malaikatrinduAvatar border
TS
malaikatrindu
10 Skill Yang Paling Banyak Dibutuhkan Saat Ini, Siap Tambah Penghasilan?


Banyak orang mengeluh karena tak kunjung mendapat pekerjaan. Tak sedikit yang menyalahkan pemerintah dengan dalih serbuan tenaga kerja asing dan alasan lainnya. Persaingan dunia kerja saat ini memang sangat ketat. Bersaing dengan ratusan juta hingga miliaran orang di kancah global memerlukan skill tinggi dalam bidangnya masing-masing. Hal ini karena perusahaan pasti akan memilih tenaga kerja yang lebih kompeten dan berpengalaman.

Sebenarnya hal ini bisa diatasi dengan berbisnis. Akan tetapi, banyak orang yang mengeluh soal modal, target pasar, pengalaman hingga persaingan. Entah karena memang tabiatnya banyak alasan atau tak berbakat dalam berniaga. Kerja profesional bisa jadi pilihan lain. Asalkan dapat memiliki skill seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya.

Nah, di thread kali ini, @malaikatrindu akan memberitahu GanSis 10 skill yang paling banyak dicari saat ini. Yuk, simak satu-persatu!

1. Coding


Standarmedia.co.uk

Bagi yang sudah terbiasa di dunia pemrograman atau para pecinta IT, tentu tak asing dengan coding. Sebenarnya, coding dengan pemrograman ada sedikit perbedaan. Coding sendiri dapat diartikan sebagai kegiatan menulis code yang sangat penting dalam memahami pemrograman.

Dalam dunia yang sudah serba digital ini, keahlian coding banyak dicari oleh berbagai perusahaan dan instansi. Bagi GanSis yang sangat mencintai dunia komputer, terus berlatih dan menambah wawasan seputar coding agar dapat memiliki daya jual lebih di tengah persaingan dunia kerja.


2. Desain Grafis


Medium.com

Skill satu ini pastinya sudah tak asing lagi bagi banyak orang. Desain grafis sangat dekat dengan kehidupan manusia saat ini, khususnya di internet. Kita pasti sering melihat poster promosi sebuah brand yang sangat menarik karena gambarnya mengesankan. Di balik itu semua, ada tangan-tangan terampil dari seorang desainer grafis.

Bidang yang melibatkan komunikasi visual ini memiliki permintaan yang cukup tinggi, lho. GanSis yang gemar dengan desain grafis harus semangat berlatih. Bukan sekadar bersaing dengan desainer lain yang mungkin lebih jago, namun dengan desain-desain gratis yang sekarang tersebar luas di jagat maya.


3. Copy Writing


Belajaraffliateindonesia.com

Pernahkah GanSis tertarik membeli sesuatu karena membaca caption atau tulisan suatu produk? Jika iya, berarti skill copy writing dibalik promosi itu bisa dikatakan berhasil memikat pembeli. Keahlian satu ini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan untuk menarik minat konsumen. Bagi, GanSis yang suka menulis, saya sangat menganjurkan untuk mempelajari ini. Bisa lewat artikel dan video gratis yang ada di mana-mana atau dengan membeli buku agar lebih mantap hasilnya.


4. Public Speaking


IDNTimes.com

Berbicara di depan banyak orang sepertinya masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar orang saat ini. Keringat dingin, tenggorokan serasa kering hingga badan gemetar biasanya menjadi indikatornya. Public Speaking tidak selamanya mengerikan. Paradigma bahwa orang introver kesulitan dalam keahlian ini sebenarnya keliru. Menjadi seorang public speaker yang hebat bukan sekadar kepribadian semata, namun tentang jam terbang, pengalaman, ilmu dan teknik yang digunakan.

Skill satu ini tak pernah lekang oleh zaman. Dari era kerajaan hingga zaman modern saat ini, sosok public speaker masih mendapat tempat di masyarakat. Tidak hanya untuk bekerja bagi perusahaan, GanSis dapat menggunakannya untuk diri sendiri. Bisa dengan mencoba menjadi seorang trainer, motivator, coach bisnis dan masih banyak lagi. Selain untuk bekerja, skill ini juga mempunyai nilai tambah lain, yakni membuat GanSis lebih berkharisma di mata orang lain.

5. Facebook Ads


blog.varstreet.inc.com

Mungkin banyak Kaskuser yang saat ini sudah vakum dari jejaring sosial Facebook dan beralih ke platform lain seperti Instagram, Whatsapp hingga Twitter. Namun, jangan salah jika Facebook masih menjadi ladang bisnis yang cukup menjanjikan. Dengan pengguna yang sangat banyak, membuat promosi di Facebook lewar Facebook Ads masih menjadi andalan banyak pihak. Oleh karena itu, GanSis yang suka bermain media sosial satu ini sangat dianjurkan untuk mempelajari Facebook Ads.


6. Project Management


Techrepublic.com

Manajemen proyek merupakan skill yang banyak dibutuhkan lintas zaman. Di era Mesir Kuno, bukti eksistensi kebutuhan keahlian ini terbukti dalam pembanguanan Piramida Gazi. Selain itu, ada juga salah satu peninggalan peradaban emas di Nusantara seperti Candi Borobudur. Di dunia akademis sendiri, awal era Manajemen Proyek modern muncul pada tahun 1950 bersamaan dengan bidang rekayasa teknis sebagai satu kesatuan. Namun, di Amerika Serikat dua bidang dibedakan.


7. Microsoft Excel


Product.office.com

Microsoft Office digunakan oleh lebih 1,2 miliar orang sebagai aplikasi utama dalam mengerjakan tugas maupun pekerjaannya sehari-hari. Microsoft Excel merupakan salah satu di antaranya. Perangkat lunak satu ini sangat dibutuhkan saat ini untuk membuat laporan keuangan, membuat daftar nilai, membuat daftar hadir, melakukan operasi bilangan dengan cepat, menghitung kurs mata uang dan masih banyak lagi.

8. Google Analytics/SEO


Doxadigital.com

Seo specialist adalah pakar SEO yang memiliki keahlian khusus dalam hubungannya dengan internet marketing. Tugasnya adalah mengoptimasi website agar dapat menaikkan ranking-nya sehingga muncul di halaman pertama Google saat seseorang mengetikkan sebuah keyword yang relevan dengan konten website tersebut. Kehadiran pakar SEO dapat membantu meningkatkan perolehan traffic ke website Anda sekaligus menaikkan potensi pendapatan dari hasil pembelian produk/jasa di website tersebut.

9. Web Developer


SmallBussiness.co.uk

Skill satu ini memiliki banyak nama lain seperti web designer, web programmer, webmaster, webarchitect dan lain-lain. Keahlian mencakup beberapa hal seperti desain grafis, HTML & CSS, Javascript/jQuery, Data Base hingga Bahasa Pemograman Website. Semuanya sangat penting karena bisa dibilang skill satu ini membangun sebuah website dari nol. Fee yang didapat dalam satu proyek bisa sangat besar, lho, GanSis. Hal ini sudah menjadi rahasia umum.

10. UI/UX Design


Eannovate.com

UI adalah User Interface. Sedangkan UX adalah User Experience. Keduanya berhubungan dengan tampilan sebuah website atau tampilan dari sebuah aplikasi. Bagi GanSis yang ingin belajar UI/UX Design, kita harus mengetahui dua hal yakni user and device. Kita harus mendesain bagaimana apps, web dan platform yang lain bisa lebih mudah digunakan oleh user/manusia dari interface yang disuguhkan.

Nah, itulah 10 skill yang banyak dicari saat ini versi @malaikatrindu. Semoga membantu GanSis yang saat ini sedang mencari passion dan pekerjaan atau tengah mempersiapkan masa depan. Salam inspirasi.

---

šŸ“š Sumber:Opini Pribadi

nurekawahyuni
tata604
lina.wh
lina.wh dan 32 lainnya memberi reputasi
33
10.3K
109
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan