Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kaskus.podcastAvatar border
TS
kaskus.podcast
Dewa Janus, Dewa Awal Tahun Sejarah Bermulanya Kalender Masehi


Bulan Januari atau bulannya Janus ditetapkan setelah Desember dikarenakan hari-hari dimana kaum pagan penyembah Matahari merayakan ritual mereka saat musim dingin. Pertengahan Winter Soltice jatuh pada tanggal 25 Desember, dan inilah salah satu dari sekian banyak pengaruh Pagan pada budaya kristen selain penggunaan lambang Salib Tanggal 1 Januari sendiri adalah seminggu setelah pertengahan Winter Soltice, yang juga termasuk dalam bagian ritual dan perayaan Winter Soltice dalam Paganisme.

tradisi perayaan tahun baru di beberapa negara terkait dengan ritual keagamaan atau kepercayaan, dimana mereka pada tengah malam setiap tanggal 1 Januari, orang-orang Brazil berbondong-bondong menuju pantai dengan pakaian putih bersih. Mereka menaburkan bunga di laut, mengubur mangga, pepaya dan semangka di pasir pantai sebagai tanda penghormatan terhadap sang dewa Lemanja—Dewa laut yang terkenal dalam legenda negara Brazil.


Dalam mitologi Romawi, Janus adalah dewa pintu gerbang dan juga dewa segala permulaan, maka dari itu, bulan Januari yang diambil dari namanya dijadikan bulan paling awal dalam satu tahun, dan tanggal 1 Januari adalah awal pergantian tahun atau tahun baru.



Namun banyak juga yang tidak menerapkan tahun baru pada tanggal 1 Januari, terutama setelah Romawi runtuh. Lho kok bisa beda-beda sih? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pertama kita harus mempelajari sejarah dari sisem kalender yang sekarang kita gunakan gansis. Mau tau sejarah lengkapnya? Langsung aja cekidot Jas Merah terbaru!



podcast-episode
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan
Diubah oleh kaskus.podcast 10-01-2020 10:26
anasabila
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 10 lainnya memberi reputasi
11
6.6K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan