Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

riwidyAvatar border
TS
riwidy
Ketika Mercon Ternyata Enak, Apa Reaksimu? Simak Yuk Resepnya!


Mercon yang enak ini akan membuat sensasi sendiri di lidah dan hatimu. Apaan sih? Kepo ya....


Welcome to riwidy's thread


Mercon. Apa sesungguhnya mercon itu?Mercon atau biasa disebut petasan juga.

Cek KBBI kuy :


Nah jelas ya arti mercon? Tentu terbayang suasana menjelang bulan Ramadhan ya, saat dimana begitu banyak mercon dinyalakan anak-anak, mengagetkan! Bunyinya keras sekali, seakan jantung mau copot rasanya dan membuat telinga berdenging, keringat dingin menetes, mata panas. Wuahh pokoknya ga enak.



Dianalogikan dengan kedahsyatan 'mercon' satu ini, sama juga mengagetkan, tapi mercon yang ini untuk dimakan lho, bukan dilempar, rasanya enak banget. Sama juga bikin keringat menetes. Mengagetkan, tapi di lidah bukan jantung, dan leher rasanya juga mau terbakar, bukan tangan yang terbakar. Yup! Jreng jreng jreng ...yang ini oseng-oseng mercon GanSist!

Saat GanSist mendengar nama kuliner yang satu ini mungkin terbayangkan kengerian seperti apa rasa dari kuliner khas Jogjakarta ini. Ya, namanya adalah oseng-oseng mercon. Kuliner ini memang mempunyai rasa yang ngeri bila dibayangkan, pastinya rasanya super pedas. Sekali lagi super duper pedas! Hati-hati yang perutnya sensitif.

Dapat dikatakan bahwa oseng-oseng mercon ini termasuk menu makanan spesial untuk para pecinta kuliner dengan rasa pedas. Kalau Agan Sista penasaran seperti apa kedahsyatan dari oseng mercon ini, tak perlu jauh-jauh ke Jogja. GanSist bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep oseng mercon yang akan ane bagikan ntar. Sabar.

Mengapa oseng-oseng mercon ini banyak digemari? Sebab sambal atau cabe yang dipakai untuk membuat oseng-oseng mercon tergolong cukup banyak. Tetapi Agan tak perlu khawatir, sebab jika Agan tidak suka kuliner pedas maka jumlah cabe bisa dikurangi. Untuk mencicipi kelezatan kuliner yang satu ini kini sudah ada resep yang bisa dicoba dirumah. Resep khas Yogyakarta ini menjadi salah satu menu yang bisa GanSist coba untuk disajikan bagi keluarga tercinta di rumah.

Langsung aja yuk ke TKP (Tempat Kejadian Pemasakan) cekidot :



Resep Oseng Oseng Mercon

Bahan :

- 500gram tetelan
- 5 gram gula merah
- 1 buah lengkuas dengan ukuran 4 cm
- 1 buah jahe dengan ukuran 2 cm
- 4 lembar daun salam
- 350 ml air matang
- 60 gram cabe merah keriting
- 200 gram cabe rawit merah
- 10 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- garam secukupnya
- kecap manis sesuai keperluan
- minyak goreng secukupnya.



Cara Membuat :

1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe keriting, jahe dan cabe rawit merah. Haluskan semua bumbu sampai benar-benar halus.

2. Bila anda tidak ingin repot memakai ulekan, maka anda juga dapat menghaluskan bumbu memakai blender. Tetapi pastikan bumbu hasil blender sehalus mungkin dan tidak menyisakan butiran kasar.

3. Siapkan wajan lalu isi dengan minyak goreng secukupnya. Panaskan minyak lalu tumis daun salam dan lengkuas serta bumbu yang sudah dihaluskan. Tumis semua bahan menggunakan api kecil sampai mengeluarkan aroma yang wangi.

4. Ambil tetelan daging sapi yang tadi sudah dibersihkan, kemudian masukkan ke dalam tumisan bumbu yang sudah dibuat.

5. Sambil terus dimasak aduk semua bahan supaya tercampur rata dengan bumbu-bumbunya.

6. Tambahkan air matang dalam tumisan lalu masak daging sampai empuk dan bumbu meresap.

7. Tunggu sampai daging benar-benar empuk karena semakin empuk daging yang dimasak tentunya akan mempunyai rasa yang semakin lezat.

8. Terakhir masukkan gula merah, kecap manis dan garam. Lalu aduk supaya tercampur dan kematangannya sempurna. Oiya bisa juga ditambahkan cabe rawit utuhan bila diperlukan.

9. Bila sudah matang, lalu angkat dan pindahkan oseng mercon ke atas mangkok dan piring saji.

10. Oseng-oseng mercon khas Yogyakarta sudah siap untuk disantap. Yummy!



Bagaimana GanSist, gampang kan membuatnya? Cobain ya! Oseng mercon ini pas sekali disantap bersama nasi putih hangat. Menu ini bisa GanSist siapkan untuk makan siang ataupun makan. malam. Tentu untuk pecinta kuliner super pedas ya, kaya ane, untuk yang takut atau tidak doyan pedas, sebaiknya sedikit saja atau lebih aman pilih menu lain. Hehe. Resiko ditanggung penumpang. Ane tidak mau menanggung xixi.


Oke sekian dulu bagi resep di Jumat resep kuliner kreatif dan enak by riwidy. Tunggu resep favorit berikutnya insyaallah Jumat depan !







Ngawi, 10012020





Sumber tulisan : pribadi dan cookpad
Sumber gambar : google, cookpad
Diubah oleh riwidy 10-01-2020 18:34
nurulnadlifa
nona212
081364246972
081364246972 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
1.8K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan