CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / Cooking & Resto Guide /
Cireng dan Cinis, Mana Yang Kamu Suka? Semua Enak Dari Pemanfaatan Nasi Sisa!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e0f725a365c4f16d20627de/cireng-dan-cinis-mana-yang-kamu-suka-semua-enak--dari-pemanfaatan-nasi-sisa

Cireng dan Cinis, Mana Yang Kamu Suka? Semua Enak Dari Pemanfaatan Nasi Sisa!

Cireng dan Cinis, Mana Yang Kamu Suka? Semua Enak Dari Pemanfaatan Nasi Sisa!

Cireng dan Cinis, Mana Yang Kamu Suka? Semua Enak Dari Pemanfaatan Nasi Sisa!
Welcome to riwidy's thread



Cireng dan cinis, apakah agan dan sista tahu apa itu? Aci maksudnya tepung kanji atau tapioka ya. Terus cireng adalah aci goreng, lalu cinis? Ya aci manis dong, hehe bisa ae Ts ini ya. Ya ini berdasar pemanfaatan nasi sisa seperti ane janjikan dulu, tentu dengan prosentase jumlah nasi yang lebih banyak daripada acinya.


Episode pertama resepnya adalah ini, Cireng beserta 'adik' seperguruannya Cinis. Ciattt!

Apa perbedaan kedua cemilan murah meriah ini? Rasanya tentu saja, Cireng itu gurih ada rasa sedikit pedas merica, sesuai kreasi, sedang Cinis tentu manis dan akan lebih disukai anak-anak. Keduanya sama digoreng sih benere, ya suka-suka Ts deh maunya bagaimana.

Oke langsung ke TKP ( Tempat Kejadian Pemasakan) aja ya, hihi, cekidot



CIRENG


Bahan :

- nasi kemarin
- tepung kanji secukupnya

Bumbu yang Dihaluskan :

- bawang putih
- garam
- bumbu tambahan bila suka : merica, terasi, cabai


Cara Membuat :

1. Nasi disiapkan di wadah yang kuat dari alumunium.

2. Bawang putih, garam dan bumbu tambahan sesuai selera diuleg halus
Quote:

3. Nasi dicampurkan dengan bumbu, diuleg pelan, sambil diberi kanji sedikit-sedikit, terus dibolak-balik
Quote:

4. Kalau sudah rata, adonan dibentuk memakai telapak tangan, sesuai selera. Kalau Ts suka membentuk bulat tapi tidak rata atau bulat gepeng seperti coin juga bisa.
Quote:

5. Adonan yang sudah berbentuk digoreng sampai keras dan kecoklatan

6. Angkat dan tiriskan

7. Siap dan sajikan. Bisa dimakan begitu saja panas-panas, atau dimakan dengan dicocol ke kuah asam atau sambel kecap atau dimakan dengan cabe rawit, terakhir bisa dibuat pelengkap bahan isian seblak juga enak.
Quote:


Tips :

1. Kanji ditambahkan sedikit-sedikit saja, sampai adonan bisa sedikit kalis dan bisa dibentuk, tidak harus kalis sekali karena ini untuk pemanfaatan nasi bukan kanji. Noted

2. Lumuri tangan dengan kanji agar tidak lengket ketika membentuk adonan

3. Jenis cireng yang ini empuk ya gansist, tidak alot, karena sebagian besar bahannya nasi, jadi bisa dimakan embah-embah kita hehe.

4. Nasi sebelum dibuat cireng sebaiknya dipanaskan sebentar atau diolah langsung ketika keluar dari magic com agar masih empuk dan bisa menyatu erat dengan bumbu dan kanji

5. Wadah adonan sebaiknya dari bahan yang kuat, misalnya panci dari alumunium, karena nanti untuk menguleg nasi dan mengaduk-aduk, jangan dari plastik, bisa jebol.

6. Kuah asam bisa dibuat dari cabe, garam, bawang putih yang diulek lalu diberi air asam jawa atau cuka. Bisa juga ditambah irisan tomat dan taburan bawang goreng. Sedap dan seger banget!
Quote:



CINIS


Bahan :

- nasi kemarin
- tepung kanji secukupnya
- gula halus taburan akhir
- tusuk gigi

Bumbu yang Dihaluskan :
- garam dan bisa ditambah gula sedikit


Cara Membuat :

1. Bahan, cara, tips pembuatan cinis ini kurang lebih sama dengan pembuatan cireng ya GanSist, ada tambahan gula halus saja untuk taburan akhir, dan penyajian yang memakai tusuk gigi. Dalam proses pembuatannya tidak perlu diberi bumbu macam-macam, nanti rasanya ngaco, cukup bubuhkan sedikit garam halus saja agar gurih, bisa juga gula sedikit, dan dicampurkan merata di adonan bersama tepung kanji , diuleni sampai cukup kalis, dibentuk, lalu digoreng

2. Bulatan cinis panas-panas taburi dengan gula halus sampai merata
Quote:

3. Disusun tiga-tiga di tusuk gigi atau bisa juga memakai tusuk sate

4. Siap dihidangkan
Quote:



Bagaimana Agan, Sista? Siap mempraktekan resep murah meriah dan pintar ini? Ingat program Zero Food Waste ya!

Nantikan thread lanjutan resep-resep dari nasi sisa episode ke dua!




Sumber tulisan : opini pribadi
Sumber gambar : dokpri



Ngawi, 3-1-2020
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sempelbener dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh riwidy
Halaman 1 dari 8
for Ts only, do not disturb!
for list Thread Ts
Monggo berkomentar, suka tidak suka, ungkapin aja, plis beri cendol, rate dan folback
Makasih banyak ya !!!
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
Diubah oleh riwidy
Tuku cireng ning kartonyono
profile-picture
riwidy memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Nanti coba buat ah
profile-picture
riwidy memberi reputasi
cireng aci goreng
profile-picture
riwidy memberi reputasi
resep yang berguna biar nasi sisa tidak terbuang percuma..patut dicoba
profile-picture
riwidy memberi reputasi
Kalau ane belom pernah nyobain cinis, jadi buat sekarang masih #teamcireng emoticon-Malu
profile-picture
riwidy memberi reputasi
wah enak nih patut dicoba
profile-picture
riwidy memberi reputasi
Ane udah bisa kalo cilok. Hehehe
profile-picture
riwidy memberi reputasi
cinis ane baru lihat
profile-picture
riwidy memberi reputasi
rajin bener masaknya sis.
kalau ane rajin makan 😁
profile-picture
profile-picture
riwidy dan fitrijunita memberi reputasi
Buat ngiler
profile-picture
riwidy memberi reputasi
akh mauuuui
profile-picture
riwidy memberi reputasi
Lezat semuanya. Yg namanya makanan, mubadzir kalo dilewatkan 😋
profile-picture
profile-picture
riwidy dan fitrijunita memberi reputasi
cireng makanan favorit 😍😍😍 tapi baru tau klo terbuat dr nasi 😅🙈 mau coba bikin ah
profile-picture
riwidy memberi reputasi
Quote:


Hooh apalagi klo gratis hahahaha
profile-picture
riwidy memberi reputasi
Quote:


Sama, apalagi klo dibayarin 😂😂😂😂
profile-picture
profile-picture
riwidy dan evihan92 memberi reputasi
Quote:


Wkwkwk buatin dong sista..
profile-picture
fitrijunita memberi reputasi
Cireng terbuat dari nasi toh? Baru tau ane
profile-picture
riwidy memberi reputasi
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di