amdar07Avatar border
TS
amdar07 
[BUKA GAME LAMA] Grand Theft Auto PS1, Awal Mula Populernya GTA
#AmdarGanteng



emoticon-terimakasihemoticon-terimakasih emoticon-terimakasih
Halo agan dan sista,
Untuk menutup tahun 2019, ane bakal membahas game yang begitu populer hingga saat ini. Episode 11 BGL (Buka Game Lama) akan membahas judul game lawas yaitu Grand Theft Auto PS1.

(Klik Untuk Thread Game Lama Lainnya)



sumber: https://www.rockstargames.com/

Jika berbicara tentang game GTA atau Grand Theft Auto, sebagian besar gamer akan berpikir ke arah genre game dunia terbuka seperti Grand Theft Auto III, Vice City, atau yang baru-baru ini GTA 5, yang menjelma menjadi game terlaris TOP 5 sepanjang masa dengan penjualan mencapai lebih dari 95 juta set di seluruh dunia. Game yang sangat rutin menghasilkan uang untuk pengembang RockStar.

Tetapi ketika kita kembali dari awal. Game ini pertama kali dirilis pada 1997 untuk Windows, MS-DOS dan PS 1, sebelum di-porting juga ke GameBoy Color. Game ini dikembangkan oleh DMA Design (namanya saat ini adalah Rockstar North).



sumber: https://www.rockstargames.com/

Permainan ini benar-benar sistematis dari segi aksi petualangan. Sudut pandang gamenya pun dibuat melalui pandangan mata burung alias S-Eye View. Sebenarnya wajar kok, karena dulu masih terbatasnya teknologi dan faktor lain. Ohh ya, di sini kita akan bermain sebagai sekelompok penjahat yang dapat memilih karakter dari awal permainan (8 karakter untuk dipilih, masing-masing 4 pria dan 4 wanita).

Kegiatan utamanya adalah menerima pekerjaan melalui telepon. Setelah selesai, kita akan menerima misi untuk ditugaskan. Contohnya, mencuri mobil merek tertentu dan mengirimkannya ke lokasi yang sudah ditentukan. Ketika misi berhasil, kita akan menerima uang dan menerima pesan dari Pager (sampai saat ini, ane gak tahu siapa yang dibilang Pager). Tetapi menurut beberapa informasi yang ane dapat, Pager adalah sejenis teknologi telpon genggam saat itu.



sumber: https://www.rockstargames.com/

Jika kota San Andreas terinspirasi oleh San Fransisco, Vice City terinspirasi oleh Miami. Kota dalam permainan ini terinspirasi oleh New York City. Seperti biasa gameplay selama misi berjalan berkutat dengan adegan polisi yang mengejar kita, dengan jumlah yang lebih banyak hingga mendorong kita untuk tidak menyelesaikan misi. Ada satu hal yang membuat ane kagum dengan game ini, ia memiliki kisah misi yang lebih kompleks. Semua misi yang dikerjakan, erat banget hubungannya untuk misi selanjutnya dan hubungan dengan karakter lain.



sumber: https://www.rockstargames.com/

Sorotan lain dari GTA sejak bagian pertama adalah soundtrack. Ketika kita memasuki mobil, pasti secara otomatis musik akan bermain. Nah sama halnya dibagian pertama pada PS1 yang memiliki banyak jenis musik, dari Rap Hip-Hop sampai ke musik Country.

Game GTA 1 mampu menjual lebih dari 1.000.000 kopi di seluruh dunia, termasuk versi MS-DOS dan PS1, yang dianggap sukses pada masa itu. Dan sekarang game ini berkembang menjadi seri GTA yang lebih mandiri dan menjadi salah satu game Open World terbaik saat ini.



sumber: https://www.rockstargames.com/

Siapa nih yang sudah main GTA PS1, atau malah ada yang belum pernah main ini emoticon-Ngakak (S).
Ohh ya sebelum ane menutup thread ini, bagi yang mau request "Buka Game Lama" tinggal komentar dibawah.
Thanks and see you next thread GanSist.


Quote:


Diubah oleh amdar07 02-08-2020 08:53
ukhtyfit81
nunu403
nona212
nona212 dan 39 lainnya memberi reputasi
40
14.6K
165
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan