hardlenAvatar border
TS
hardlen
Tips Merawat Kebersihan Sepatu Saat Musim Hujan

Ilustrasi. (Pixabay)





Musim hujan memang dapat menjadi waktu yang paling ditunggu karena cuaca dingin yang dibawanya membuat suasana hati menjadi lebih sejuk. Di lain sisi, hujan yang mengguyur juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, salah satunya kebasahan dan membuat pakaian menjadi kotor.

Tak hanya pakaian, sepatu pun bisa mudah kotor, basah, hingga rusak jika terkena air hujan terus menerus. Untuk itu, merawat dan menjaga kebersihan sepatu di musim hujan merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Dengan merangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan tips merawat sepatu agar tetap terjaga dan bersih meski di tengah-tengah musim hujan.

1.      Sikat sepatu

Saat musim hujan berlangsung, kotoran serta lumpur yang basah cenderung menempel pada sepatu. Ketika mengering, percikan lumpur akan mengeras dan kerap sulit untuk dihilangkan.

Jika sepatu mengalami kondisi ini, segera sikat sepatu sampai bersih. Menyikat adalah cara paling efektif untuk menghilangkan percikan kotoran basah ke permukaan sepatu.

2.      Semir dengan rutin

Sebelum berencana untuk menyemir sepatu, pastikan jika semir yang hendak digunakan merupakan produk yang memiliki kualitas baik, dilansir dari India Today.

Menyemir sepatu tidak hanya membuat sepatu tampak lebih bersinar dan mengilap, namun juga bisa melindungi sepatu dari kelembapan yang diakibatkan musim hujan.

3.      Gunakan sabun

Mengutip CNNIndonesia.com, cipratan air hujan biasanya telah terkontaminasi bakteri. Jika hanya dibersihkan dengan menggunakan air, bakteri pada sepatu kemungkinan bisa tetap berkembang biak dan mengakibatkan sepatu mengeluarkan bau tak sedap ketika kering.

Untuk itu, mencuci sepatu tidak cukup dengan menggunakan air saja. Gunakan sabun khusus sepatu guna membasmi bakteri dengan efektif. Sabun mandi pun juga dapat dipakai.

4.      Perhatikan bahan

Agar lebih spesifik, membersihkan sepatu berdasarkan bahan dasar sepatu juga perlu dipertimbangkan agar hasil lebih maksimal.

-         Sepatu olahraga: lepaskan sol dan tali sepatu. Campurkan satu cangkir air hangat dan detergen lalu gunakan spons untuk menggosok sepatu. Setelah itu, cuci sepatu dengan air lalu keringkan.
 
-         Sepatu kulit dan boots: lepaskan tali sepatu terlebih dulu lalu gunakan sikat semir sepatu untuk mengusir kotoran atau percikan air hujan yang menempel. Gunakan sabun atau produk pembersih bahan kulit untuk mencucinya. Setelah itu, pakai kain lembut dan lembap untuk bersihkan sisa sabun.
 
-         Sepatu kanvas: menurut situs Laundrokart, jenis sepatu ini aman dimasukkan ke dalam mesin cuci. Atur mesin cuci dengan kecepatan lembut dan air dingin dan tambahkan detergen ke dalamnya. Keringkan sepatu.
 
-         Sepatu suede: jangan keringkan sepatu jenis ini di bawah sinar matahari atau dekat dengan alat pemanas. Masukkan koran bekas atau tisu ke bagian dalam sepatu guna menyerap jumlah air berlebih yang masuk ke sepatu. Untuk membersihkannya, gunakan cuka atau alkohol gosok (rubbing alcohol) dengan sikat nilon.
 
5.      Keringkan dengan baik

Guna mempercepat proses pengeringan di musim hujan yang cenderung lembap, gunakan handuk tebal untuk mengeringkan bagian dalam sepatu dengan meremasnya. Metode ini mampu menyerap sekitar 40 persen air yang masuk ke dalam bahan.

Hindari alat pengering rambut dengan suhu panas karena bisa memengaruhi lem pada sol dan menyebabkan sepatu menjadi rusak dengan lebih cepat.

apippip
tata604
lina.wh
lina.wh dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.6K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan