CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pemerintah diminta dengarkan keberatan ASN soal zakat 2,5 persen
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e187d7d365c4f43ae52cac4/pemerintah-diminta-dengarkan-keberatan-asn-soal-zakat-25-persen

Pemerintah diminta dengarkan keberatan ASN soal zakat 2,5 persen

Pati - Pemerintah diminta mendengarkan keberatan dari Aparatur Sipil Negara (ASN) terkait dengan rencana penerapan zakat profesi 2,5 persen karena dimungkinkan masih menuai keberatan dari kalangan ASN, kata Anggota DPR RI Marwan Jafar.

Pemerintah diminta dengarkan keberatan ASN soal zakat 2,5 persen

"Jangan sampai mereka menjadi terpaksa karena sempat tersebar informasi, mekanisme pengumpulannya melalui pemotongan gaji bulanan mereka," ujarnya di Pati, Jumat.

Selain itu, kata dia, kebijakan tersebut juga perlu disosialisasikan, termasuk kriteria golongan eselon yang diwajibkan, akad zakat, dari kalangan ASN Muslim, serta dasar sukarela juga harus dilakukan secara terbuka.

Dengan kebijakan zakat 2,5 persen, kata Marwan Jafar yang pernah menjabat Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi itu, ada konsekuensinya karena zakat tidak lagi bersifat opsional seperti diatur dalam Undang-Undang Nomor 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat, serta harus sesuai dengan ketentuan syariah.

"Banyak juga kalangan ASN yang menghendaki mekanismenya bukan dengan pemotongan gaji, tetapi mereka secara sukarela menyerahkan zakat profesi dari gajinya. Dengan catatan, ketika nisab atau kriteria minimal penghasilan terpenuhi," ujarnya menirukan harapan sebagian ASN.

Para ASN, lanjut politisi dari PKB itu, juga berharap ada pertimbangan bagi pembayar zakat profesi bisa dikurangkan terhadap kewajiban membayar pajak penghasilan.

Sumber di Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyebutkan potensi pengumpulan zakat nasional sebesar Rp232,9 triliun atau 1,57 persen dari PDB.

Untuk pengumpulan zakat, infaq, dan sadaqah (ZIS) yang baru masuk ke Baznas pada 2018 baru mencapai Rp8,1 triliun, sementara jumlah pengumpulan ZIS di Indonesia selama lima tahun terakhir telah tumbuh rata-rata 26,64 persen.

Artinya, cara-cara pengumpulan sampai pelaporan kepada para muzakki atau pembayar zakat, wajib pula dilakukan secara transparan karena Baznas akan mengelola dana umat dalam hal ini para ASN yang sangat besar. 

Editor : Antarajateng
Sumber: https://jateng.antaranews.com/berita...akat-25-persen

Jangan lupa Zakat ya guys... emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4iinch dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Zakat profesi itu bid'ah
profile-picture
profile-picture
Rocketman133 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


Quote:


Emang asn ga dipajak kalo membelanjakan uang nya?
Kadrun goblok emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Idenya pns kadrun tuh...klo mintain shodaqoh/infak tereak paling kenceng gak tau situasi org lagi bokek dibelain pake bikin jaring dijalanan, giliran ditarik gak mau kasih...dasar kadrun gigi kuning!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
esaka.kedua dan 7 lainnya memberi reputasi
Quote:


zakat itu wajib bagi muslim bukan opsional

terus terang saja, bilang saja cuma mau kadang-kadang saja bayar kewajiban zakatnya.

dipotong langsung dari gaji kan untuk mempermudah, seperti halnya bpjs dan pajak langsung dipotong dari gaji biar nggak perlu repot-repot bayar sendiri.

ane lebih respek sama yang terus terang, daripada munafik sok-sokan nasehatin orang yang nggak bayar zakat, tapi dianya sendiri diem-diem males bayar zakat tanpa ketahuan orang lain.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kampret.strez
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
jiah sok2 an pengen negakin kilapah baru dipotong 2,5 persen aja dah histeris, member sebelah 10 persen tong.emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeledi dan 7 lainnya memberi reputasi
Rizki yang 2.5 persen itu bukan hak kamu, itu hak nya orang-orang miskin, yatim piatu, penyandang disabilitas, dll.

Jangan kamu makan yang 2.5 persen itu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeledi dan 3 lainnya memberi reputasi
Yang penting ikhlas kalau mau berzakat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kingoftki dan 3 lainnya memberi reputasi
Mending 2,5% buat infaq ke yutub n ustadz medsos, kl penghasilan 10jt berarti 250rb buat paket data yutuban ya akhi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
ogah gw njir, mending kasi zakat ke yg deket dulu, drpd negara ga jelas
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Gue rasa rata rata kalau ngikut nisab mah ,g tercapai tuk bayar zakat .dah pada kena potong utang mah gajinya emoticon-Ngakak . Zakat kan betul betul harta murni setelah dipotong ma kewajiban
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 2 lainnya memberi reputasi
asn teriak khilafuck gencar,
giliran dicas pajak khilafuck, eh kelojotan.emoticon-Blue Guy Smile (S)
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan galuhsuda memberi reputasi
Gue klo ingin sumbang sesuatu, bakal lsg ke org nya. Dia senang , gue juga senang. Gue ada perasaan bahagia bisa bantu sesama, bersyukur dan terjalin kekeluargaan.

Klo model potong2 begitu. Macam ngak ada bagusnya, terkesan sepele seperti buang uang dijalan tanpa sebab.

Hilang ya hilang. Apalagi belum tentu uang mu itu sampai ke yg membutuhkan. Bisa jadi uang mu jadi bagian untuk bayar upah mereka atau uang bensin, uang makan staff yg menyalurkan dll. emoticon-Ngakak

Karena sumbangan model begini ya tdk 100% diterima yg membutuhkan, kebanyakan habis di fasilitas dan bayar karyawan, dll.emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Waduh....emoticon-Kagets

Padahal zakat itu bermanfaat lho bagi para mualaf...emoticon-Frown
Mereka juga punya hak disitu (katanya).....
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pura2 tapir spy gk kena falak emoticon-Bingung
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh nogerivan
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
2,5% ngeluh... sempakers ngakunye dipalak 10% tiap bulan noh emoticon-Ngakak
Makanye kalo mau ngasih gausah dipatok tarif, lo beli dagangan org susah juga termasuk kebaikan. Gausah mengatasnamakan tuhan krn tuhan gak senilai dengan 2,5% atau 10% duit lo emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
riolam dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


Iya kah...?
Berita2 kemarin ada beginian nie gan..

Ali Ambar menambahkan karena Mualaf salah satu asnaf dari pada zakat, tentunya punya hal untuk menerima zakat. "

Mualaf jangan dibuat bingung...
Kasihan mereka..
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Pelit amat ya asn
Pdhal gaji nya dah gede gedeemoticon-Marah
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Diubah oleh albetbengal
Katanya mau negakin kalifuck ?


Baru 2.5 persen aja pada jerit jerit !


emoticon-Wkwkwk
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di