Kaskus

Entertainment

anakmudaindiaAvatar border
TS
anakmudaindia
Bukalapak, Dari Usaha Kecil-Kecilan, Hingga Memajukan Banyak UMKM #TerimaKasihZaky
Spoiler for Achmad Zaky Saat Awal-Awal Merintis Bukalapak:



Semua berawal dari mimpi, yakni ingin memajukan para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia, yang notabenenya adalah para ujung tombak perekonomian sektor riil di Indonesia. Siapa sangka, website dan aplikasi e-commerce Bukalapak, tadinya hanya merupakan bisnis kecil-kecilan yang hanya berkantor di sebuah garasi kecil, modalnya pun hanya pas-pasan, hanya cukup untuk membeli hosting dan domain website Bukalapak.com.

Tapi, sekarang, Bukalapak telah tampil sebagai salah satu e-commerce terkemuka di Indonesia, berpredikat sebagai Startup Unicorn dengan valuasi hingga Trilyunan Rupiah. Achmad Zaky, bersama teman-temannya saat sama-sama mendirikan Bukalapak, tidak pernah menyangka, Bukalapak bisa sebesar ini dan sangat berperan penting memajukan UMKM di Indonesia, sebagaimana mimpi mereka saat awal-awal mendirikan Bukalapak.

"Tepat 10 tahun lalu perusahaan tempat teman-teman bekerja ini hanyalah sebuah gagasan, tidak pernah terbayangkan kita bisa sampai sebesar ini sekarang. Kami waktu itu hanyalah anak muda seperti kebanyakan anak muda lainnya yang tidak memiliki apa-apa baik itu pengalaman ataupun modal uang. Kami memulai semua ini dengan modal mimpi, harapan, dan niat mulia. Mimpi dan niat mulia agar kami tidak sekedar hidup untuk diri sendiri saja, tapi juga bagaimana kita bisa menghidupi orang lain," tulis Zaky di media sosial pribadinya, Kamis (19/12/2019).


Spoiler for #TerimaKasihZaky:



Bukalapak memiliki misi panjang, yaitu memajukan sektor UMKM yang kebanyakan dilakoni oleh para pelaku usaha kecil di Indonesia, yang biasanya hanya berjualan di warung kecil, di toko kelontong, kios-kios pakaian, dan usaha kecil lainnya. Zaky bermimpi besar, sektor UMKM bisa bangkit agar perekonomian dan kesejahteraan masyarakat bisa meningkat, dan itu sudah banyak terbukti di kalangan Pelapak Bukalapak. Berkat berjualan di Bukalapak, banyak para pelapak yang akhirnya berhasil mendapatkan omset hingga ratusan juta rupiah.

Kini, 10 tahun Bukalapak, sudah saatnya perusahaan kebanggaan anak negeri ini melanjutkan level kebesaran selanjutnya, yang tentu saja membutuhkan formasi dan strategi baru dibawah kepemimpinan baru yang sesuai dengan kebutuhan Bukalapak di masa mendatang.

"Dengan semakin matangnya perusahaan ini, saya bersama para pendiri, Fajrin dan Xinuc, merasa perlu melakukan suatu usaha-usaha untuk membawa perusahaan ini menjadi lebih berkembang lagi sehingga manfaatnya bisa semakin besar. Salah satunya adalah regenerasi kepemimpinan, saatnya saya sendiri meregenerasi diri saya sendiri," lanjut Zaky.

"Saya ingin memberitahukan bahwa tepat nanti 6 Januari 2020, saya akan menyerahkan tampuk kepemimpinan kepada CEO baru yang lebih berpengalaman dan bisa membawa Bukalapak ke milestone selanjutnya. Sejak awal tahun ini kami para pendiri telah mencari dan menyaring banyak sekali kandidat, dan akhirnya mengerucut pada pilihan yang menurut kami tepat dan bisa membawa misi Bukalapak ke babak selanjutnya, beliau adalah Muhammad Rachmat Kaimuddin," ungkap Zaky.

Achmad Zaky dan Bukalapak sudah memulai dan bekerja keras memajukan UMKM melalui Bukalapak, kini kembali kepada anda, apakah siap mendukung misi besar ini, yakni memajukan UMKM di Indonesia? Atau tetap terikut arus mencibir (atau bahkan memfitnah) hasil karya anak bangsa ini? Semua kembali ke anda.


#TerimaKasihZaky

#UMKMNaikKelas



Spoiler for #TerimaKasihZaky:


Spoiler for JANGAN LUPA:


anasabilaAvatar border
4iinchAvatar border
sebelahblogAvatar border
sebelahblog dan 6 lainnya memberi reputasi
5
1.8K
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan