Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

InRealLifeAvatar border
TS
InRealLife
Wahyu Setiawan KPU minta Rp900 juta untuk pengganti adik ipar Megawati di DPR
https://www.alinea.id/nasional/wahyu...wati-b1ZGu9q41


Dana Rp900 juta diminta Wahyu untuk memuluskan keinginan Harun Masiku menjadi anggota DPR pengganti adik ipar Megawati Soekarnoputri.

Quote:

Judul ditambahi untuk diperjelas.

Jadi ceritanya, Nazaruddin Kiemas, adik Taufik Kiemas, anggota DPR sejak 2009, meninggal sebulan sebelum Pemilu 2014. Tapi dia masih dapat suara terbanyak di dapilnya (Sumsel I) sehingga ngasih kursi ke PDIP. Nah, barusan saya cek ke situs KPU (https://pemilu2019.kpu.go.id/#/dprri...rekapitulasi/) dan memang caleg PDIP peraih suara terbanyak kedua di Sumsel I adalah Riezky Aprilia (44 ribu suara). Memang seharusnya dia yang dapat kursi DPR.

Sementara Harun Masiku sendiri cuma dapat 5,8 ribu suara. Urutan ke-6 dari 8 caleg PDIP di dapil itu. Jadi ya sebenarnya maksa banget kalau dia mau jadi anggota DPR.


Caleg model begini biasanya lantas nempel ke DPP supaya bisa melangkahi orang-orang di atasnya. Saya teringat caleg partai lain berinisial MJ yang membikin dua caleg dengan suara lebih besar di atasnya dipecat partai sehingga dia bisa ke DPR. Mungkinkah ada main ke KPU juga...?

Oiya, pada Pemilu 2014, Riezky dan Harun juga ikut sebagai caleg DPR, tapi bukan di PDIP. Riezky di PKPI dan Harun di Demokrat.

Satu lagi: ternyata selain komisioner KPU aktif, itu yang ditangkap ada juga mantan komisioner Bawaslu 2008-2012 Agustina Tio Fridelina Sitorus.

-----
Semoga pengungkapan kasus ini bisa membantu membersihkan penyelenggaraan Pemilu di semua tingkat di Indonesia. Buat KPK, teruslah bekerja. Saya pernah dengar isu dari sumber tingkat elite bahwa partai pendukung utama ketua KPK sekarang pada pemilihan yang lalu adalah PDIP, nah kasus ini bisa jadi kesempatan untuk membantah isu itu.
Diubah oleh InRealLife 09-01-2020 14:55
sebelahblog
4iinch
tien212700
tien212700 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
3.2K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan