DheafrilianiAvatar border
TS
Dheafriliani
Ingin Bahagia Sepanjang Tahun, Yuk Buat Resolusi Sehat di Tahun 2020


Tahun 2020 telah tiba, saatnya kita membuat resolusi baru untuk hidup yang lebih baik. Salah satu resolusinya adalah resolusi hidup sehat.

Di tahun 2020 ini, kita disuguhkan dengan berbagai kenaikan biaya mulai dari asuransi kesehatan BPJS, harga komoditas makanan, sampai biaya tol. Tentunya semua itu membuat kita khawatir dan harus pintar-pintar mengatur keuangan serta gaya hidup. Salah-salah kita malah mengeluarkan banyak uang untuk hal-hal yang sebetulnya tidaklah penting, seperti sifat hedonsime berkedok gaya hidup sehat dalam membeli makanan, membeli sepeda mahal, atau sekedar jalan-jalan.

Nah maka dari itu kita perlu membuat resolusi hidup sehat agar kita bisa lebih bijak dalam menjaga kondisi tubuh sekaligus kondisi keuangan. Yuk simak beberapa hal yang bisa dijadikan resolusi hidup sehat buat kamu.

1. Love Your Self

Mencintai dan menghargai diri sendiri adalah faktor penting bagi kesehatan. Karena dengan mencintai diri sendiri maka kamu akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk dirimu. Tapi ingat! jangan sampai kamu malah terlalu memanjakan diri sehingga membuat kamu terlalu royal dan berujung boros.

Walaupun kamu harus mencintai dirimu tapi kamu juga tetap perlu untuk memberikan sanksi kepada dirimu ketika kamu tidak bisa menyelesaikan target kamu. Tujuannya agar kamu bisa lebih disiplin, bisa berkoordinasi dan mengenal dirimu sendiri. Tapi jika kamu berhasil mencapai target atau berhasil menyelesaikan tugas, kamu juga harus mengapresiasi dirimu. Berikan pujian dan sedikit hadiah untuk dirimu sendiri. Itu bisa membuat kamu menjadi lebih mencintai dirimu sendiri dan membuat kamu lebih bahagia.

2. Menjaga Pola Makan


@fitwomeneat

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, ketika kamu mencintai dirimu sendiri maka otomatis kamu akan berusaha memberikan yang terbaik, begitu pula dengan makanan. Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang sehat dan benutrisi tinggi. Jika kamu berpikir bahwa makanan sehat itu susah dibuat dan mahal, kamu salah besar. Justru makanan sehat itu lebih mudah dan simple.

Kamu tetap bisa mendapatkan nutrisi yang banyak dari bahan makanan yang ada dipasar atau bahkan warung sayuran dekat rumah.
Kamu bisa mengonsumsi sawi, bayam, kangkung, kol untuk sayurannya. Dan untuk sumber protein dan kalsium kamu bisa mendapatkannya di dalam tempe, tahu, telur. Untuk lauk lainnya bisa daging ayam, berbagai jenis ikan, atau bahkan daging-dagingan. Semua makanan itu sudah cukup untuk membantu kamu dalam menjalani pola hidup sehat secara sederhana.

Ingat! Kamu juga harus mengolahnya dengan baik dan benar, jika tidak kamu malah kehilangan nutrisi didalamnya atau bahkan malah mendatangkan penyakit.

Jangan sampai kamu menggunakan terlalu banyak minyak saat memasa, karena minyak bisa menimbulkan potensi kolesterol dan jangan terlalu banyak menggunakan MSG atau bumbu penyedap, usahakan untuk membuat bumbu-bumbu masakan sendiri kurangi penggunaan bumbu instan. Jangan terlalu lama dalam memasaknya karena itu bisa menghilangkan nutrisi yang terkandung didalamnya terlebih ada beberapa zat yang akan hilang di suhu yang tinggi. Jadi kamu harus tetap berhati-hati saat mengolah makanan

Buatlah jadwal makanmu agar kamu bisa mengontrol asupan yang kamu makan agar tidak berlebihan atau justru kamu malah menjadi lemas karena kekurangan kalori.

3. Perbanyak Mengonsumsi Air


Depositphotos

Dalam sehari setidaknya kita membutuhkan 2 liter air. Selain dari minuman, kita juga bisa mendapatkan cairan dari makanan seperti sayuran dan juga buah-buahan, seperti semangka yang banyak mengandung air.

Air sendiri memiliki peran penting dalam tubuh, seperti pada sistem pencernaan, untuk kesehatan ginjal, sampai untuk mempertahankan suhu tubuh normal. Selain itu, cairan dalam tubuh juga berfungsi untuk melumasi persendian, menjaga kesehatan kulit, dan berperan penting pada sistem ekskresi dan sekresi.

Cobalah untuk membawa botol minum yang bisa diisi ulang kemanapun kamu pergi, bisa juga dengan menyiapkan gelas atau botol di meja kerjamu agar kamu tidak lupa untuk minum dan bisa juga mengurangi sampah plastik.

4. Rutin Berolahraga


female6packguide

Kata siapa olahraga itu sulit, membosankan, mahal, dan harus keluar rumah. Di era modern seperti sekarang ini, kamu bisa dengan mudah mendownload aplikasi untuk olahraga, bisa juga kamu melihatnya dari youtube. Kamu bisa ikut senam aerobik, yoga, atau workout dirumah gratis. Kalau kamu tidak punya waktu yang banyak untuk olahraga, kamu bisa memanfaatkan waktu saat bangun tidur dan sebelum tidur dengan melakukan pilates diatas kasur kamu. Jadi sudah tidak ada alasan lagi buat malas berolahraga.

5. Hindari Mengonsumsi Makanan yang Kurang Sehat


Cole Health Institute

Mulai sekarang cobalah untuk mengurangi konsumsi gorengan, junkfood, minuman tinggi kalori, dan makanan/minuman yang banyak mengandung gula. Lambat laun makanan dan minuman itu malah akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan buat kamu. Jika kamu belum bisa meninggalkan sepenuhnya, cobalah secara bertahap. Contohnya biasanya kamu minum teh dengan 2 sendok gula, coba kamu kurangi menjadi 1 sendok, atau bahkan tanpa gula atau kamu bisa menggantinya dengan gula yang rendah kalori.


Tidak ada ruginya jika kita memulai hidup sehat sejak usia muda. Mulailah dengan perencanaan agar kamu bisa memantau sejauh mana perkembangan kamu untuk menuju gaya hidup sehat. Karena mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Tetap semangat dan mulailah secara bertahap sampai menjadi terbiasa.

Referensi :
https://www.alodokter.com/jangan-rem...faat-air-putih
https://m.fimela.com
Diubah oleh Dheafriliani 01-01-2020 09:06
0
380
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan