kunyit
Gambar : geogle search
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DiNa853 dan 21 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Indriaandrian
Teh chamomile gan, istri ane nyobain alhamdulillah bisa mengurangi nyeri saat haid pertama gan.
Efeknya menenangkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Itu bagus tuh, enak pula.
emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Ninaahmad memberi reputasi
Kunyit asem ane suka. Tapu males ngebuatnya. Tangan jd kuning semua.
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Ninaahmad memberi reputasi
Quote:


Praktis yang udah siap minum y sis? 😄
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Ninaahmad memberi reputasi
Quote:


Iya. Nunggu mbok jamu lewatemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Ninaahmad memberi reputasi
Tes. Mbhak ini aku Ida. Xiziixiziiz masih gelagapan belajar kaskusnya. Xiziizizjjzjzjzjjzjzj
profile-picture
profile-picture
Ninaahmad dan Indriaandrian memberi reputasi
Quote:


Yeeayyyyy, ada master dimari
emoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Ninaahmad memberi reputasi
master limbad🤣🤣🤣🤣
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Ninaahmad memberi reputasi
Quote:


😅😅😅
😘😘😘
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Ninaahmad memberi reputasi
sefruit tips yang berfaedah gan emoticon-Jempol
Daripada dikit dikit minum obat pereda nyeri kan mending pake yang herbal kaya kunyit sama asem gini aja, lebih sehat

Sekarang juga masih banyak kok yang jual jamu jamuan gini di pinggir jalan
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Ninaahmad memberi reputasi
aku aering banget nyeri haid, kalo kecapean dan banyak kerjaan tuh, sakit bgt sampe gak tahan, biasamya aku minum kunyit sama madu.
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Ninaahmad memberi reputasi
ane mampir sini soalnya istri ane suka sakit haid, bingung dikasih apa. kasian suka smpe pucet kadang emoticon-Takut

Dia suka ane bkinin asem jawa pake gula gitu. Tp harus setelah makan.

Sayangi istrii sayangi istrii emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Ninaahmad memberi reputasi
kalo ane kunyit asem tapi tinggal beli di mbok jamu aja wkwk
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Ninaahmad memberi reputasi
Quote:


Quote:


Quote:


Yang tradisional tetep paling yahud yaaa
emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Ninaahmad memberi reputasi
Quote:


Beberapa temen ada yg cocok pake teh pait juga tapi diminun sejak sebelum hari H
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Ninaahmad memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kalo mau yg lgsg anget diperut sih emang siss enak banget minum teh. langsung berasa anget di perut. tapiii kunyit asem tokcer sih!! langsung berasa sehat abis minum
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Ninaahmad memberi reputasi
Quote:


Bener gan tapi gak boleh sering2 juga sih, katanya endapan jamu tradisional juga ga baik buat kesehatan hihi cmiiw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
teh masih oke si kalo diminum. klo kunyit sm asam jawa agak ga doyan...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
itu digimanain??,,, diminum apa disumpel ajha ..
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di