CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Calon plin-plan ngasih mahar + bantu resepsi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e180b9768cc9523f54ccfc1/calon-plin-plan-ngasih-mahar--bantu-resepsi

Calon plin-plan ngasih mahar + bantu resepsi

Gan sist mau tanya deh, jadi gini ane sama cowok ane udh pacaran kurleb 7th'an dan berencana untuk kejenjang yang lebih serius
.
.
Nah ane sama doi awalnya udah coba tanya" pricelist dekor di Wo" gitu, kbetulan dia blm lamar ane tp thn ni katanya mau ngelamar ane scepetnya nunggu doi wisuda dlu (thn ini dia 24th, doi kuliah sambil kerja). Kata doi sebelum nya untuk dekor sama makeup dia yang mau handle,
Nah ane tanya emang sanggup ngasih bantuan resepsi brpa?
Doi jawab Rp 20jt, yaudah kn dia nanya mahar mnta brpa ane blg samain aja kyak jumlah selama ni pacaran
Ex : 7thn brarti emas 7gram+7jt
.
Doi kberatan, trs dinego kata dia 5" aja, yaudah kata ane
Trs gk lama bsknya pas lg bahas tntg nikahan gni dia kyak nego lg mhar yaudah kata ane uangnya 2jt aja
Skip skip..

Nah bsok"nya lg dia kyak dpt omongan dri tmen nya yg udh nikah biasanya cewek yang keluar lebih banyak, kan cowok ngasih semampunya dan sblmnya aku blg gk mau mewah sderhana aja ya sepantesnya budget yg dipunya
Dan dia blg gni ke ane kyak ngode tp ngode nya itu ngeselin
Doi : lah kalo mau sederhana dikasih 20jt ya gmnalh, sderhana nya ini mksdnya gmna ?
Ane : ya aku gk tau lh, kn blm rembukan org lamaran aja blm
Doi : ya kyak syg duitnya udh dksh gde tp cmn dpet sderhana, tmpt pakde ku jaman dlu dksh 25jt makanannya udh enak" semua
*Dlm hati ane "jaman skrg apa" mahal" segitu udah standar".*
.
Nah stelah dislidiki trnyata dia kyak pengen bilang dia gk bs ngasih uang bantu resepsi Rp20jt tp kta" nya bkin ane sakit hati aja sih

Menurut agan sista gmna tuh pantesnya ane nyikapin nya ?

emoticon-Mewek
Halaman 1 dari 2
kalo calon sis sanggupnya ngasih mahar segitu dan sis ga keberatan ya ga masalah.
sedangkan utk biaya resepsi dibawah 20jt mgkn agak sederhana ya.. perlu diinget kalo ga ada patokan khusus kalo acara nikahan itu tanggungan pihak wanita. Ada koq pihak pria yg nanggung 100%. Ada jg yg masing2 pihak 50%. Tergantung kesepakatan ke2 belah pihak. Kecuali kalo ortu kamu ga keberatan buat nambahin. kalopun ga, ya rayain yg simple2 aja. akad nikah, makan, selesai. ga usa pake pesta2 gitu. Jumlah tamu undangan jg disesuaikan dg budget. kan yg pnting sah dan setelah nikahnya.
baiknya jg buat check list dan nyari2 vendor nikahan kalian bareng2. Biar ga ada yg over ekspektasi.
trs pastiin jg knpa calon kamu agak berat ngasih biaya resepsi. apakah dia emg ngumpulin uang sendiri dan tabungannya cuma cukup segitu atau dia punya planning lain yg lebih penting setelah menikah misal beli rumah.

udah pacaran 7th artinya udah klop bgt. jgn smpe gagal cuma gara2 mahar sm biaya resepsi. yg paling penting setelah menikah nafkah lahir batin buat kamu terpenuhi.
profile-picture
profile-picture
Calonjodohmu dan zenithera memberi reputasi
Diubah oleh daisy90
Lihat 1 balasan
Mantap atas ane. Ane setuju...
Gak perlu lah ribut2 jauh2 hari tentang masalah printilan pernikahan kaya gt. Lamaran aja belom, emg yakin bgt pasti nikah sama dia? emoticon-Stick Out Tongue
Paling sebel sama cowo ngajak merit tp pk nawar2... Dikirain brg obralan x, ketauan si gimana sifat tu cowo. Tp serah sis aj, ikutin aj mau2ny cowomu, soalny percuma sis mau ini itu ga bakal dipenuhin, yg ad malah bikin berantem. Kudu mandiri abis nikah kalau model kayak gini. Atau kalau sis bingung, suruh dia ngomong ke ortu sis.
Lihat 1 balasan
Keliatan nya dia bukan calon suami yang bisa diandalkan.....

20 juta hari gini tuh = Sederhana

Maksudnya seandainya dari pihak cewek juga kasih 20 juta ya menurut saya masih Sederhana untuk ukuran 2020.

Dia sih mungkin bukannya gak cinta ke kamu.....tapi dari sisi mental dia belum siap jadi seorang suami.

Tapi ya terserah kamu aja toh tidak semua pernikahan itu bahagia banyak juga pernikahan yg malah jadi menderita.
Wisuda belom, dia kuliah sambil kerja. Yakin mau cepet nikah, gak pengen cari uang dulu bahagiain orang tua siapin dana buat anak. Kamu sendiri udah bisa cari duit belum, udah mandiri dari ortu belum..
profile-picture
ardnac17 memberi reputasi
Yaelah, 3 tahun lg lah, rumah mobil biaya nikah gak akan jadi perdebatan
jawabin gini....jaman bapak nya kakek ku...ngasi mahar 5 juta uda dianggap ningrat sayangku

kamu umur berapa?
selama ini pacaran kalian model kek gimana???
kalo nikah nanti peng aturan pendapatan belanja dan pengeluaran kek gimana??? HARUS DIBAHAS SEMUA.

banyak sekali pernikahan yang saya tahu...gara2 si cewe takut diANGGAP matre....ga berani DISKUSI *ini bukan menuntut tapi DISKUSI* nanti setelah menikah gimana mengatur pembagian tugas dan kewenangan rumah tangga...belanja...tabungan,....rencara anak....dll...

akhirnya ya...setelah nikah...sukur2 laki nya baik. dia dipelihara dan dijadikan ratu.
kalo dapat yang apes. cuma dikasi uang belanja sekadarnya. ama jadi objek pemuas birahi dan tukang cuci masak pijit all in.....bahkan kasi uang ke mertua nya laki *ibu istri aja kadang sampe kaya maling....kesian.

tapi kembali lagi ke kesimpulan.
ITS YOUR LIFE. YOUR CALL.. YOUR CHOICE.
terlalu menuntut...bisa ga dapat
terlalu nrimo...bisa di injak.
batasnya hanya kamu yg tahu sis....
pernikahan ga cukup hanya modal cinta dan otong.
goodluck
Lihat 2 balasan
Duh bingung juga ane kudu jawab gimana yak. Tapi kalo ane nih dulu ya, suami pernah bilang: pihak laki kasih duitnya semaksimal yg dia mampu, diserahkan ke pihak perempuan dan terserah dari pihak perempuan bikin acaranya gimana. Dulu laki ane ngasih 10jt (diluar mahar 5jt + uang utk acara lamaran). Dari ane nambahin sekitar 3jt an doang. Dari awal kedua pihak keluarga udah setuju utk acara yg super sederhana.

Mungkin sis bisa tanya2 sama ortu, atau temen yg udah pernah nikah juga. Soal gmn nyikapi cwo sis, sembari sabar aja sis. Orang mau nikah biasanya ada aja ujiannya.
Lihat 1 balasan
Cowo kamu 24 berarti kamu masih muda ya, masih ada kesempatan cari cowo lain.

Kecuali umur kamu uda kepala tiga, jangankan nuntut mahar, sudah ada yang mau nikahin aja syukur.
Lihat 1 balasan
lho emang harus bantu buat resepsi ya???
Acara semampunya aja, klo resepsi itu buat nyenengin tetangga aja, kitanya yg lemes.

Nikah di hadapan penghulu, udah sah. Lanjut jalan2 honeymoon aja, udah duitnya dipake buat itu aja hehee
Yaelah lamaran aja belum udah ribut. Namanya nikah itu ya emang mahal, tapi ingat, kehidupan pernikahan jauh lebih mahal lagi. Kalau kamu nggak bisa nerima standard sederhana cowomu ya cari aja yg lain. Pasti nggak nyaman banget memulai kehidupan bersama dengan tawar menawar yg pake sindir2an kayak gitu.

7 tahun pacaran, tapi kok kayaknya kalian nggak saling mengenal? Kamu tau nggak cowomu punya uang berapa? Berapa penghasilan dia? Berapa pengeluaran dia? Apa aja aset dia? Apakah dia punya utang? Semua itu akan mempengaruhi berapa kira2 uang yg sanggup dia bayar untuk mahar dan acara pernikahan. Harusnya udah pacaran 7 tahun, kamu udah tau kira2 dia sanggupnya kasi berapa, gimana standard hidup dia, dsb.

Abis nikah mau tinggal dimana? Mau punya anak kapan? Siapa yg kerja? Siapa yg bayar ini itu? Apakah dia/kamu harus menanggung ortu/adik/dll? Pertanyaan2 ini yg jauh lebih penting dibahas dibanding berapa mahar dan berapa uang acara.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Calonjodohmu dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
semoga ketemu jalan keluarnya dan dimudahkan bisa sampai ke pernikahan, diskusi saja sampai mentok, kalau mentok bubar emoticon-Hammer2
Balasan post daisy90
Udah gak masalah sih sist soal mahar, dll cmn rada kesel aja sih waktu itu cara nyampein kberatan nya make sindir-sindir gitu emoticon-Hammer
Udah sist, udah ditanya alesannya ya mungkin kata doi untuk pegangan aja takut ada dana tak terduga sama untuk kedepannya misal ntar istri langsung hamil biaya checkup trs lahiran, dll ya tntg nanti pas berumah tangga gitu intinya
Masalahnya udah dikomunikasiin kok, btw thanks atas masukan nya emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup
Balasan post ishtar77
Quote:


Wkwkk ya sebenarnya gak mau ribut gan, cuman pas lagi dibahas doi yang mulai, kan dipostingan udah ditanya sanggup ngasih berapa..
ane sbnernya gak nuntut sih harus sekian-sekian cuma rada kesel aja setelah dia bilang gitu tau nya ujungnya dia gk sanggup tp cara nyampein nya kurang enak gitu nyindir nyindir

Alhamdulillah ya sejauh ini udah lumayan klop kenal doi, penghasilan gk tentu sih kerja nya persentase sesuai penjualan kalo lagi banyak ya banyak kalo egk ya egk
Untuk nominal skrg sih ane gk tau dia udh ngumpulin brpa soalnya kalo dtnya lg pasti gk dikasih tau, tapi thn lalu ane liat saldo atm udh skitar diatas 35'an jt (kbetulan atm nya make atm ane yang gak ane pake lg)
Untuk tempat tinggal sebenarnya ane mnwarkan diri buat smentara renov rumah ortu ane dsblh, tp doi dsruh nyokap nya tgl breng aja drmh nya (serumah sma mertua jdinya) sbnrnya berat sih ya krna adeknya cowok semua(4 brsaudra doi anak prtma). Ane msh galau dsni emoticon-Ngakak (S)
Balasan post pastellaolivia
Quote:


Hha asli ya pdhl ane ataupun keluarga ane terbilang gak neko" mengharuskan nyumbang banyak, tp berhubung ane ank trkhr cewek dan doi anak prtma bisa lah ya seegknya ya standar cenderung sederhana gitu, tp cara doi bkin ane sempet ksel pas revisi nyumbang brpa make acara kayak nyindir", pdhl klo tto the point kn msh enak diskusi nya

Iya sis doi udh blg mau ngobrol aja lngsng ke ortu ane biar gk debat lg, ya liat aja deh ntar kalo udah lamaran hehe
Balasan post sidewinder11
Quote:


Ane kbetulan seumuran gan thn ini 24th, doi brenti kuliah dulu setahun sdngkn ane lngsng lanjut kuliah jd ane udh lulus dluan
Standar sih gk bnyk hangout gitu kok, kalo ktemu kali klo lg kumpul" breng tmen nongki breng, jrang kluar brdua.
Untuk pengeluaran/belanja udh prnh ane tanya sih, krna doi anak prtma dan msh ada tanggungan adek" nya ane prnh tnya brpa persen kmngkinan yg buat ortu sama bantu adik km?
Doi cmn bilang : gak ush tanya yg penting diusahain semuanya trckupi
Yaudah kn ya bingung jg ane nya hhe emoticon-Ngakak
profile-picture
sidewinder11 memberi reputasi
Balasan post ortillo.reborn
Quote:


Ane seumuran gan thn ini 24th jg hhe, sbenernya kesempatan banyak sih yang nungguin ane jomblo dri dlu jg ada krna kbtulan ane jg kata org" sih ane trmasuk cantik, kata doi jg gitu wkwkk
Tp dasarnya ane udh sayang sama doi, udh klop udh nyaman gitu mkaknya ane brtahan sampek sejauh ini
Dan emang doi niatnya mau serius sama ane, jd ya ane gk kpkiran cari yg laen hehe
Balasan post zenithera
Quote:


Siap sis, thanks udah mampir dan kasih masukan emoticon-Jempol
Balasan post Calonjodohmu
@Calonjodohmu

Red flag itu kalau udah mau nikah tapi nggak terbuka secara financial. Apalagi dia anak pertama, ortu dia berkecukupan apa nggak? Bisa jadi penghasilan dia lumayan tapi pengeluaran dia untuk keluarganya juga lumayan. Kamu kerja apa nggak? Di rumah dia ada ART apa nggak? Kalau kamu nanti jadi IRT dan di rumah dia nggak ada ART, siap2 aja panjangin sabar, udah banyak ceritanya disini.

IMO ya, pacaran 7 tahun, tapi financial masih rahasia2an, komunikasi juga masih jelek pake sindir2an, mending nanti aja lah nikahnya. Perbaiki dulu komunikasi nya.

Kalau pacaran gini, paling nanti abis nikah ya juga tetap gini (kalo nggak tambah parah). Kamu nggak dikasitau pendapatan/pengeluaran/aset/utang dia. Kalau ada perbedaan nyindir2.
Kalau kamu kerja dan ortu kamu berkecukupan mungkin nggak terlalu masalah ya. Tapi kalau kamu bergantung secara financial ke dia sih siap2 aja jadi kayak kisah2 disini.
profile-picture
ardnac17 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di