davinofAvatar border
TS
davinof
Namanya Sering Muncul Di Sampul Kaset Tapi Orangnya Mana?



Apakah kalian termasuk orang yang rajin membaca nama-nama di sampul kaset atau CD album?Entah itu pada bagian credit title atau pada ucapan terima kasih hingga nama desainer sampulnya?

Kemudian apakah kalian juga pernah menemukan nama-nama tertentu yang sangat familiar tapi gak pernah tau orangnya yang mana?

Percaya deh, gak semua orang tau apalagi kenal dengan seseorang yang sering denger namanya tapi jarang muncul di media bahkan ada yg sama sekali tidak pernah....

emoticon-Bingung

Khususnya di dunia musik Indonesia, gua akan nunjukin siapa saja orang orang 'penting' dibalik kesuksesan sebuah album atau band besar Indonesia.

Antara Ada dan Tiada

Rustam Rastamanis



Buat penggemar sejati band Slank, pasti pernah bahkan mungkin sering mendengar nama Rustam Rastamanis.

Nama Rustam Rastamanis sering muncul bahkan selalu tertulis hampir di setiap sampul kaset Slank dari album pertama hingga seterusnya.......

Tapi lo gak pernah tau seperti apa tampangnya kan? Penasaran? Nih dia orangnya!


Rustam Rastamanis berkaos putih

Rustam ini adalah salah satu orang yang suka membantu membuatkan lirik pada banyak lagu Slank. Selain lirik Rustam juga diduga sebagai orang yang celetukannya sesekali suka muncul pada beberapa lagu Slank.

Itulah makanya Slank selalu menuliskan namanya di hampir semua cover album kaset atau CD.

Gak cuma sering bikinin lirik buat Slank doang. Rustam juga kerap menulis lirik buat beberapa penyanyi atau band ngetop lainnya. Sebut saja misalnya Imanez, Andy Liani, Oppi Andaresta, BIP dan lain lain.

Dan gak ada yang nyangka juga kalo Rustam adalah penulis lirik lagu 'Meraih Bintang' yang dinyanyikan 'Via Vallen' saat pembukaan Asian Games di Jakarta, beberapa waktu yang lalu.

Intinya Rustam adalah salah satu orang yang punya pengaruh di Slank. Dia juga termasuk salah satu orang yang memulai dan membesarkan 'Pulau Biru Production'.

Alm. Samuel Marudut



Gak semua Passer (sebutan fans Pas Band) kenal siapa itu Samuel Marudut? Gak semua fans Rudal, Sahara, atau Sucker Head, atau band band cadas asal Bandung mengenal langsung sosok seorang Samuel Marudut.

Padahal mereka sering membaca nama tersebut tertera di sampul album Pas Band, Puppen, Sucker Head, dan lainnya.

Penasaran? Ini dia orangnya......



Samuel Marudut itu awalnya adalah seorang Music Director radio GMR. Sebuah radio di Bandung yang khusus memutar lagu lagu beraliran cadas.

Dialah orang 'besar' dibalik suksesnya beberapa band cadas asal Bandung dan Jakarta. Tapi gak pernah muncul sekalipun di media........

Jay Subiakto, Rizal Mantovani & Dimas Jayadiningrat



Terutama "Bocinkan" (bocah micin menjijikan) atau alayer zaman saiki rasanya agak kurang mungkin mengenal siapa sosok Jay Subiakyo.

Tapi buat generasi 90an nama Jay Subiakto mungkin agak familiar. Terutama buat mereka yang suka nonton MTV.....

Pada era tahun 90an, selain nama Rizal Mantovani dan Dimas Jayadiningrat yang sukses membuat banyak video klip musik Indonesia menjadi lebih keren dan berwarna. Jay juga dikenal sebagai salah satu sutradara pembuat video klip penyanyi atau band besar di era tahun 90an. Salah satunya adalah Chrisye dalam 'Pergilah Kasih'.

Itulah makanya nama Jay Subiakto kerap tertulis di banyak sampul album band hingga penyanyi solois.

Gak cuma itu prestasi kreatifnya luarbiasa. Dialah orang dibalik suksesnya gelaran konser besar penyanyi dan band ngetop di Indonesia.


Dik Doang



Nah lo, masih inget gak sama Dik Doang? Ya namanya pendek banget cuma Dik doang......

Padahal nama aslinya puanjaaaaaaaaaang banget! Raden Rizki Mulyawan Kertanegara Hayang Denda Kusuma

Buat lo yang sering beli kaset pada zaman dahulu kala. Pasti sering nemuin nama Dik Doang. Walaupun gak disemua kaset sih.....

Nah, Dik Doang inilah salah satu pembuat atau desainer grafis sampul album kaset atau CD di era tahun 90an. Karyanya menurut gue keren banget pada waktu itu......

Hampir rata-rata sampul kaset di tahun 90an hingga tahun 2000an Dik Doang lah yang mendesainnya.

Sebut aja misalnya sampul kaset AB Three, Chrisye, Ebiet G Ade, Nike Ardilla, dan ah, pokoknya banyaklah.......

Tapi menurut gue, sampul kaset paling keren bikinan Dik Doang adalah yang paling kontroversial yaitu di album milik Atiek CB.......



Kenapa agak kontroversial? Apalagi desain sampul itu dibuat di zaman Soeharto. Tau dimana kerennya?






Oleh : davinof 2020 @kaskus


Source of Pictures : Google Images

anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 35 lainnya memberi reputasi
36
20.1K
149
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan